Street Investing: Pendekatan Gaya Jalanan dalam Melakukan Analisis Fundamental Saham

Thu, 02/16/2012 - 23:27
dunkz's picture

Ketika saya mulai menulis tentang investasi sekitar 5 tahun yang lalu, tidak terpikir bahwa suatu hari nanti ide-ide saya akan dibukukan. Bermula dari diskusi-diskusi panas di Kaskus dan kemudian bertemulah saya dengan Bro Gebet sehingga saya diizinkan untuk menjadi salah satu kontributor di forum PortalReksadana.

Saya mulai menulis tentang saham di blog sekitar tahun 2008. Ketika itu, bursa saham sedang menggila dan terus menerus mencapai new high sampai kemudian datanglah krisis perumahan di AS. Ilmu yang saya dapatkan di bangku kuliah seakan-akan dihadang oleh sebuah tembok yang besar. Hal tersebut saya manfaatkan untuk terus-menerus menimba ilmu di sekolah investasi terbaik: dunia nyata.

Pengalaman-pengalaman investasi sejak tahun 2003 sampai dengan sat ini benar-benar memberikan pelajaran yang berharga. Saya telah mengalami kondisi pasar yang super bullish (2003-2007), crash (2008), dan recovery (2009-sekarang). Lika-liku perjalanan mengarungi pasar telah meletakkan fondasi untuk filosofi dan strategi investasi yang saya terapkan.

Apa yang saya dapatkan selama itu lah yang saya tuangkan ke dalam buku Street Investing. Buku tersebut bagaikan sebuah melting pot yang merangkum sebagian besar pengetahuan dan pengalaman investasi saya.

Apa yang akan Anda dapatkan?


Pertama, kita akan berbicara tentang filosofi investasi saham. Analisis fundamental bukan semata berkutat masalah angka. Yang terpenting adalah pemahaman kita akan konsep investasi itu sendiri.

Kedua, kita akan ngobrol ngalor-ngidul tentang bagaimana membaca laporan keuangan untuk menerjemahkan pemahaman kita tentang kondisi fundamental suatu saham. Jika kita telah mengerti bagaimana suatu perusahaan dijalankan, angka-angka tersebut akan terasa hidup dan bercerita panjang lebar.

Ketiga, kita akan mulai melakukan stock picking. Selain strategi-strategi umum, saya juga menyelipkan metode stock picking para begawan investasi seperti Benjamin Graham ataupun Peter Lynch. Bagian ini bagi saya adalah yang paling mengasyikkan dan seringkali memberikan pilihan saham yang sangat menarik bagi kita.

Keempat dan yang mungkin menjadi gongnya adalah valuasi. Jika orang berbicara tentang valuasi, yang terbayang adalah perhitungan yang ruwet dan memusingkan. Saya mencoba untuk mematahkan anggapan tersebut dan memberikan sebuah metode valuasi yang bisa dibilang slenge'an dan berbeda dengan metode valuasi pada umumnya. Silakan membaca sendiri di bukunya dan Anda akan memahami apa yang saya maksudkan.

Kelima dan tidak kalah pentingnya adalah topik tentang psikologi investasi. Seberapapun canggihnya ilmu investasi yang kita miliki, tidak akan banyak berguna apabila tidak memahami sikap mental yang seharusnya dimiliki oleh seorang investor. Untuk itulah bagian ini diikutsertakan.

Bagi member yang melakukan pemesanan buku melalui PortalReksadana, akan mendapatkan:

  • Buku yang ditandatangani langsung oleh saya.
  • Diskon 15%, dari harga normal di toko buku Rp 68.700 menjadi Rp 58.400.

Mohon dapat menambahkan ongkos kirim sesuai daerah tujuan, yaitu:

  • Pulau Jawa: Rp. 12.000
  • Luar Pulau Jawa: Rp. 21.000

Bagi member yang berminat, dapat pre-order dengan mengisikan form signup di akhir artikel ini. Sesudah mendaftar, silakan melakukan transfer langsung ke:

  • Rekening BCA No. 5700067990 atas nama Parahita.
  • Untuk memudahkan verifikasi, sertakan username pada berita transfer.

Masa pre-order hanya sampai tanggal 1 Maret 2012, sesudah itu seluruh pesanan akan diproses pengiriman ke alamat masing-masing.

Semoga bermanfaat.

 

Comments

Cash Withdrawal

tri.wahyono's picture

Dear Ibu Riri,

Mau menanyakan mengenai Cash Withdrawal di posisi Bank tidak muncul nama bank/account yang ada hanya blank saja untuk ID : TRAH82

mohon bantuannya, terima kasih atas perhatiannya

Tri

Re : Cash Withdrawal

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak Tri Wahyono,

Mengenai Cash Withdrawal, sudah muncul nama Bank dan nomer rekening pribadi Bapak. Bapak bisa logout terlebih dahulu kemudian login kembali.
Silakan dicoba kembali ya Pak.

Terima kasih.

Salam,

Riri
www.ipotfund.com
www.ipotplan.com
www.ipotindonesia.com

Cash Withdrawal

tri.wahyono's picture

dear Ibu Riri

terima kasih atas bantuannya

Salam,

Tri

Re : Cash Withdrawal

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak Tri Wahyono,

Terima kasih kembali Pak Tri Wahyono.
Happy Friday Night ya...

Salam,

Riri
www.ipotfund.com
www.ipotplan.com
www.ipotindonesia.com

Saya br akan bljr investasi

khaleya's picture

Saya br akan bljr investasi di RD dan Saya berminat jg dgn bukunya...mohon diinfokan ke email saya sucihartinimahad1atyahoo [dot] com

mau beli buku

setia.bungsu's picture

Pak parahita, kalau mau beli bukunya apa masih bisa? Makasih.

Buku yang samakah?

arjunabelajar's picture

Susah sekali mencari online shop ataupun gramedia store yang masoh menjual buku ini. Tapi saya menemukan link berikut,apakah ini membahas hal yang sama atau kelanjutan dari edisi pertama? nulisbuku.com/books/view_book/6202/street-investing-redevelope-the-ideas

buku

ayahdecky's picture

untuk bukunya masih dijual g bro parahita ?? kl ada mohon informasi by email karena saya jarang buka blog ini.

email : ayahdeckysubarjaatgmail [dot] com

ihsg longsor

primanitya's picture

Tadi mau komen kenapa jadi email..salah -__-
ihsg longsor hari ini.. perkiraan masih longsor terus ga ya bung DewAsmara ?

Terima kasih
Prima

Menakar Arah IHSG

DewAsmara's picture

Sebelumnya saya minta maaf, tidak sempat mengurusi dunia pasar modal pasca libur lebaran, berhubung saya dimandat menjadi dosen tetap fakultas green economy and digital communication, saya benar benar overload dengan urusan urusan administratif di kampus.

Ok kembali ke laptop, saat ini dunia diguncang banyak persoalan, dari mulai The Fed tappering, hingga ancaman perang dunia ketiga. Seperti yang saya khawatirkan, jika ekonomi menemui jalan buntu, maka perang sering dijadikan alternatif penyelesaian. Ini sudah lama dilakukan oleh Amerika sejak 1929. Saat ini Tiongkok beserta Russia sudah dongkol setengah mati dengan egoisme Amerika melakukan penghentian stimulus fiskal secara mendadak.

Berita terakhir yang saya dapat dari dewan direksi salah satu bank asing, guncangan guncangan global di atas akan membuat ekonomi Indonesia semakin berdarah darah. Karena:
1. Pemerintah masih main main dan tidak serius mengatasi masalah
2. Gap minus neraca perdagangan kita semakin melebar
3. Kepercayaan pasar sudah hilang, investor memilih menunggu hasil pemilu 2014.
4. Jika masalah hutang swasta dan pemerintah + inflasi tidak juga selesai, maka rupiah akan semakin kolaps, karena cadangan devisa sudah hampir terkuras habis.
5. Operasi swap valas oleh BI dinilai gagal total, karena pasar sudah panik, setiap hari terjadi pembelian valas baik oleh perorangan dan perusahaan melebihi kapasitas ketersediaan bank.

Saya pribadi berpendapat, lebih baik kita bersiap ujtuk yang terburuk saja, karena pemerintau sudah sibuk untuk persiapan kampanye dan pemilu 2014. Sehingga penanganan krisis akan sekedar retorika demi perolehan suara pemilu saja.

Sekedar nasehat, lain kali jangan salah pilih presiden ya :)

Thanks atas pencerahannya

nnur's picture

Iya, betul juga ya. Bisa sampe ke arah sana. Saya kyknya juga stop DCA dulu untuk bulan depan. Nasehat dari Pak R, nunggu keadaan membaik, minimal akhir Oktober.
btw, saya cek di infovesta PER 14,4x, bukan 19x?

5000an

DewAsmara's picture

Tolong Mbak/Mas,
bacanya jangan sepotong sepotong dan digabung-gabungkan. Saya tidak mengatakan PER 19x saat ini. Saya hanya mengatakan, jika indikator di bloomberg sudah menembus signal 19x jangan ambil posisi buy terus. Lebih baik redemption dan masuk tempat lain.

19x up itu saat masuk level 4900-5000.

under 4000 msh adem

yns's picture

payah nih.. apa karena uda ga bisa kepilih lagi jd kayanya sby kurang antusias menghadapi krisis.

RDS Jangka Panjang bisakah dgn kondisi sekarang ?

oethies23's picture

Makin dek-dekan nich melihat kondisi.

Mau diambil sdh loss banyak banget :(

Mau tanya nich para suhu semua, kalo RDS investasinya dibuat jangka panjang.

Apakah akan masih aman ... ( berusaha menenangkan hati nich agar nggak panik :)

Terimakasih sebelumnya

Kok sepi nasehat dari para senior ya....

rohi_aw's picture

Dengan kondisi ihsg yang seprti saat ini, kok malah sepi pendapat dan nasehat dari para senior ya..., pdhal sdh kucoba untuk bertahan ditengah 'badaí' seperti ini, haruskah kumenyerah dengan kondisi 'babak-belur' krn nekat bertahan....? Ayo para mas bro, kutunggu 'penguat iman' dari anda2....

RDS jangka panjang

DewAsmara's picture

Reksadana Saham sebaiknya memang untuk jangka panjang. Tapi be realistics saja, jangan salah pilih manajer investasi, dan jangan masuk saat pasar sudah tidak normal. Lihat di aplikasi bloomberg saja jika sudah 19x PER nya ya jangan masuk.

Dan terakhir, belilah reksadana saham dengan uang lebih, karena volatilitas pasar tidak pernah bersahabat.KT

PER IHSG

alkyl's picture

Dear Mas(ter) Bro DewAsmara, melihat PER IHSG di bloomberg itu bagaimana ya? Terima kasih

PER IHSG di IDX

autogebet's picture

bro alkyl, PER IHSG dapat dilihat di website IDX, alamat aksesnya di:
http://www.idx.co.id/id-id/beranda/publikasi/statistik.aspx

Informasi ini diterbitkan setiap hari oleh IDX, disana ada banyak info menarik, seberapa asing sudah net buy atau masih net sell. Rekan2 lain bisa melengkapi bagaimana cara interpretasi informasi disini. Bahkan bagi yang sudah investasi di saham, ada makin banyak informasi yang menarik jika kita download menu statistik bulanan. PER setiap emiten ada disana sudah dikompilasi dengan cantik sekali :)

Untuk memudahkan bagi member, saya sudah buatkan link menu baru yaitu "Statistik IHSG" di Investor Toolkit. Semoga bermanfaat.

Follow portalreksadana on Twitter

Lihat Func Fact Sheet bulan

oethies23's picture

Mohon diinfokan Func Fact Sheet per bulan adanya dimana ya ?
Kalo di Bapepam kosong datanya

Terimakasih

Kam sia

alkyl's picture

Terima masih ya bro autogebet untuk jawabannya..salam profit!!

badai besar banget

nnur's picture

Saya bukan senior, jadi cuma sharing saja. Kata byk orang, IHSG memang akan turun lagi. Saya rasa semua analis dan para senior juga sedang mengamati pasar. Saya yang awam saham menyerahkan semuanya ke Allah dan kemudian ke MI; mereka sekolah tinggi2 untuk berkarir di saham dan jam terbang juga mestilah sip.
Total RDS Syariah saya minus jutaan, tapi saya masih adem-ayem aja karena percaya 2 hal:
1. Benchmark RDS terbaik 7 tahun, yaitu 'Panin Dana Maksima' juga -20% dlm 1 bln lho.
2. IHSG pernah 5X turun 20% dalam 3 bulan, tapi pasar modal kembali UP dalam hitungan bulanan. Cek di sini:
http://rudiyanto.blog.kontan.co.id/2013/08/28/apakah-sekarang-saat-yang-...

Ketika IHSG sedang melorot

Marjim's picture

Dear All,

sebagai beginners, saya saat ini dgn modal 50 jt utk 11 Reksadana dan mengalami lost imaginer 6 jt an.

Langkah2 yg akan saya lakukan:
membeli Reksadana Schroeder prestasi plus dan schroeder 90 plus a 4 juta. ( mungkin senin minggu depan ) - biar average aja.

pls advise

Marjim

Minat bukunya

server002's picture

nyari bukunya di gramedia gak ada lagi, nyari dimana ya? pesen disini bisa?

email langsung

patrixsk's picture

Coba email langsung ke mas Parahita (parahitairawanatyahoo [dot] com)

Aku beberapa waktu lalu pesan langsung harga Rp. 58.400 + ongkos kirim (tergantung lokasi)

saya sudah cari bukunya

Graskeytary's picture

saya sudah cari bukunya kemana-mana tapi tidak ketemu T_T apakah bisa pesan di sini?

Masa sih

DewAsmara's picture

Sepertinya di toko buku Gramedia masih banyak. Atau coba cari di toko bukunya PPM (Sekolah Tinggi Manajemen PPM), saya beli sih di kampus itu.

Mau street investing

keblug's picture

Kapan nih ada lagi?
Saya mauuu :)

APA MASIH BISA PESAN BUKU?

hasrudin's picture

Saya sangat tertarik untuk mendalami lebih jauh lagi tentang RD. makasih

info bedah buku pak Parahita gratis

NewBeginning's picture

Baru liat FB pak Parahita tanggal 2 maret pukul 15.00 di Jakarta Design Center katanya ada bedah buku gratis Street investing. mau ikutan?

buku

decky's picture

saya tertarik bukunya pak..

mohon dijelaskan perihal pemesanan buku lewat email karena saya jarang membuka portalreksadana

email saya : decky_s85atyahoo [dot] com

terima kasih bnyk sebelumnya

Aku mau donk bukunya, masih bisa kah? pak Parahita

K1tty86's picture

Aku mau donk bukunya, masih bisa kah? pak Parahita
klo masih bisa? berapa total sama ongkir ke Jkt?
nti di sign in ya,.

mohon informasi bagaimna cara

decky's picture

mohon informasi bagaimna cara order buku. mohon di emailkan decky_s85atyahoo [dot] com. mohon nomer HP ny untuk kemudahan berkomunikasi. tks

Mau pesan

mikken's picture

Halo, saya mau pesan bukunya.
Please inform how to order.
erast2002atyahoo [dot] co [dot] jp
0811177470

masih ada?

haobengyo's picture

bukunya masih dijual kah? same price?

Pesan Buku

hady87's picture

Apa bisa beli buku ini lagi?tujuan pengiriman ke Kotabaru - Kalimantan Selatan?
kebetuan di Gramdedia Banjarmasin stoknya kosong

Tanya Pak Parahita

repento's picture

Pak Parahita , saya sudah membaca bukunya, isinya bagus

sepertinya bapak banyak dipengaruhi oleh Warreen Buffet

ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan adalah

1. Apakah Warren Buffet memiliki produk reksadana (KIK) ?

2. (Apabila ada) Dimanakah tempat(bank/sekuritas) untuk membeli
reksadana Warrren Buffet tersebut ?

3. Menurut bapak, apabila ada uang dingin (uang nganggur)
daripada didepositokan, mana pilihan dibawah ini yg lebih baik
Tolong dijawab berdasarkan prioritas ya pak (sperti :3-2-1-4)

a) reksadana panin dana maksima
b) reksadana makinta mantap
c) reksadana warren buffet
d) Mencoba Mengelola Investasi Saham sendiri

Terima kasih pak

1. Dia memang mengelola dana

dunkz's picture

1. Dia memang mengelola dana investasi, tapi bukan reksadana. Btw saham nya dijual kok di US. Kalau gak salah per lembar USD 200.000 :d
2. Warren buffett tidak mengelola reksadana
3. Pilihan ada di tangan masing2 investor

terima kasih pak parahita

repento's picture

terima kasih atas jawabannya pak parahita

masih mengenai warren buffet.

apakah yg dimaksud adalah saham BRK:A pak ?
http://www.bloomberg.com/quote/BRK+A:US

tentang "dia mengelola dana investasi tapi bukan reksadana".

apakah yg dimaksud adalah kita membeli saham BRK:A ?

HIks....

glory_steve's picture

Telat tahu nya.... mudahan masih ada lagi...

Bro,masih bs pesan gak?thx

pontash's picture

Bro,masih bs pesan gak?thx

Buku

putrimanis's picture

Mau tanya kabar bukunya ? Kapan akan dikirim ? Thanks

Pengiriman

dunkz's picture

Alamatnya lagi dikompulir. Sabar ya :)

Pengiriman Buku

dunkz's picture

Untuk yuriana, intantm, komang_jun, haragung, putrimanis, tutis sudah OK. Kalo yang batandik transfernya blm termasuk ongkir ya?

Yang erhast, Kungfufx, dickelbert belum OK.

biaya ongkir

batandik's picture

Dear dunkz,

mohon diinfokan biaya ongkirnya....secara bukunya udah saya terima.

Terima kasih.

OK ongkir

batandik's picture

maaf...silap mata tak nampak tadi ongkirnya...

baik...saya kirim ongkirnya via BCA

DATE

:
09/03/2012
TIME

:
17:00:29
REFERENCE NUMBER

:
833601B0-59AE-FAB1-631C-E3FAD7E090D3
TRANSFER TO ACCOUNT

:
5700067990
BENEFICIARY NAME

:
PARAHITA
AMOUNT

:

Rp. 12.000,00
REMARK

:
ongkir batandik

:
-
TRANSFER TYPE

:
IMMEDIATE TRANSFER
SEQUENCE NUMBER

:
022147

tanya

dickelbert's picture

maksdunya blm ok gimana bro?? ane udah transfer tgl 1 maret jam 23:30an
70.400
Nasib dah diblg gak ok.

to dickelebert

dunkz's picture

Sori, setelah dicek lagi ternyata udah OK. Sebelumnya saya liat daftar transaksi bulan Februari aja soalnya.

konfirmasi

dickelbert's picture

sudah saya transfer. 1 maret 2012. thanx

Sudah transfer

tutis's picture

Sdh transfer yaa... via BCA, 27 Feb.

Pre Order Street Investing

batandik's picture

Sudah ditransfer via Internet Banking BCA tgl. 27 Feb 2012.

Thx

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.