Proudly Presents: Data Kinerja H-1 Reksadana dan Unit Link

autogebet's picture

Rekans, sy pribadi berlega hati karena salah satu impian saya sudah terwujud, yaitu menyajikan data kinerja reksadana H-1. Tentu saja proses pengambilan dan ekstraksi data sudah sepenuhnya otomatis. Pembuatan otomasi ini cukup lama karena data harian yang dikirim tidak konsisten formatnya, jadi saya harus membuat pemetaan data yang cukup detil. Walaupun ini baru bs terwujud untuk produk yang diadministrasi oleh Bank Kustodian CIMB Niaga, semoga sesudah ini dapat disusul oleh kustodian lainnya.

Sayangnya, dan ini jg membuat saya geleng2 kepala, ternyata data dari bank kustodian berbeda dengan data di bapepam. Nama produk saja tidak seragam, di bapepam tertulis "reksadana", di bank kustodian tertulis "reksa dana". so, ini menjadikan data dari bank kustodian tidak bisa digabung dg data sebelumnya. Untuk memuaskan keingintahuan rekan2, sementara ini semua penyajian data ini saya akomodir di menu "Data Bank Kustodian". Silakan diklik nama produknya, nanti akan tersaji grafik time-series. oh btw; jika rekan tidak bisa melihat menunya (di sidebar kiri), its a member feature, pastikan sudah login ya :)

Saat ini fungsionalitasnya masih sangat terbatas, mungkin nanti akan saya buatkan supaya ada fitur perhitungan return per periode, Komparasi Kinerja dan Download data. Sementara ini utk membandingkan mana produk dengan return tertinggi, terpaksa copy-paste ke Excel dulu. oh btw; apa arti "1yr Riil" mgkn bs ditanyakan ke bro Dunkz, karena ini saya sajikan sesuai data aslinya (bkn hasil perhitungan sendiri).

Anyway, terlepas dari keterbatasan data saya cukup happy dengan tersajinya data time-series unit link. Walaupun ini bukan core PortalReksadana, tapi mungkin bisa bermanfaat bagi yang dari dulu penasaran dg data ini (spt saya).

Semoga yang sedikit ini bermanfaat... segala ide dan masukan sangat dinantikan...

 

Comments

Terproteksi

boywashington's picture

Bro, terimakasih banyak atas kerja kerasnya. Btw, updatenya termasuk RD Terproteksi gak ya ? barusan tengok kesitu masih berdasarkan data 29 Sept 2008.

Update sudah termasuk RD

autogebet's picture

Update sudah termasuk RD Terproteksi (note: hanya jika kustodiannya adl CIMB Niaga). saya sudah kroscek dengan data dari kustodian dan dari yang terbit di tabloid Kontan hari ini, ada beberapa temuan yang menarik.

Pertama, data terbaru yg diterima dari kustodian (tadi malam), hanya memuat 1 produk terproteksi, yaitu BATAVIA PROTEKSI PAJAJARAN.

Kedua, hasil kroscek dengan tabloid Kontan hari ini, beberapa  produk yg saya cek NAB nya cocok. contohnya, produk LAUTANDHANA PROTEKSI V sama2 tertulis 1000. hanya saja di Kontan tidak menulis kapan tanggal update terakhirnya. temuan lainnya adalah: produk MANDIRI CAPITAL PROTECTED INCOME FUND 2 tidak ditemukan di Kontan (di bagian kustodian CIMB Niaga ya).

so, ini memang temuan yg menarik, dan PortalReksadana tetap berusaha menyajikan sesuai data yang dikirim dari bank kustodian.

ISIN as PK

bfinance's picture

Nama produk saja tidak seragam, di bapepam tertulis "reksadana", di
bank kustodian tertulis "reksa dana". so, ini menjadikan data dari bank
kustodian tidak bisa digabung dg data sebelumnya.

Sekedar saran bro, bagaimana jika menggunakan unique ID sebagai primary key instead of nama RD-nya. Kandidat yg bagus adalah ISIN sehingga nama reksadana bisa "berbeda" (spelling atau bisa disingkat untuk menghemat space) antara data source yg satu dgn yg lain.

 

Saran untuk Bapepam

autogebet's picture

itu saran yang baik sekali bro, hanya saja yang seharusnya menerapkan ini adalah pihak berwenang terkait (mis: Bapepam, kustodian, etc), karena PortalReksadana akan mengambil data dari mereka.

:D

tanya NAV harian

matewa's picture

Pak, saya mau tanya untuk mendownload nav reksadana harian selain di
situs bapepam apakah ada? karena situs bapepam dalam perbaikan sudah
sebulan saya perhatikan, karena saya butuh data harian nav untuk
thesis, mohon bantuannya.

thanks

 

Download data NAV

Anonymous's picture

Coba liat ke bloomberg pak, menunya FPC trus tinggal cari nama reksadana yg dimaksud.

Download Data tersedia di PortalReksadana

autogebet's picture

apakah mungkin yang dimaksud seperti dalam artikel ini?

http://www.portalreksadana.com/node/51

Maksud saya ini untuk client

bfinance's picture

Maksud saya ini untuk client side (ie. portalreksadana).

Jika memang dari bapepam atau bank custodian tdk ada ISIN numbernya, berarti harus buat sendiri mapping antara PRODUCT_ID dan PRODUCT_NAME (one time job lah :)

Keuntunganya, semua program nanti reference-nya ke PRODUCT_ID, bukan PRODUCT_NAME, jadi data dari berbagai sumber (bapebam, bank custodian) bisa dirangkai menjadi satu tanpa peduli penamaan reksadananya (PRODUCT_NAME).

begicu :) 

 

Data Kinerja Reksadana Tidak Lagi H-1

autogebet's picture

well, ternyata saya langsung menerima data kinerja reksadana hari ini dari bank kustodian CIMB Niaga pada jam 19.00-20.00. Jadi buat rekan yang ingin tahu berapa NAB per unit hari ini, langsung bisa akses PortalReksadana pada malam harinya. Bahkan PortalReksadana lebih dulu menyajikan data ini sebelum harian Bisnis Indonesia :)

Sukses buat bro gebet

Anonymous's picture

Luar biasa brother kita satu ini, semangatnya untuk memberikan service excellence perlu diacungi 2 jempol. Saya jadi ga mau ketinggalan updatenya dr portal ini. Sukses ya bro :-)

Bravo bro Autogebet!

NewBeginning's picture

Selamat ya bro! Makin smangat aku kunjungin portalreksadana! Cara aksesnya sama ya di matrix? Makin jaya portalreksadana!

terima kasih ya mbak Feliz,

autogebet's picture

terima kasih ya mbak Feliz, teman2nya diajakin juga dong visit ke PortalReksadana :)

fyi; feature Matrix tidak konek dengan data dari bank Kustodian. maklum deh, struktur datanya benar2 beda dg Bapepam. So, untuk penyesuaian fitur canggihnya menyusul yaa...

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.