Latihan Investasi di Saham dengan IDX Virtual Trading

autogebet's picture

Rekan kita rai, menginformasikan bahwa BEI sekarang sudah menyediakan software virtual trading. Info lebih lengkap dari bro rai berikut ini:

Bagi rekan-rekan yang ingin mencoba bertransaksi saham (trader), Bursa Efek Indonesia (BEI) menyediakan virtual trading software yang bisa melakukan trading online secara virtual tanpa harus memakai uang nyata.

Kami telah mencoba software ini, dan cukup mudah penggunaannya sebagai exercise dengan melakukan pendaftaran dan download pada :
http://www.idx.co.id/VirtualTrading/tabid/312/language/id-ID/Default.asp...

Selamat mencoba dan salam,

Comments

Tanya masalah accout

pakdhesam's picture

Salam,

Maaf saya mau tanya masalah IDX virtual trading. Saya sudah daftar, reistrasi akun serta download aplikasi IDX virtual trading sekitar 3 hari yang lalu.
saya bisa masuk ke aplikasi, acccout otomatis dapat no. accout di default accout ( No. IDX sekian2 , nama broker IDX broker ...PT) tetapi saat mencoba order transaski selalu gagal dengan pesan : order rejected yur account is not registered.

apakah memang kita harus registrasi akun lagi atau bagaimana?

sekian terimaksih

salam.

IDX virtual trading

dodi djamiat's picture

Saya sudah daftar dan download program IDX virtual trading (Program sudah saya install), tapi gak bisa log in, padahal sudah lama (Sudah hampir 1 minggu) , apa ada yg salah dengan set up nya ya?
Tolong dong pencerahannya.
Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Salam

Menadah bunga menggenggam salam

Andi Ilham's picture

Sedikit koreksi bahwa sukuk ritel  bukannlah kita memperoleh bunga setiap bulannya melainkan Bagi hasil,  bagi hasil sangat beda dengan bunga.Karena sukuk lebih bersifat spiritual (menghindari riba).begitukah..?

Sukuk Ritel = Riba?

rdlshell's picture

Sepengetahuan saya, bila hasil atau return sudah ditentukan didepan sama dengan Riba, nah untuk produk-produk syariah yang dikeluarkan oleh bank atau seperti Sukuk ini saya juga tidak mengerti. Produknya syariah, tapi return sudah ditentukan. Kalau yang berprinsip syariah menurut saya yang seperti reksadana, karena ketika ada untung, kita juga dapat untung, ketika ada rugi kita juga dapat rugi, hanya saja penempatan dananya tidak boleh ditempat yang tidak diperbolehkan oleh syariat islam.... ayoooo... yang jago syariah keluarin donk ilmunya

Rina DL

Mohon Maaf Lahir Bathin

Sukuk Ijarah

maududi's picture

Setahu saya Sukuk ini sudah mendapatkan fatwa / opini syariah dari Dewan Syariah Nasional - MUI.

Sepintas pernah saya baca, ini merupakan akad jual - sewa - beli, bukan pinjang uang dg memberikan imbalan. Dalam hal ini, pemerintah menjual underlying aset, dibeli secara kelompok oleh investor, dan disewa kembali oleh pemerintah dengan tetap menggunakan aset tersebut dan bayar uang sewa. Nanti pada akhir masa pemerintah membeli kembali underlying asset dg harga yang sama saat beli. Jadi imbalan per bulannya itu merupakan uang sewa yang diberikan kepada investor.

Seperti kredit di bank syariah, walau sama2 memberikan imbalan konstan namun beda dg kredit bunga tetap di bank konvensional. Di bank syariah utk KPR misalnya akadnya adalah jual - beli dg pembayaran dicicil. Nasabah membeli rumah dari Bank, yg tentu saja bank mengambil margin keuntungan. Dimana Jual beli tidak sama dg riba.

Salam,

Dudi

sukuk ritel bukan riba

rdlshell's picture

Makasi bro......... iya saya ingat...yang membedakan adalah pada akadnya.... thanks infonya

Rina DL

Mohon Maaf Lahir Bathin

SUKUK RITEL HSBC

rdlshell's picture

Numpang tanya, saya dapat penawaran sukuk ritel dari HSBC, yang mengatakan underlying asetnya 13,6T berupa tanah dan/ atau bangunan. Returnnya 12%.

Kalau disebutkan undedrlying aset berupa tanah &  bangunan, berarti kalau ada default mereka akan juala dulu asetnya itu? Begitu yah kira2? 

Rina DL

Mohon Maaf Lahir Bathin

Pajak Sukuk Ritel 15% ??

Elisabeth's picture

Apakah benar pajak sukuk ritel 15 % bukan 20% seperti sebelumnya ? kalau 15% berarti imbalan hasi menjadi 10,2% dong.

Mohon konfirmasi dari bro/ sis.

Tentang Sukuk Ritel dari KONTAN

autogebet's picture

barangkali rekans ada yang belum membaca Kontan, ini saya lampirkan.

 

 

Di blog janganserakah.com

Risyadmum's picture

Di blog janganserakah.com punya bro Nikkentobi lagi anget tuh artikel sukuk ritel. Tengok deh,sis.

sukuk ritel

rdlshell's picture

Udah baca yang di nikentobi kan saya juga suka diskusi disitu... cuma pengen lebih banyak lagi ...kadang pendapat orang yang berbeda-beda membuat saya kaya pengentahuan

Rina DL

Mohon Maaf Lahir Bathin

sukuk ritel

Agus Mulia's picture

>setahu saya sukuk ritek mirip ORI, cuma yg ini syariah - yg bagi beberapa pihak dianggap lebih afdol

>underlying asset mestinya tdk perlu dipikirkan, krn return 12% sdh dijamin negara - cuma krn baru tata cara jual / beli perlu dimengerti benar likuiditasnya. Jual ORI saja dibank plat merah tertentu urusannya ribet, mending bank kecil tapi bonafid -lancar........

siiip bosss

bpkgudang's picture

siiip bosss

ayo-ayo silahkan dicoba..

virtual trading... virtual money.. virtual loss dan virtual return ...

 

http://gudangilmuinvestasi.blogspot.com

 

hebat euy

rdlshell's picture

Duh hebat bisa dapat software virtual trading, seperti biasa, pertanyaan saya mendasar sekali. Mau tanya yang dimaksud tidak pakai uang nyata itu gimana? emang bisa pake uang monopoli?  :-)

Rina DL

Mohon Maaf Lahir Bathin

Virtual trading IDX

rai's picture

DH,

Terlebih dulu salam kenal dulu mbak Rina, maaf lahir bathin.

Mungkin saya belum menemukan istilah yang tepat tentang "uang nyata" tetapi saya yakin anda udah ngerti apa yang dimaksud..he he...  Umumnya kalau kita mau memperoleh fasilitas online virtual trading, kita harus menjadi members dan malah ada yang men-isyaratkan harus membayar atau merupakan suplement dari perusahaan sekuritas terhadap membernya.

Berdasarkan beberapa info, banyak dari kita yang sudah "belajar" mengenai ilmu investasi namun masih belum berani terjun langsung menjadi pemain, nah mungkin mereka-mereka itu akan memanfaatkan fasilitas virtual trading gratisan yang disediakan oleh IDX maupun sekuritas lainnya, sampai mereka merasa pede untuk terjun langsung....

Maaf bukan menggarami laut....

Salam,

IDX virtual trading

ma_kara's picture

hallo bro rai...

saya tertarik ingin mrncoba vitual trading....

setelah saya download n buka mulailah permasalahan utamanya datang .... saya bingung melihatnya.... n mengoperasikannya..

bro bisa dikasih artikel atw semacam tutorialnya tentang penggunaannya? agar bagi yg benar2 awam spt saya bisa belajar bro....

 

thanx a lot bro

 

salam

ma_kara

@Ma_kara

Anonymous's picture

Lokasi di Jakarta?
Kalau ya, email ke Risyadmumatgmail [dot] com.
Nanti saya bantu daftarin kelas tutorial khusus ezydeal , diajarin langsung sama Pak Patric 'dokter'nya ezydeal. Tempatnya di satu sekuritas, komputer disediakan (jumlahnya terbatas), GRATIS, waktunya hari Sabtu jam 9 pagi sampe sekitar jam 12 siang. Langsung praktek, lebih cepat mengerti.
Info selanjutnya by email aja, biar nggak jadi iklan di sini.
Oh ya saya bales emailnya paling cepat hr Selasa ya, hari ini ada tugas luar luar kota.

@risyadmum

ma_kara's picture

dear sis.....

emailnya sudah saya trima..... trimakasih saya akan konfirmasi ke bu fanny.......

 

thanx

ma_kara

thanx sis

ma_kara's picture

dear sis risyadmum....

thanx atas informasinya.... saya di jakarta n

saya sudah email ke sis untuk konfirmasi.... ini sangat membantu untuk saya yg ingin belajar hal yg baru....

 

thanx

ma_kara

IDX virtual trading

rai's picture

DH ma_kara,

Dicoba sesuai jawaban saya pada rekan Viar tanggal 4 Feb. dibawah.

Salam,

virtual trading

rdlshell's picture

Ade Rai tanya lagi ni, berarti dengan virtual trading ini kita bisa belajar mencoba tanpa harus menyetorkan uang , gitu yah? heheheh biar lebih jelas aja.. kita bisa coba seolah-olah kita ikut trading selama 30 hari?

Rina DL

Mohon Maaf Lahir Bathin

virtual trading

rdlshell's picture

Oh begitu ade Rai.... tapi memang murni saya enggak ngerti... boleh juga sih kalo ada fasilitas ini untuk di coba

Rina DL

Mohon Maaf Lahir Bathin

IDX virtual trading

rai's picture

DH,

Terima kasih bung Aditya atas dimuatnya info kami.
Menyambung info tersebut mungkin bagi rekan2 yang telah mengikuti Kursus Dasar Investasi tetapi belum mempunyai software trader yang interaktif dan online, dapat mempraktekkan teori-teori yang telah diperoleh dalam seminar tersebut.
Umumnya rekan-rekan yang ingin investasi saham, IDX virtual trading mempunyai fasilitas trend harga saham  emiten untuk periode 1 tahun, sedangkan bagi rekan2 trader (jangka pendek) dapat melakukan Analisa Teknikal pada myChart dengan:
- Price  Style : Line, Candle Stick dls
- TA              : Bollinger Band, SMA, MACD, Stockostic Oscilator dls.
Himpunan news ticker dapat dilihat pada myNews, dengan mendefinisikan tanggal yang diinginkan.

Cuman sayang (menurut pantauan kami, kalau salah mohon koreksi): Help menunya belum berfungsi, Trade yang dilakukan akan hilang pada saat logg-out, Sell menunya belum bisa dipakai (hanya buy saja), Menu account masih default artinya user tidak dapat mendefinisikan kekuatan dananya sendiri.

Hal ini kami bandingkan dengan virtual trading yang dimiliki oleh OptionXpress.com http://pt.optionsxpress.com/OXWPaperTrade/registration/login.aspx?LOGIN=... yang sangat user friendly dan cukup komplit.

Namun terlepas dari itu, mari kita sukuri karena IDX (BEI) telah memberikan kita fasilitas untuk latihan trading online atau paling tidak untuk melakukan analisa teknikal sendiri sebelum meminta broker kita melakukan pembelian atau penjualan.

Salam,
Rai

EBA

ma_kara's picture

bro n sis... mohon masukan dan berbagi ilmunya...

saya membaca sebuah artikel di bisnis indonesia, kutipannya spt ini,

"PT Bank Tabungan Negara akhirnya menerbitkan produk Kontak Investasi Kolektif (KIK) Efek Beragunan Aset (EBA)"

yg ingin saya tanyakan,

-apakah ini sama dengan produk reksadana pd umumnya? kl  sama termasuk RD apa ya?

-bagaimana prospeknya dengan produk baru ini?

-bagaimana dengan pajaknya?

 

thanx sis n bro

salam

ma_kara

KIK-EBA

monique's picture

KIK-EBA: Kontrak Investasi Kolektif - Efek Beragun Aset

Portofolio KIK-EBA bisa terdiri dari aset keuangan berupa kumpulan tagihan kartu kredit, tagihan kredit pemilikan rumah, dll.

KIK-EBA bukan merupakan reksa dana dan berbeda dalam banyak hal dari reksa dana, seperti segi risiko, likuiditas dan fitur produk, pelunasan, dll.

KIK-EBA memang merupakan produk investasi baru di dunia pasar modal di indonesia, tetapi tidak di negara2 lain. Kalau melihat perkembangannya di negara2 lain, memang prospeknya baik, hanya yang sangat perlu diperhatikan adalah kehati-hatian dalam pemilihan aset dasar (pemilihan tagihan yang digunakan).

Perpajakan hasil KIK-EBA mirip seperti hasil dari obligasi jadi akan berbeda dengan perpajakan atas hasil dari reksa dana, alias kalau perorangan yang beli akan dikenakan pajak. (Ini hasil diskusi dengan pelaku pasar modal lain, jadi bukan fakta resmi dari kantor pajak, sebaiknya cek dulu dengan konsultan pajak untuk perpajakannya).

Produk ini sangat berbeda dari reksa dana pada umumnya, jadi kalau berminat harus benar-benar mengerti sebelum berinvestasi.

Oh ya, bedanya dengan REIT, ini tidak berinvestasi langsung pada properti dan tidak mengelola penyewaan properti, tapi berinvestasi pada tagihannya. Tapi kalau tagihan tersebut default, aset dari tagihan tersebut jadi milik KIK-EBA, contoh kalau KIK-EBA isinya kredit pemilikan rumah dan ada yang default, maka KIK-EBA biasanya berhak untuk memiliki rumah tersebut.

Salam

KIK-EBA

Risyadmum's picture

Terima kasih sharingnya sis Monique.

Kalau begitu rada berbahaya dong invest di KIK-EBA ini, produk-produk sejenis ini kan yang menyebabkan subprime mortgage di USA.

EBA

Risyadmum's picture

Nggak tahu apakah EBA ini sama dengan REIT.

Kalau REIT (Real Estate Investment Trust) merupakan kontrak investasi kolektif yang berinvestasi pada properti dan aset yang berhubungan dengan properti.

REIT juga terdiversifikasi, mirip reksadana. REIT memperoleh pendapatan dari manajemen dan penyewaan properti. Sebagian besar pendapatan itu (kalau nggak salah ada ketentuan minimal 90%) akan dibagi-bagi kepeda pemegang saham sebagai deviden atau distribusi per unit.

Produk REIT juga cenderung memiliki spesialiasi untuk segmen-segmen pasar properti yang berbeda, ada yang fokus berinvestasi di sektor perhotelan dan bisnis penginapan, ada juga yang fokus pada properti industri dan gedung perkantoran.

Dari segi prospek, saya termasuk yang optimis dengan REIT. Di S'pore, produk REIT pertama keluar tahun 2002 (CapitaMall Trust) dan sampai akhir 2006 bertumbuh mencapai 13 kali lipat.

Di Indonesia sendiri, sepertinya masih ada sandungan dari undang-undang yang berhubungan dengan investasi di bidang properti (mis:hak kepemilikan asing). Kalau masalah pajak ganda, kepala Bapepam kayaknya akhir 2008 lalu pernah bicara kalau REIT tidak akan terkena pajak ganda. Pajak apa saja yang dikenakan ke produk REIT? maaf saya kurang tahu.

Performa REIT sendiri tentu sangat dipengaruhi oleh siklus bisnis properti (supply & demand); dan perubahan tingkat suku bunga. Pokoknya yang biasa mempengaruhi turun/naiknya sektor properti. Seperti juga MI reksadana, kepiawaian manajemen Investasi untuk REIT juga berpengaruh thp nilai NAV produk REIT-nya.

 

 

EBA

ma_kara's picture

sis

trimakasih atas berbagi pengetahuannya......

 

thanx

ma_kara

IDX Virtual Trading

viar's picture

Aku dah install, tapi bingung cara menggunakannya... ada hot to untuk pemula gak ya?

 

Terimakasih

IDX virtual trading

rai's picture

DH Viar,

Di klak-klik saja, nanti kan ketemu sendiri karena help menunya belum berfungsi
Untuk awal, ingin melihat harga saham :
Menu : Quotes, myQuotes terus New Instrument browse kebawah pilih saham dan Add. Lakukan ber-ulang ulang terhadap saham lain seperti Composite (IHSG), LQ45, JII, AALI, BUMI, BMRI dst. Bisa juga memakai menu Look Up IDX terus RG klik saham yang mau dilihat harganya.
Jangan lupa Save Template supaya tidak hilang konfigurasinya saat log out.
Kalau mau Beli (Buy) sorot krusor ke saham yang mau di beli (misalnya AALI) dan klik kanan pilih dan pilih Buy AALI dst....dst

Lain2nya, dicoba-coba saja selamat mencoba.....

Salam,

Terima kasih

barkah's picture

Terima kasih ya bro autogebet atas informasinya.

SITUS BAPEPAM

ma_kara's picture

ADA YG TAU KAPAN SITUS BAPEPAM-LK SEHAT KEMBALI...?

ATAU SUDAH TIDAK SEHAT2 LAGI YA......  ALIAS PERMANEN SAKIT.......

 

MA_KARA

saham

rahardjosb's picture

Berapakah batas minimal investasi ke saham? 

batas minimal saham

rdlshell's picture

Setahu saya sih 25 juta

Rina DL

FP

Situs Bapepam

rai's picture

DH,

Situs itu sebenarnya sangat membantu untuk membuat statistik  dan  informasi lainnya mengenai rd, sebagai salah satu bahan investor membuat keputusan.

Kami telah mencoba menghubungi Humas Bapepam  http://www.bapepam.go.id/bapepamlk/others/humas.htm namun saat di posting (send) tidak pernah berhasil. 

Mungkin ada rekan-rekan yang punya akses dapat membantu menanyakannya.

Salam,

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.