IHSG dalam Statistik

dunkz's picture

Terdapat sekumpulan teori yang menyatakan bahwa ada suatu hari, bulan, atau waktu tertentu di mana pergerakan indeks mengalami anomali. Oleh karenanya berdasarkan teori-teori tersebut kita bisa mengetahui kapan waktu yang bagus atau jelek untuk berinvestasi. Teori-teori tersebut biasanya disebut dengan efek kalender. Teori-teori yang sudah umum didengar antara lain adalah monday effect, january effect, october effect, dan beberapa teori lainnya. Apakah teori-teori tersebut benar? Yah, namanya juga teori, bisa benar bisa juga tidak. Terkadang malah terdengar seperti mitos.

Walaupun begitu, mungkin ada rasa penasaran yang timbul dalam hati kita untuk membuktikan kebenaran teori-teori tersebut. Saya akan mencoba membeberkan bagaimana perilaku IHSG pada waktu-waktu tertentu. Saya tidak akan mengikuti teori yang ada. Saya hanya akan mencoba memaparkan data dan Anda bisa menyimpulkan sendiri bagaimana hasilnya

1. Bagaimana perilaku harian IHSG (Senin - Jumat)?

Mitos yang beredar selama ini adalah jangan trading di hari Jumat karena banyak trader yang menjual sahamnya. Hari Jumat yang merupakan hari perdagangan terakhir mengandung risiko yang besar karena pada hari Sabtu Minggu kita tidak akan pernah tahu apa yang bisa terjadi. Benarkah?

Dengan mengolah data harian IHSG dari tahun 1984 sampai dengan 2008 (Desember) ternyata hasilnya adalah sbb:

Tidak seperti mitos yang ada, pada hari Jumat IHSG justru mengalami kenaikan rata-rata tertinggi sebesar 0.13%. Rata-rata perubahan harian IHSG adalah 0.06%. Artinya pada hari Jumat secara statistik kenaikannya rata-rata adalah lebih dari dua kali lipat dari hari-hari lainnya. Sementara hari Senin dan Selasa cenderung sideways dengan rata-rata perubahan 0.01% dan -0.02%. Hmm, interesting…

2. Dalam setahun, kapankah IHSG memiliki kinerja terbaik?

Jika Anda bukan day trader, mungkin akan lebih menyukai grafik di bawah ini. Saya mengolah data bulanan IHSG sehingga kita dapat mengetahui perubahan bulanan rata-ratanya. Mitos yang beredar selama ini adalah adanya Santa Claus Rally di bulan Desember dan kenaikan yang cukup tinggi di bulan Januari (January Effect). Sementara itu, bulan Oktober cenderung dihindari karena beberapa kali crash terjadi di bulan Oktober. Paling tidak, Dow Jones Industrial Average (DJIA) dua kali mengalami crash yang menyakitkan di bulan Oktober, yaitu pada tahun 1929 (Great Depression) dan pada tahun 1987 (Crash of 1987). Itu kejadian di AS. Bagaimana dengan di Indonesia?

Untuk kali ini hasilnya ternyata cukup sesuai dengan mitos yang ada. Pada bulan Desember, kenaikan rata-rata IHSG adalah 4.62%, jauh di atas kenaikan rata-rata bulanan sebesar 1.05% (lebih dari empat kali lipat). Terlebih lagi, kenaikan rata-rata IHSG pada bulan Desember adalah kenaikan bulanan tertinggi sepanjang tahun. Peringkat kedua adalah kenaikan rata-rata pada bulan Januari yaitu sebesar 3.79%. Paling tidak dari tahun 1989 sampai dengan 2008, mitos mengenai Santa Claus Rally dan January Effect masih benar Lalu bagaimana dengan October Effect? Walaupun memang benar pada bulan Oktober, IHSG rata-rata menurun sebesar -1.2% namun rata-rata penurunan terbesar adalah pada bulan September sebesar -2.68% dan bulan Agustus sebesar -1.57%. Dari grafik sepintas agak horor juga market pada bulan Agustus sampai dengan Oktober. Sekali lagi, itu hanyalah statistik, tidak bisa dijadikan pegangan mati.

3. Berapa harikah IHSG naik/turun secara berturut-turut dan kemudian berubah arah?

Ada hal lain yang menarik untuk diketahui terutama oleh para swing trader. Berapa harikah IHSG akan naik/turun secara berturut-turut dan kemudian berubah arah? Ada yang mengatakan 4 hari, 5 hari dan lain-lain. Mungkin kita melihat faktanya saja Saya menggunakan data harian IHSG dari tahun 1984 sampai dengan 2008.

Seperti yang sudah diduga. Tidak selamanya para bulls akan menang dan tidak selamanya para bear akan mendominasi. Kenaikan IHSG selama 5 hari berturut-turut selama kurun waktu hampir 25 tahun terakhir hanya terjadi sebanyak 59 kali. Setelahnya, kekuatannya melemah dan menyerah pada bears pada hari berikutnya. Namun pernah juga IHSG naik selama 17 hari berturut-turut (wow!!!). Pernah terjadi sebanyak dua kali malahan. Kejadian pertama adalah pada kurun waktu dari tanggal 7 September 1987 s.d 29 September 1987. Sayangnya selama 17 hari tersebut total kenaikannya hanyalah 3.35%. Kejadian kedua adalah pada tanggal 26 Oktober 1993 s.d 18 November 1993. Kali ini kenaikannya lumayan besar yaitu sebesar 15.2%.

Seperti halnya kenaikannya, IHSG akan berpeluang besar menguat setelah 5 hari mengalami penurunan. IHSG mengalami penurunan selama 5 hari secara berturut-turut hanya terjadi sebanyak 57 kali. Penurunan secara berturut-turut yang terlama adalah 15 hari yang terjadi sebanyak dua kali yaitu pada tahun 1990 dan 1994.

Yah, itu semua hanyalah statistik. Belum tentu ke depannya akan terjadi hal yang sama.

4. Bagaimana IHSG ‘berdansa’ selama Pemilu?

Nah, ini dia yang menarik. Karena sebentar lagi Pemilu akan tiba, seru juga kalau kita mengutak-atik kemungkinan pergerakan IHSG. Banyak investor yang cukup ketar-ketir menghadapi Pemilu kali ini.

Coba kita ambil data setahun sebelum sampai dengan setahun sesudah Pemilu. Saya ambil hanya dua kali Pemilu karena diadakan pada era Reformasi.

PEMILU 1999

Ternyata pada tahun 1999, market hanya sebentar saja merespons positif hasil Pemilu. Setelahnya, IHSG terus merosot sampai dengan akhir tahun 2000. Yang menarik, mulai dari bulan Oktober 1998, IHSG cenderung mengalami kenaikan sampai dengan menjelang Pemilu. Hal ini menandakan adanya harapan yang besar terhadap hasil Pemilu pertama di era Reformasi ini. Ternyata hasil Pemilu ditanggapi dengan dingin oleh market yang menurun setelahnya.

PEMILU 2004

Pemilu tahun 2004 merupakan tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia karena untuk pertama kalinya kita dapat memilih Presiden secara langsung.

Dari grafik terlihat bahwa kenaikan yang terjadi dari awal tahun 2003 dan sempat terhenti selama masa-masa Pemilu berlanjut lagi sampai dengan akhir tahun 2005. Periode tahun 2003 sampai dengan pertengahan tahun 2007 sendiri akhirnya menjadi bubble terbesar sepanjang sejarah IHSG. Tentu saja bukan hanya Pemilu yang mempengaruhi pergerakan IHSG namun tidak ada salahnya kita berjaga-jaga kan

Bagaimana dengan Pemilu 2009? Kita hanya bisa wait and see saja. Semoga hasilnya bagus

Berdasarkan data dan grafik yang saya berikan paling tidak kita bisa melihat bagaimana perilaku IHSG pada masa-masa tertentu. Yang harus diingat, tidak ada hal yang pasti.

Yesterday is history, tomorrow is mistery, today is a gift. That’s why we call it ‘present’ (pasti udah tau saya ambil dari mana hehehe).

Disclaimer is on

 

This article is also posted at:

http://parahita.wordpress.com/2008/12/27/ihsg-dalam-statistik/ 

 

Comments

 Wew,, ternyata rata2

mine_hudson's picture

 Wew,, ternyata rata2 perubahan bulanan IHSG hanya sebesar 1.05% ya. Well thats the fact. Tp knp byk orang (bahkan financial planner) yg blg klo return utk saham kira2 30%? hrsnya klo 30% brarti tiap bulannya sebesar 2,5% kan y. Mungkin karena diitung dari thn 89 dmn pergerakan indexnya tidak terlalu besar

Best Regards,
Yoga
selalu teringat kata2 "invest your time before invest your money"

@mine_hudson

dunkz's picture

Mungkin agak salah kaprah kalau menghitung return rata2 bulanan dengan cara membagi return tahunan dengan 12.

Begini:

jika tiap bulan returnnya = 1%, maka return untuk 2 bulan = ((1+1%) x (1+1%)) - 1 = ((1+1%)^2) - 1 = 2.01%, bukan 2% persis.

Kalo setahun maka returnnya = ((1+1%)^12) - 1 = 12.7%, bukan 12%.

Untuk mencari return bulanan jika return tahunan diketahui tinggal dibalik rumusnya menjadi:

monthly return = ((1 + i)^(1/12)) - 1, di mana i adalah return tahunan.

Jika return tahunan = 30%, maka return bulanan = ((1+30%)^(1/12)) - 1 = 2.2%.

 Kelihatannya kecil, akan tetapi pengaruhnya besar jika menghitung untuk jangka waktu yg lebih panjang, misalnya 10 tahun.

Jika return tahunan = 30%, maka jika kita memakai cara sederhana return selama 10 tahun = 10 x 30% = 300%.

Padahal sebenarnya return yang kita dapatkan = ((1+30%)^10) - 1 = 1280%.

Walah, jauh banget yah :)

Makanya saya kurang cocok menggunakan rumus membagi atau mengalikan secara sederhana seperti itu.

 

"invest your time before invest your money"

visit my blog at  http://parahita.wordpress.com

 WOW, keren-keren.. Saya

mine_hudson's picture

 WOW, keren-keren..

Saya emg hrs masih banyak bljr nih bro,,

Byk hal yg ternyata ga sesimple yg saya kira..

trimakasih bro dunkz penjelasannya.

Comment untuk kondisi bursa sekarang donk bro (hehe minta nambah), dah masuk fase bullish ya (long, med, apa short term niy bro kondisinya?)

Best Regards,
Yoga
selalu teringat kata2 "invest your time before invest your money"

Financial Planner

rdlshell's picture

Hai bro Hudson

Financial planner bilang rata2 hasil investasi 30% kalau investasinya diatas 5 tahun. Itu bila diambil kenaikan NAB dari mulai launching sampai saat dihitung. Saya pernah menghitung hasil dari Schoders yang saham dalam launching th 2000 sampai akhir tahun 2008 (th 2008 minusnya hampir 50%), hasilnya rata-rata 36%. Woooooow luar biasa....

Rina DL

FP

andai saja ...

Passion4U's picture

gimana kalo tahun 2008 nggak minus ya ... (bisa lho kita membuat performancenya nggak minus ... at least mengurangi kerugian lach dengan menggunakan TA) ... pasti performancenya ok banget ...
Gimana sis RDL ... masih belon minat berpusing-pusing ria belajar TA ? huahaha ...

Please remember ... Yang orang sering lupa adalah ... saat kita bikin financial planning ada target pencapaian tiap tahunnya ... dengan asumsi investment long term hasil investasi biasanya dipatok oleh financial planner sebesar 30 % per tahun (30% itu return max secara teori ya ... kalo saya lebih senang agak konservatif sekitar 25% aja hehehe). Return ini diasumsikan stabil dan berlaku over the years ... regardless market fluctuation ...

Dengan bentuk financial planning seperti itu, sebenarnya kita dengan sadar membuat rencana keuangan yang tidak toleran terhadap major correction seperti yang kita alami tahun 2008 kemaren ... kalo minor correction sich ok aja ... so buat saya sich yang penting adalah target akhir tahun harus terpenuhi (no matter what happen) ... Pengalaman saya membuktikan proses recovery terhadap major loss itu painfull ... ingat kalo saya punya modal 100 turun jadi 50 itu cuma turun 50 %, tapi dari nilai 50 untuk kembali lagi menjadi 100 lagi (recovery) diperlukan return 100% (bukan 50% lho ...) hehehe ... Ini fundamental principle dalam money management ... 

Ach kenapa saya menjelaskan panjang lebar ya (jadi malu sendiri) ... sis RDL khan yang dapat pendidikan financial planner ... kalo saya mach enggak pernah dapet pendidikan formal ttg financial planner ... ane khan cuma punya survival skill di market berdasarkan hasil belajar secara autodidak hehehe ...

Seorang Newbie - P a s s i o n 4 U

Don't walk in front of me, I may not follow. Don't walk behind me, I may not lead. Walk beside me and be my friend.

@ prof... tentang TA

rdlshell's picture

Duh kok inget aja sih gk mo pusing sama TA. Yang mau dijalankan nanti bila kondisi memburuk, swing swing dulu aja.... Rebalancing juga baru coba dijalananin. Pastinya porsi setiap orang berbeda-beda untuk alokasi aset (heheh nyambung gk sih ??? ). Jelasin yang panjang lebar aja, kan berguna buat saya untuk pembendaharaan kalimat, kan udah dibuatin resumenya sama prof...

Didalam pendidikan FP, memang belajar investasi, tetapi tidak terlalu dalam. Semua teori-teori, sementara saya dulunya gk pernah membeli paper aset. Jadi harus tambah-tambah ilmu sendiri.  

Rina DL

FP

@Passion

dunkz's picture

Ada baiknya saat membuat financial plan kita juga mempersiapkan plan B seandainya return yang didapatkan melenceng. 

"invest your time before invest your money"

visit my blog at  http://parahita.wordpress.com

@dunkz

Passion4U's picture

Setuju berat bro ... 

Plan B ane adalah nombokin hehehe ... sesuai dengan salah satu way yang ane adopt dari strategi value investing (belajar dari bro dunkz hehehe)

Plan C - nya adalah either kurangi target pencapaian (very not recommended) atau terpaksa naikin regular invesmentnya (ini juga agak berat dilakukan ... soalnya tergantung cash flow)

Makanya ane sekarang lebih cenderung ke arah mengawasi kinerja returnnya biar nggak meleset ... tentunya dengan detail strategi yang terus berubah seiring pengalaman dan pengetahuan ane ...

Seorang Newbie - P a s s i o n 4 U

Don't walk in front of me, I may not follow. Don't walk behind me, I may not lead. Walk beside me and be my friend.

Plan B

Elisabeth's picture

Bro Passion Yth,

Bisa nggak lebih diperjelas lagi apa yang dimaksud dgn Plan B seperti yang bro passion n bro dunkz maksud ?

Bisa panjang nich ...

Passion4U's picture

Wah ... bisa panjang nich kalo ngejelasin tentang value averaging ... yang kompeten menjawab adalah bro dunkz ... saya sich cuma ngambil beberapa prinsip untuk dikombinasikan dengan strategi saya ...

coba dibaca lagi dech artikel bro dunkz ttg value averaging di link ini http://www.portalreksadana.com/node/266. Lihat juga sharing tentang strategi saya "Passion4U Value Growth" dibagian commentnya hehehe ... (narsis mode is on)

sangat sayang ya ... artikel bagus kayak gini kadang tenggelam diantara artikel yang lain ... hehehe ... Artikel terpopuler kok hilang dari pandangan sich bro Gebet ... (nada protes !!)

saya mengambil salah satu komponen dari strategi value averaging ... bahwa setiap excess return dari target financial planning, kita ambil/amankan sebagai dana darurat  yang akan kita pergunakan untuk nombokin bila return investasi kita di masa yang akan datang tidak sesuai dengan harapan kita ...

Itu yang saya maksud sebagai plan B (walaupun saya biasanya nggak ngambil seluruh excess returnnya seperti yang diajarkan dalam value averaging ... cukup 1/2 aja ... sayang harus kehilangan multiplier effectnya)

Masih nggak jelas juga ? ya udah nanti ikutan KDR (kursus dasar reksadana) aja ... yang entah akan diadakan kapan lagi hehehe ... nanti nanya aja yang banyak di sana ya ... waktu KDR 2 kemaren (gratis lho KDR 2 soalnya disponsori sama Schroeders & BEI) kita udah jelasin beberapa strategi tentang reksadana ... termasuk salah satu di dalamnya value averaging ... 

Seorang Newbie - P a s s i o n 4 U

Don't walk in front of me, I may not follow. Don't walk behind me, I may not lead. Walk beside me and be my friend.

Makasih atas masukannya

Mustov's picture

Setelah membaca artikel di atas kayanya saya harus menunda dulu nih topup di RD.

 

Nanya dong bro, RD yang 'wajib' dibeli saat ini apa bro?

Tolong kasih saran, makasih

 

Oiya, quotation terakhir ngambil di kungfu panda ya...hehe saya juga seneng banget film itu, kata-katanya inspired banget.

soal day of the week effect

rey7o's picture

bro dunkz, pmisi ngoment ya!

saya pernah membaca penelitian tentang day of the week effect pada perdagangan BEJ untuk tahun 2005, dan memang kesimpulannya sama dengan yang bro dunkz tulis, yaitu terjadi monday effect dimana return terendah terjadi pada hari senin dan tertinggi pada hari jumat. Alasannya adalah :

1. banyak investor melakukan profit taking di hari senin atas keuntungan saham di minggu sebelumnya

2. emiten biasanya menunggu hari jumat untuk memberitahukan bad news, karena adanya hari libur setelahnya memberikan waktu untuk investor untuk berpikir tenang dan tidak terjadi kepanikan investor.

kebiasaan itu bisa saja terjadi untuk bertahun-tahun, tapi tentu saja bisa terjadi penyimpangan juga. Tahun lalu saya melakukan penelitian kecil2an buat tugas kuliah untuk melihat konsistensi kebiasaan tersebut. karena nyusunya tahun 2008 jadi saya meneliti untuk tahun 2007. Dan saya menemukan return yang tertinggi justru di hari senin sedangkan jumat jadi salah satu yang terendah (kecuali kalau saya salah ngitung ya bro soalnya buru2). 2008 belum sempat saya olah. Berhubung bro udah olah sampe tahun 2008, ada gak perhitungan untuk tahun 2007 dan 2008 sendiri2, jadi gak di gabung dari tahun 84-08. sebelumya makasih bro buat tanggapannya!!!

@rey7o

dunkz's picture

Entar saya coba tes juga untuk th 2007 & 2008.

 

"invest your time before invest your money"

visit my blog at http://warung-reksadana.blogspot.com

dan http://parahita.wordpress.com

Sip

Anonymous's picture

Yup.... Sip...
Sampai saat ini saya masih agak awam tentang reksa dana. situs ini membantu orang awam seperti saya.
trims.

^_;

n3212003's picture

Sepertinya untuk di tahun ini tidak berlaku kenaikan deh.. dikarenakan sesuai tahun cina yg dimana akan terjadi emosi besar - besaran ditahun ini yang pasti saya prediksi akan terjadi penurunan IHSG kembali yang lebih tajam jika kondisi politik di indonesia tidak sesuai harapan para investor luar negeri yang ditambah pula kondisi cadangan dana setiap negara yang semakin menipis akibat pertolongan dana ke perusahaan - perusahaan yang mengalami krisis..

Tapi kita berharap dalam Krisis pasti ada kesempatan untuk mendapatkan keuntungan... 

 Mau... Mau... Mauuu..??? heeheee

 Terima Kasih ^_^

Salute to Dunkz

Munafri's picture

Tahun baru dibuka dengan analisa yang mantap dari master dunkz. mudah-mudahan bisa lebih banyak lagi ilmu yang di obral tahun ini.

PS. Seri crash buble mantap....(nunggu lanjutannya lagi)

 

Salut

Anonymous's picture

Salut bro atas analisanya. thanks.

@Dunkz, You Did It Again ... !!

Passion4U's picture

Proficiat buat bro dunkz ...

Lagi-lagi bro dunkz berhasil membuat artikel yang memukau, ciri khas dunkz terlihat jelas di artikel ini ... Penuh analisa atas sebuah series data ... sebuah pendekatan cerdas dan undebatable (jadinya penuh nuansa akademis) ... kayaknya dulu bro dunkz waktu kuliah nggak kesulitan nich bikin thesisnya ... hehehe

That's why i love PortalReksadana ... selalu saja ada ilmu baru yang dishare disini ... gratis pula hehehe, Hadirin sekalian mari kita tepuk tangan yang kenceng buat bro dunkz hehehe ...

Seorang Newbie - P a s s i o n 4 U

Don't walk in front of me, I may not follow. Don't walk behind me, I may not lead. Walk beside me and be my friend.

Plok plok plok

Anonymous's picture

Salut buat Bro Dunks

-----

Viar

Bagus

barkah's picture

Artikel pertama di tahun 2009.

Artikel nya sangat bagus bro dunkz. Saya juga punya rencana untuk membuat analisa untuk strategi investasi apa yang terbaik untuk 2009. Doain ya semoga dapat tercapai.

Minta izin buat dimasukin ke blog saya ya artikel nya. 

turut senang mas barkah bs

autogebet's picture

turut senang mas barkah bs inspired, saya kira personal insight terkait strategi investasi bisa juga di-share di PortalReksadana agar inspiring rekan lain juga.

Dukungan

barkah's picture

Terima kasih atas dukungan nya bro autogebet.

Semoga kita bisa mengetahui apakah strategi DCA / Rebalnacing/ markert timeing/ dll adalah strategi terbaik investasi pada tahun 2009.

Semoga bro autogebet dapat berkerja sama dengan memberikan informasi NAV RD setiap hari di portal reksadan. 

very interesting article, yg

adibe's picture

very interesting article, yg memuat data2 perbandingan ttg ISHG yang sudah carut marut thn 2008, sy pikir posting ini sangat bermanfaat for all members sbg pembelajaran yg bijak yang brgkali bisa menjadi referensi di awal thn ini, untuk mengembangkan asetnya.

Thanks so much for posting this article, we are looking forward to have your next inspiration

rgds,

did

artikel bagus di awal tahun

amsi_82's picture

nice article bro, keep posting! mudah2an dengan melejitnya IHSG di awal tahun ini menjadi secercah harapan bagi kita semua

salam

how to retire rich with investments?

wah tahun baru analisis baru

kikho's picture

wah tahun baru analisis baru ....pokoke hebat lah bro dunks..trims ilmu nya berguna bgt buat saya yang masih pemula

Tks Bnget dach

hendra.suhartono's picture

Terus terang saya baru gabung nechh coba-coba belajar reksadana, saya ini orang ingin tauan dachh, apapun bentuknya ane demen banget kalo bicara soal investasi di Reksadana, ane salah satu mungkin dari sekiran juta manusia yang baru saja main RDS, mudah-mudah2an awal yang baek kaleeee, dan Bro dunk atas pencerahannya artike bagus buanget, terima kasih berat yaaa, semoga ndak bosan-bosan ngasih lagi analisa yang mantep-mantep.....

Salam sukses

Hdr

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.