Strict Standards: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/portalre/public_html/sites/all/modules/rdmy3/rdmy3.module on line 508
KDR Perdana, 12 April 2008 di Jakarta | PortalReksadana.com

KDR Perdana, 12 April 2008 di Jakarta

autogebet's picture

Rekan sekalian, saat yang dinantikan sudah semakin dekat. Kursus Dasar Reksadana (KDR) perdana akan diselenggarakan di Jakarta, pada hari Sabtu tanggal 12 April 2008, pukul 09.00 hingga 17.00.

Sedikit pesan sponsor, kegiatan ini dapat terselenggara berkat
kerjasama dan semangat yang luar biasa dari rekan panitia. Mereka ini
adalah Risyadmum (a.k.a Nurhasanah), Lilyardas, Renaisanto dan Isna. Akhirnya kita bisa mendapatkan kecocokan jadwal antara narasumber (Passion4U + Eko035) dan lokasi penyelenggaraan. Details kegiatan sbb:

Lokasi KDR:

  • Gedung BPPT II Lt. 3
    Ruang Komisi Utama BPPT
    Jl. MH. Thamrin No. 8
    Jakarta Pusat
  • Peta menuju BPPT:

Materi dan manfaat kegiatan, dapat dilihat pada artikel:

Biaya Pendaftaran:

  • Member : Rp. 250.000
  • Donatur : Rp. 225.000

Prosedur Pendaftaran:

  1. Mendaftar secara online di halaman Registrasi Event, catatlah nomor Digit Unik Anda.
    • Jika ingin mendaftarkan untuk lebih dari 1 peserta, silakan rekan yang ingin disertakan didaftarkan sebagai member (membership is free).
    • Bila peserta berhalangan hadir pada hari H, mohon dapat mengabari siapa yang mewakilkan melalui halaman Kontak Kami.
  2. Nominal biaya yang harus ditransfer adalah biaya pendaftaran ditambah digit unik Anda. Misal digit unik Anda adalah 5463, maka nominal yang harus ditransfer adalah Rp. 255.463.
  3. Lakukan transfer ke:
    • BCA Kedoya Permai
      Acc No. 3721231826
      Atas Nama Nurhasanah
    • Bank Mandiri Yogyakarta
      Acc No. 137-0098154608
      Atas Nama ADITYO HIDAYAT

Jumlah peserta terbatas, maksimal hanya 150 orang. Agar dapat segera dipastikan keikutsertaan (sebagai Peserta Terdaftar) dalam event ini, sebaiknya mendaftar dan transfer dilakukan di hari yang sama.

Silakan KDR dibandingkan dengan kursus/workshop serupa untuk reksadana.
pastinya hanya KDR yang memberikan materi financial planning sebagai
pelengkap technical analysis. jika kursus lain mengenai biaya 250rb
untuk 3 jam, maka total sesi waktu di KDR adalah 8 jam untuk nominal yg sama.

Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang Community Gathering, sebuah kesempatan bagi rekan sekalian untuk berdiskusi live dengan para Legenda PortalReksadana.

KDR akan terus diselenggarakan secara berkala di berbagai kota
Indonesia, sesuai dengan availability narasumbernya. So, bagi rekan
yang belum bisa mengikuti kegiatan perdana ini, besar kemungkinan bisa
mengikuti KDR berikutnya.

Terima kasih juga kepada para mitra perusahaan sekuritas yang memberikan dukungan dalam bentuk merchandise dan doorprize. Mereka yang berpartisipasi adalah:

  • Trimegah, memberikan 4 buah doorprize berupa Reksadana TRIM Kapital masing-masing senilai Rp. 500.000.
  • Treasure Fund Investama, memberikan 8 (baca: delapan!) buah doorprize berupa Reksadana X-Tra Dana Dinamis masing-masing senilai Rp. 500.000.

So, jangan lewatkan kesempatan ini. Pastikan membawa kartunama untuk pengundian doorprize :)

Tetap Semangat! ™


Kursus Dasar Reksadana turut didukung oleh:

 

 

Comments

kecewa dengan bapepamLK

Xeal's picture

Kuciwa banget... sudah beberapa puluh bulan ini, PUSAT INFORMASI REKSADANA masih dalam perbaikan.

Emangnya apanya yg rusak yah?

Om gebet, bisa bantu ga ?
Kok mengecewakan banget...masa badan pengawas tidak bisa informatif.

(btw, mudah2an ane bukan dianggap "prita" ke-2....:peace: )

I feel like donkey....

Xeal's picture

Hehehe.. itu pernyataan saya terhadap diri sendiri.
Saya sudah ikut KDR 1 & 2 dimana banyak sekali masukan2 mengenai apa sih makhluk yang disebut Reksadana.
Tapi jujur saja, saya pedas2 cabe rawit... hanya semangat di beberapa bulan saja, mantau NAV,dll.

Tapi saya terjebak oleh suatu kondisi dimana ketakutan muncul disaat harga2 saham IHSG jatuh berguguran pada 2008 - 2009 (saya mengambil reksadana saham MITRA-FORTIS-PNM SYARIAH).
NAB RDS koleksi saya nilainya hilang hampir 50%...sampai2 saya tidak berani membuka PortalRD & web infovesta.

Saya tidak panik, tapi saya takut, ragu dan bingung..padahal saya sudah diberikan "wejangan" oleh para suhu2 di KDR & PortalRD.
Sudah sering dikatakan bahwa, jika harga nya murah...itu saatnya kita belanja. :)

Saya sudah membiarkan kesempatan itu berlalu begitu saja dan ini akan menjadi pengalaman berharga bagi saya untuk rencan ke depannya dimana saya sudah mengalami masa BERUANG & BANTENG.

Mungkin kesimpulan yang saya bisa ambil (dari pengalaman & kata2 mutiara dari suhu RD) adalah:

1. Alokasi Dana
Ini basic sekali, jika tidak ada dana bagimana kita mau memulai investasi. Katanya sih ada baiknya sejak gaji diterima di rekening , diusahakan langsung disisihkan untuk investasi... jangan lama2 nginep di rekening gaji.hehehe.

2. Pilih sesuai dengan rencana. Apakah kita hanya ingin investas sebagai penganti tabungan ? sebagai dana untuk DP mobil, DP KPR, atau liburan untuk beberapa tahun kemudian ? atau sebagai dana pensiun ?

( masih menjadi pertanyaan di saya, Jika sekarang saya mengambil FOrtis Ekuitas untuk dana pensiun, kira2 30 tahun lagi apa masih ada MI & reksadananya yah ?? :p )

3. Displin
Stick with the plan. Apapun yang naik pasti turun - vice versa.

Itu aja sih yang bisa saya sharing ke sahabat di portalRD..
Semoga saya tidak menjadi keledai lagi...
God Bless U Always

Thn 2005 sy pernah bc ttg RD

v_budi's picture

Thn 2005 sy pernah bc ttg RD tp ga trlalu ngrti jd ga pernah invest. Br awal feb kmrn ktmu PRD jd ngrti ttg RD. Stlh bc2 postingn member disini ttg kejadian thn08 kmrn, sy ambl kesimpulan: kalo ada krisis lg, mdg cpt2 diredemp dlu. Naik turunny NAB gpp yg pntg jgn jatuh bngt. Tp katanya thn05 industri RD diindo prnh crash y? Sebabny apa y? Ada yg tau ga? Pertengahan bln ini br invest diRDS F.E dibank DNMN. Agak telat sih krn sinyal buy sdh dr awal maret kan. Soalny CW bank disini msh blm dpt ijin broperasi dr BI pdhl sy sdh wait dr pertghn feb. So msk wkt IHSG sdh 2742. Anehnya kok NABny tumbuhny pelan ya? IHSG sdh 2,5% tp NABny br tmbh 1,85%. Pdhl yg laen sdh hmpr 4%. Ga spt Schdr,MnLf. Pdhl bln feb kmrn mlh lbh bgsn F.E apa krn bny yg redemp ya jd NABny trgerus. Bnr ga? Thx

Kpn KDR 2010 ?

v_budi's picture

Kpn KDR 2010 diadakan nih? Klo pesertanya bny, mgk bs diadakan tiap akhr bulan kali ya? Jd kita bisa pilih mo ikut yg bulan apa gt. Thx

iya...kapan neh.

Xeal's picture

iya...kapan neh.

KDR

gani's picture

kalo ada lagi pokoknya harus ikut

KDR Kapan Lagi Ya.

taslin's picture

KDR di jakarta untuk bulan agustus ada lagi kapan ya? momentnya bagus nih... bulan kemerdekaan.
Go Financial Freedom !!

momen "rekor" IHSG juga...

autogebet's picture

momennya juga bagus, IHSG mencapai rekor terendah sepanjang 2008 :)

jadi ingat, dulu pas KDR perdana juga momennya serupa :)

Go KDR!

Kesempatan Emas

barkah's picture

Wah kalo gitu sekarang saat yang cukup tepat untuk melakukan top up terutama untuk RDS. Sayangnya saat ini lagi kekurangan dana. Maklum aja "gaji" bulanan buat mahasiswa belum dapet. :D

KDR ... kurindu padamu ...

Passion4U's picture

Ane sebenarnya sangat ingin KDR diadakan lagi ... cuma masalahnya adalah memang tidak mudah menciptakan momen KDR, karena para pengurus KDR dan pengajar KDRnya kebanyakan adalah profesional yang juga punya kesibukan di kantor ... so ane memang merasa sangat tidak mudah untuk menyatukan seluruh schedulle pihak yang terkait ...

so memang saat ketemu terakhir sama bro gebet, bro dunkz dan bro pekerjasdm, kita berkesimpulan memang event "In House KDR" lebih achieveable untuk dilakukan lebih sering ... karena kita tidak perlu diribetkan dengan pemilihan tempat, catering, payment, perbanyakan materi, dsb. Cukup tentukan waktu dan datang saja ... urusan yang lain sudah diatur oleh yang mengundang ... 

Ini bukan berarti KDR nggak akan ada lagi ya ... KDR pasti akan ada terus dan akan kita usahakan sesering mungkin ... mudah-mudahan aja sis Nur-Waves (the magnificent Event Organizer ... gile kayaknya sis kita ini lebih bagus punya EO company dech ...) mendengarkan keluhan para member di sini dan tergerak untuk mengkoordinir KDR lagi ... sis Nur ... ditanyain terus tuch hehehe

Seorang Newbie - P a s s i o n 4 U

Don't walk in front of me, I may not follow. Don't walk behind me, I may not lead. Walk beside me and be my friend.

KDR

Risyadmum's picture

Ups, yang magnificent adalah tim panitia plus pembicara KDR, Om. Sebenarnya saya sudah pernah buatkan schedule KDR 2, KDR 3 serta Kursus RD Tingkat lanjut 1 & 2 , plan untuk eksekusi September 2008 s.d 2009, schedule sdh saya email ke bos Gebet pas bulan Juni ya,bos?

Kembali ke masalah koordinasi pengurus & pembicara yang agak ribet mencocokannya, plan ini pun agak terlantar. Mudah-mudahan KDR inhouse bisa jadi alternatif untuk mengakomodir kebutuhan limited audience.

Sementara ini, yang kita lakukan adalah melakukan approach ke beberapa tokoh besar di dunia reksadana Indonesia dan MI untuk support next KDR. Bantuin doa ya, supaya bisa dapat partisipan dari MI, syukur-syukur dari APRDI langsung.

In House KDR

rdlshell's picture

Bro, syaratnya untuk mengadakan In House KDR  apa saja? apa hanya untuk member portalreksadana saja, ato bisa undang untuk kasi pencerahan di kantor2?

Rina DL

Peserta CFP batch 3

Persyaratan KDR In-House

autogebet's picture

KDR In-House tentu terbuka utk publik, tidak terbatas hanya pada member PortalReksadana saja. KDR In-House ini bisa menjadi salah satu sesi pengembangan SDM yang menjadi program kerja perusahaan pada umumnya.

KDR In-House ini akan menghadirkan langsung para kontributor yang legendaris. Persyaratannya: venue, viewer/infocus, dan konsumsi disediakan oleh pihak pengundang. Jumlah peserta minimal adalah 25 orang. Ini menjadikan biaya penyelenggaraan tidak sebesar KDR, bahkan bisa much reduced jika peserta mencapai 50 orang.

More details ttg jadwal dan sebagainya, langsung via Kontak Kami saja ya :)

oh btw; details materi KDR In-House akan terpublish dalam waktu yang sangat dekat sekali :D 

Tetap Semangat!

In house KDR

rdlshell's picture

Ditunggu KDR nya... yang inhouse boleh juga tuh... nanti saya langsung hubungi ya,

Rina DL

Peserta CFP batch 3

KDR

Mimma Rukmi Sutisna's picture

Ditunggu KDR berikutnya!!! :P
Semoga dlm wkt dekat. 8)

kapan ada..lagi...

nanok_putussibau's picture

kapan KDR ada lagi......

KDR II

mupenx's picture

Kapan lagi nih bro, klo bisa materinya sama dengan KDR I. Klo beda lagi dan ga ngikutin dari awal kan bisa puyeng kepala.... :D

adain lagi donk..

momrara's picture

adain lagi donk.. KDR 2 di jakarta.. telat nih tau-nya maklum baru melek reksadana belakangan ini aja itu pun blm melotot masih aga2 merem juga..

@ bro gebet

abucyber's picture

iya bro, kapan mo KDR2. ilmu takkan habis karena dibagi lho bro,,,
ohya bro, thx uda di balas yg kemarin.
RDS Syariah di fortis n schroder first subscriptionnya tau gak bro? skalian switch n redempt fee nya ya bro.
. : _syariah_only_otista_ : .

Plan lagi trend

Agus Mulia's picture

+ Kalau membaca suara investor pasca KDR 1 seminggu ini, kubu F Planning tampak lebih dominan dibanding TA - hampir semua berlomba membuat program pensiun, tapi relatif sedikit membahas TA. Ini mirip dugaan seorang pengamat pasar modal yg menulis di koran Kontan tahun lalu - bahwa  "planning"  lagi trend menggantikan "timing" diinvestasi RD kita. Bukan soal benar salah, tetapi soal trend saja. Setelah ajakan Mas Eko untuk berubah, hari ini disusul ajakan mari ber-diversifikasi. Aliran fundamental lagi dapat angin segar rupanya. 

Financial planning lagi tren

sayogo's picture

Bro, sebenarnya kurang tepat kalau dibilang FP lebih dominan dibanding TA. FP adalah ilmu dasar untuk merencanakan finansial pribadi untuk mencapai tujuan keuangan, baik jangka pendek, menengah atau panjang (lihat makalah bro Eko). Jadi FP adalah ilmu "hulu" yang seharusnya diketahui oleh semua orang yang ingin berinvestasi di produk keuangan, disesuaikan dengan profil risiko masing-masing. Sebenarnya FP juga hanya merupakan bagian ilmu yang sekarang dikenal dengan nama wealth management. Jangan lupa investasi bukan hanya di produk keuangan saja.

Di KDR yang lalu, ilmu hulu ini tidak dilanjutkan, misalnya bagaimana memilih produk keuangan yang sesuai dengan profil risiko masing-masing. Karena itu banyak pertanyaan seputar hal ini, yang tentu saja tidak dapat dijawab sepenuhnya oleh bro Eko, karena memerlukan waktu yang panjang sehingga memerlukan kursus yang lain. Sebagaimana kita ketahui produk keuangan yang dapat diinvestasi sangat beragam: mulai dari deposito, ORI, valas, reksadana dengan berbagai jenisnya, saham, trading indeks dll. Bahkan asuransi karena merupakan produk keuangan, ada juga yang memasukkannya dalam investasi (khususnya investasi untuk proteksi), termasuk unitlink. Kesimpulannya: buat dulu FP, baru kita tentukan jenis investasi keuangan yang cocok dengan profil risiko dan tujuan kita.

Sedangkan TA dimaksudkan untuk memprediksi kondisi pasar, apakah naik atau turun. Cikal bakal TA memang pertama kali digunakan untuk memprediksi pasar beras di Jepang oleh Homma abad ke 18 (dengan metode candle stick). Silahkan melihat kembali makalah bro Passion4U. Jadi merupakan ilmu "hilir", artinya yang harus diterapkan kalau kita menginginkan mendapatkan hasil yang optimal. Disamping TA otomatis diperlukan ilmu yang lain, yaitu FA. Kalau kita mengambil contoh pasar beras tadi, FA harus kita kuasai untuk mengetahui misalnya kapan panen raya, kapan produksi beras paling minim dll. Tapi kalau kita mau menjadi seorang swing trader murni, faktor FA ini dapat saja diabaikan, karena hanya fokus pada prediksi TA. Ini berarti kita harus menguasai semua ilmu TA, karena tidak ada satu metode TA yang akurat 100 %. Jadi saran bro Passion4U sangat relevan: "Catat setiap action anda dan belajar dari kesalahan. Teruslah belajar". Steven Cohen si jenius TA saja hanya merupakan orang terkaya kelas 200 an di Amerika. Bandingkan dengan Warren Buffet yang menjadi orang terkaya nomor 1 didunia, karena memperhitungkan FA dan TA. Om Buffet ini pasti jagoan TA, walaupun bukan swing trader, karena dapat memprediksi kapan saat yang tepat untuk membeli saham yang dipilihnya, yaitu pada saat harganya paling rendah. Karena itu Om Buffet sering dalam 1 tahun tidak mengadakan aksi apa-apa, karena menurut TA waktunya belum cocok. Kesimpulannya: TA hanya cocok kalau kita memilih berinvestasi pada produk keuangan yang tergantung pasar.

Celah yang ada antara ilmu hulu (FP) dan hilir (TA) inilah yang sebaiknya ditutup, yaitu dengan mengadakan KDR II dengan topik yang berbeda, terutama yang menghubungkan antara hulu dan hilir tadi. Misalnya: Pilihan investasi disesuaikan dengan profil risiko, Cara memulai berinvestasi di reksadana, Pilihan reksadana sesuai profil risiko, FA yang perlu diketahui ketika berinvestasi di saham atau reksadana dll. Mudah-mudahan para suhu mau membagi ilmunya bagi kita semua.

Re : Plan lagi trend

Tukul's picture

he he he

Mas Agus...mungkin falsafah "failed to plan = plan to failed" sudah terbukti dgn trend posting FP tsb. Sebenarnya dgn bursa yg "ajrut2an", menarik untuk ngikuti prediksi advance Technical Analyst dari Bro Passion.

Hitung2an sederhana ane (sorry kalo salah, namanya juga belajar :) ) : IHSG tertinggi sebulan terakhir tggl 27 Maret di 2477,59, terendah tggl 9 April di 2180,09. Dgn IHSG kemarin di 2349,27 maka support 2 di 2328 sudah tembus, sekarang coba untuk mendekati resistance 2376. Jika tembus lagi, maka 2376 akan jadi support untuk mencoba menuju ke 2477.59

Jika prediksi para pengamat pasar bahwa akhir tahun bisa dapat 3000 dan itu benar, maka ini saatnya untuk kembali top up RDS. Dengan selisih poin 700an (3000an - 2300an), maka akan ada potensi return sebesar 30an%

Ayo top up lagi :)

Salam,
Pemula

Album Foto KDR is now available...

autogebet's picture

rekans, galeri foto PortalReksadana.com dapat diakses dari menu kiri Navigasi berjudul "Gallery". singkatnya, bs lgsng klik ke:

http://www.portalreksadana.com/?q=gallery

Tampilan masih sedikit "nabrak2", nanti sy perbaiki lagi. Lebih kurang baru bs sy upload separuh foto, krn sy harus resize ke resolusi yg lebih moderat (biar upload lbh cepet). jika rekans ada yg request foto aslinya (high-res, 2-3MB per file) silakan kontak via halaman Kontak Kami.

oh btw; jika foto2 tsb ingin di-save, harus via "Add to Cart". nanti bs dipilih action "Download in Zip".

selamat menikmati :)

 

Jogja..Jogja..Jogja

ballerinna's picture

Ayo donk adain di jogja,,,,

kita bantu dech masalah tempat

 

Regards

Aji

KDR Media Expose: Investor Daily

autogebet's picture

maaf baru sekarang sempat di-scan, walau dalam bentuk foto dan caption, KDR sdh termuat di Investor Daily edisi Senin 14 April 2008.

 

 

beruntunglah bro Made dan Eko Endarto yang difoto dengan sudut yang pas :)

Terima kasih untuk Investor Daily atas liputannya.

saya boleh copy fotonya kan ?

rfirmans's picture

bro gebet,

barusan saya copy bbrp foto KDR, bolehkan ?
kalo boleh ... yah maturrrrnuwwwwuuunnnnnnn
kalo nggak boleh ... yah saya kembalikan :(

rfirmans at niafirman.com

Semua foto bebas dicopy...

autogebet's picture

semua foto boleh lah dicopy, sedot aja semua... nanti kl sisanya dah diupload sy kabarin lg deh.

foto2 lain mana?

nico2's picture

Investor Kecil

Bro auto gebet ... foto yang lain saat KDR mana kok blom di up loud.. kita kan ingin narsis juga hehehe

Foto KDR masih dalam proses...

autogebet's picture

wah kl soal narsis, sy jg pengen narsis :p

foto2 ini masih dlm proses editing oleh sis Almazia (atau mas Bayu sang fotografer). saya sendiri blm menerima CD nya. segera sesudah saya terima, pastinya akn sy upload dlm gallery tersendiri.

Tetap Semangaaat!™

Contoh Perhitungan Pensiun dari Eko Endarto

autogebet's picture

rekans, bro Eko Endarto sudah mengirimkan contoh perhitungan pensiun yang kemarin "sangat hangat" kita diskusikan :)

kali ini, perhitungan sudah dalam bentuk file excel. file dapat diakses pada attachment artikel ini, atau singkatnya bs saja langsung download di:

http://www.portalreksadana.com/files/contoh_hitung_pensiun.xls

bro Eko Endarto, terima kasih ya...

??

jewe's picture

 

 

 

KDR Jogja

dijhee_muach's picture

jogjaaaaaa.......

jogjaaaaaa.......

jogjaaaaaa.......;P ;-P :winktongue:

Re: Contoh Perhitungan Pensiun dari Eko Endarto

sbastian's picture

Thank banget bro..akhirnya gw yg gak bisa ikutan, bisa kecipratan oleh2 KDR...Saya usulkan bagaimana kalau topik ini diangkat jadi artikel tersendiri? jangan nyampur di di artikel KDR ini...

 

Kejutan TFI, doorprize naik jadi 1 juta rupiah!

Risyadmum's picture

Siang ini ada telepon kejutan dari marketing manager Treasure Fund Investama, Bpk. Didi Hernandi, bahwa 8 peserta KDR1 pemenang account Reksadana campuran X-tradana Dinamis tanggal 12 April kemarin, mendapat tambahan hadiah sebesar Rp. 500.000 lagi. Jadi, total nialai account masing-masing adalah Rp.1000.000 !!!

Sepertinya TFI belum puas berbaik hati di KDR 1 kemarin. Sekali lagi Terima kasih Pak Didi, Pak Tjahjo, Pak Joko, dan pak Hendri.

Oh iya, untuk seluruh peserta KDR 1, jangan lupa TFI memberikan khusus fee subscribe 0%. Gunakan kesempatan baik ini, guys.

Fahmi, sudah subscribe?

 

Wah mantap banget tuh yang

Fahmi Aljaidy's picture

Wah mantap banget tuh yang dapet doorprice.. :-)

Btw aku kemarin senin ke Comwealth.. buka comsave sekalian masuk reksadana... telat yah aku tahunya...

Tapi terima kasih atas infonya sis risyadmum..

kapan nih akan ada KDR lanjutan...? ya mungkin dengan tema technical analysis.. hehehe... sekarang lagi belajar MACD nih... tapi masih belum mudeng...

TOP buat portalreksadana.com

Fi

Hanya satu kata untuk KDR1

girikimia's picture

Hanya satu kata untuk KDR1 Dahsyat........nggak sia sia dari jogja rebutan tiket untuk ikut KDR yang ahirnya banyak menginspirasi para pemula termasuk diriku yang nggak nggeh apa itu reksadana ...Thanks to all panitia and sponsor khususnya TFI yang kasih hadiah banyak .....Salam Dahsyat Investasi ........!!!!

wow

jewe's picture

suprise bangett............thanks TFI....dan panitia Portal Reksadana. Semoga semua ilmu yang disampaikan di KDR 1 bermanfaat bagi kita semua...

Penawaran Fee Subscribe 0% bagi Peserta KDR Perdana

autogebet's picture

confirmed, saya menerima informasi ini langsung dari pak Tjahjo selaku Direktur TFI. Pesan dari beliau, semoga apa yang kita telah lakukan bersama dapat memberikan sumbangan perkembangan industri reksa dana di Indonesia.

on behalf of the community, saya menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas apresiasi dari TFI. semoga di masa mendatang bisa terus terjalin kerjasama yang baik.

peserta KDR Perdana yang berminat untuk menerima penawaran fee subscribe 0% dari Treasure Fund Investama, silakan kirimkan data melalui halaman Kontak Kami yang memuat:

  • Username dan Nama Lengkap
  • Jumlah Nominal Pembelian
  • Nomor Telepon yang dapat dihubungi

Data ini akan saya kirimkan ke pihak TFI untuk langsung di-followup.

Tetap Semangat!™

Weleh...jadi nih...hehe.

poer's picture

Weleh...jadi ngiler juga nih..hehe.

Trimegah & RDI

Xeal's picture

@ Trimegah: ikut nyusul TFi ?? 0 % subs...maybe redeem & switch :)  Pasti banyak yg tertarik juga...

@ All Bro & sis : Kemaren sempat ngobrol ma ssrg di KDR, katanya salah satu sponsor akan keluarin RDI...tapi belum tahu kapan maennya. Katanya, RDI lebih menarik dari RDS.

Ada yg bisa sharing gmana kelebihan RDI?

Maybe dari pihak MI ( khususnya Trimegah & TFI ) bisa kasih penjelasan lebih spesifik ttg RDI ??

 

Kalkulator Pensiun

pr1m1t1ve's picture

Mo sharing nich, Bros & Sis,

Kemaren buka2x rumus Bro Eko, mo ngitung persiapan pensiun. Ampe jam 11.30 masih belum ketemu tuh. Inget2x rasanya di website banking biasa ada perhitungan, ternyata cuman perhitungan future Value & Present Value.

Akhirnya ketemu juga perhitungan yg agak relevan, walau ga tau cara ngitung-nya, tapi angka yg keluar cukup masuk akal.

Buat Bros & Sis yg masih bingung boleh coba itung-itungan di :

http://www.indoexchange.com/id/layanan/fp/calculator.html

Para pakar mohon masukannya buat kita2x yg pengen tau teorinya. 

Sekian, 

Simulasi Investasi, Dana Pensiun, Investasi Berkala

andre1999's picture

Halo para investor n calon investor, kayaknya yang lebih pas itung-itungannya lebih cocok di link berikut :

http://www.danareksaonline.com/Simulasi/SimpleFV.aspx

 

nice post

jewe's picture

saya rasa sama saja dengan perhitungan mas eko, tapi di link tsb tidak ada berapa investasi kita yang harus dikeluarkan per bulannya

thanks ya infonya

TOP MARKOTOP....

batamzm's picture

Selamat dan Terima kasih untuk bro2 and sis2 panitia yang sudah bersedia meluangkan waktu, tenaga dan pikirannya untuk set-up acara KDR I sabtu lalu. Ane gak bisa kasih comment banyak selain TOP MARKOTOP deh....

hanya saja seperti beberapa postingan sebelumnya, kayaknya waktunya kurang karena pemateri bro eko_035 dan bro passion4u agak terburu-buru bawain materinya. tapi gak masalah karena yang berat itu kan persneling I, kalo udah masuk ke II dst mudah2an lebih gampang.. mudah2an bisa jadi evaluasi untuk KDR selanjutnya. despite of that ilmu yang diberikan sama kedua pemateri kita ini jelas sangat bermanfaat dan mudah2an bisa dipraktekkan oleh peserta. Thanks a lot bro eko_035 and bro passion4u, semoga dibalas pahala yang setimpal oleh Yang Maha Kuasa.

oh iya, kemaren kayaknya panitia pake seragam ya...?? kalo boleh beli dimana ya? saran aja nih buat bro Gebet, gimana kalo kaos yang kemaren dipake bro2 dan sis2 panitia bisa dicetak banyak dan dijual kepada member... yah itung2 jadi seragamnya community portalreksadana....

btw, untuk salah satu sis yang kasih info mengenai bloomberg, ane barusan coba dan sign up jadi member, ternyata gratis lho. dan untuk teman2 yang invest di RDS Syariah, disana juga ada chart untuk JII, tapi bukan candlestick seperti yang dijelaskan bro passion4u kemaren melainkan OHLC. at least ada chart-nya kan??

 

Regards,

 

batamzm 

personal review KDR

hardyano's picture

SELAMAT untuk Bro & Sis panitia KDR.
Acara berlangsung lancar,akrab dan meriah.
Saya merasa berada di dalam suatu komunitas yang sangat konstruktif kemarin.
Bro Eko menyampaikan dasar FP yang memang sangat penting walaupun rada keder dengan tabel-tabel yang dibawakan sendiri.
Lalu Bro Passion4U yang spesialis RD saham plus jurus jurus maut dasar analisa.
Sayang sekali, jam 15.00 saya tinggalkan KDR karena ada acara lain.

Namun secara pribadi, saya merasa belum puas dengam materi.
Buat saya Bro Eko terlalu dasar, lalu Bro Passion4U terlalu tinggi
mengawang. Persamaan keduanya : terburu/diburu waktu kayak sinetron
kejar tayang.

Saya belum punya RD dan ingin sekali invest di RD campuran & RD Saham .
Setelah KDR saya tetap bingung mau pilih manajer investasi mana, RD
Campuran yang OK mana, RD saham yang OK mana, Bagaimana mekanisme
pembelia/penjualan RD, Biaya biaya apa saja, Istilah2 RD
(Redeem/dormant/selling/etc) Baca prospektus gimana ? Sharing yang udah
punya spt apa ? Pernah ada penipuankah?

Jadi sebenarnya di KDR saya ingin dapat info how to enter RD.
Saya takjub ada peserta dari Surabaya yang khusus datang untuk KDR dan ternyata sama spt saya : belum punya RD.

Sayang sekali panitia tidak membuat kuesioner awal yang memuat latar
belakang peserta KDR sehingga bisa diketahui tingkat pengetahuan dan
harapan maupun masukan buat portal RD sendiri. Jadi buat KDR2
tidak ada lagi peserta yang tetap bingung spt saya.
Katanya KDR tapi kok istilah RD masih gak mudeng. Kasian deh kita.

BTW, hari ini saya nekat ke CW Bank. Saya bilang mau ikut RD lalu si CS kasih daftar RD yang bisa dipilih.
Nah tuh daftar ada 37 macam RD. Tambah bingung khan.
Lalu di-infokan bahwa sekarang saatnya beli beli RD saham karena sedang turun.
Nah lo. Kalo saya beli terus tetap turun gimana ?
Akhirnya saya bawa pulang dulu tuh daftar buat saya renungkan bersama
anak saya yang masih 4 tahun yang kemarin sabtu saya tinggalkan khusus
untuk KDR.

Mohon portal RD meng-akomodate new entry person maupun yang mau masuk RD di KDR2. Kasian udah bayar tetep bingung.
Tetapi kelihatannya dari comment yang saya baca semua Bilang OK ya KDR ini.
Ya sutralah. Ini kan personnal review. Harusnya dibuat juga form evaluasi di akhir sessi.

Anyway, biar bingung saya setuju motto bos Autogebet : TETAP SEMANGAT

belajar investasi = belajar berenang

lilyardas01's picture

Jadi inget pas pertama nyemplung ke dunia reksadana 2 tahun yang lalu. Bagi saya belajar berinvestasi sama aja dengan belajar berenang. Nyemplung aja dulu, sambil belajar, istilah kerennya learning by doing.

Dulu pertama kali saya ambil reksadana di Danareksa dan PNM, alesannya sederhana: soalnya dua2nya BUMN. Kemaren ngobrol ama Karajohebat, dia buka di Batasa karena temennya kerja di sana hehehe... alesan kita berdua gak penting banget ya.

Anyway, setelah nyemplung di danareksa dan pnm, baru deh makin aware ama per-reksadana-an, and banyak belajar via portal top markotop ini :D... Mulai deh ngeh tentang top 10 reksadana terbaik dan reksadana terpopuler.

Btw karena orientasi saya reksadana syariah, pilihannya jadi lebih sempit, or bisa dibilang tingkat kebingungan mo milih reksadana yang mana jadi lebih rendah :D

Saya pribadi gak selamanya bergantung kepada reksadana terpopuler dan reksadana terbaik, karena ada faktor lain yang juga penting buat saya, yaitu kemudahan akses. Biarpun Danareksa performance-nya gak se-ok Mandiri misalnya, tapi tetep aja saya stay tune di Danareksa daripada Mandiri. Soalnya ngurusin Danareksa ini cukup berada di depan internet aja, bisa autodebet pula (bukan autogebet lho!).  Gak perlu repot2 pake isi form tulis tangan, kirim pake pos atau fax seperti di Mandiri

Faktor lainnya? Which is faktor utama (bagi saya). Tujuan investasi seperti yang disampein mas Eko kemaren. Misalnya target investasi untuk dana pensiun growth-nya 35%, and itu dah bisa dicapai dengan reksadana saya di PNM, saya mah sebodo teuing kalo Fortis ternyata bisa kasih 80% di 2007 kemaren. Toh tak selamanya Fortis akan stay terus di 80%.

Mo pindah2 mulu, takutnya malah puyeng, secara saya punya 1 account reksadana untuk pensiun, 1 account reksadana untuk pendidikan anak, 1 account reksadana buat beli rumah, 1 account reksadana buat naik haji, (yang tersebar di beda perusahaan dan beda jenis reksadana). Kalo terus2an cari reksadana yang the best, kapan selesainya? :D

Nah, untuk sisa2 duit yang gak ada tujuannya (alias duit nganggur) baru deh saya coba2 melangkah melalui technical analysis ala passion4u

Kalo gak salah di sesi tanya jawab kemaren ada juga yang tanya gimana caranya memulai reksadana and tentang ketakutan saham yang turun terus sekarang ini.

Intinya sih bagi saya, mo berinvestasi dimana itu keputusan kita sendiri, bukan keputusan orang lain walaupun mereka para pakar. And jangan lupa.. don't put your eggs in one basket.... jangan tarok semua uangmu di 1 rekening reksadana atau 1 perusahaan reksadana...

Belajar investasi @ Lilyardas

sayogo's picture

Sis, ane sependapat dengan anda, berinvestasilah dengan keputusan kita sendiri. Dari KDR, oleh bro Eko dijelaskan bahwa yang terpenting adalah kita harus mengetahui profil risiko kita. Jadi kalau anda berinvestasi di PNM, hal itu sudah benar sepanjang memang sesuai dengan profil risiko anda. Hanya saja kalau anda menyebut angka 35 % untuk return PNM, hal itu berarti yang anda maksudkan adalah PNM Syariah yang merupakan RD Campuran Syariah. Jadi jangan dibandingkan dengan Fortis ekuitas (dengan return 80 %) yang merupakan RD saham, karena tentu saja returnnya lebih tinggi walaupun risikonya juga lebih tinggi, terbukti saat pasar lagi bearish seperti sekarang, jatuhnya juga lebih besar dibanding RD Campuran.

Kalau dievaluasi, PNM Syariah masih termasuk RD campuran Syariah yang masuk 5 besar terbaik, jadi tidak perlu pusing untuk menggantinya.

Untuk investasi di RD yang baru, sis rupanya menerapkan cost averaging, artinya secara berkala membeli RD, mungkin setiap bulan sekali. Kalau ya, sebenarnya perbedaan return belum terlalu signifikan. Berbeda kalau misalnya sis akan berinvestasi di reksadana dengan dana Rp 50 juta atau lebih. Sudah pasti harus lebih memperhatikan faktor return, risiko dan kapan waktu belinya (dengan TA). Jadi kalau investasi anda sudah cukup besar, maka anda perlu juga mengevaluasi kinerja RD yang anda miliki. Karena perbedaan return 10 %/th untuk Rp 50 jt, berarti Rp 5 jt. Cukup besar sis.

Ane hanya perlu mengingatkan pengertian: jangan taruh telormu di satu keranjang. Sebenarnya semua yang terkait dengan pasar modal, apakah saham, reksadana dengan berbagai jenisnya (kecuali RD pasar uang) masih dapat dianggap satu keranjang. Jadi dari faktor risiko belum aman. Kalau mau aman, harus ada yang kita investasikan di logam mulia (emas), properti, valas, atau kalau di produk keuangan di deposito atau ORI. Bagaimana perbandingannya, hal itu tergantung dari profil risiko masing-masing. Kalau anda rajin membaca Mingguan Kontan, seringkali memuat pendapat para pakar tentang diversifikasi investasi ini, terakhir dimuat di Mingguan Kontan, Minggu II April 2008. Tentu saja kita tidak perlu meniru 100 %, tapi setidaknya kita dapat menyesuaikan investasi kita sesuai profil risiko kita.

Semoga bermanfaat dan semoga investasi anda dapat mencapai tujuan.

Belajar berenang

hardyano's picture

Bro/Sis yang baik,

Sharing yang kayak gini nih yang saya harapkan. Thanks banget yah.

Kemarin saya udah buka rekening reksa dana di CW.

Trus
di-test profil saya dan bahannya mirip yang di KDR kemarin loh. Ternyata
saya cocoknya di RD campuran. Terus di arahkan ke 11 pilihan termusk
PNM syariah.

Eh ternyata tahunan PNM betul 35% yah. Biar syariah lumayan juga nih.

Saya
juga mau invest di macam-macam RD dengan MI berbeda biar belajar
berenangnya cepat. Tapi semuanya kecil kecil dula aja, kan belajar.

Nanti kalo udah tahu arahnya baru disusun porto folio yang pas.

Untuk tujuan investasi saya hampir sama dengan Bro/Sis. (Buat pensiun, Beli rumah dan pendidikan anak)

Saya juga harus rajin belajar di portal ini, karena ternyata orang orangnya sangat konstruktif dan mau berbagi pengalaman.

Sekali lagi thanks atas sharing-nya.

Bravo PRD

 

belajar berenang

dijhee_muach's picture

betul sekali

ane jg baru tau RD baru 2 bulan yang lalu

waktu itu ane iseng2 buka portal ini n tertarik,baca2 dikit trus 2 minggu kemudian ane langsung dech ane melangkahkan kaki ke mandiri buka mitras, padahal saat itu ane jg lum tau bgt (sekarang juga masih sama hehehe), dari situ ane mulai belajar, ya cari buku, cari info MI, dll

kenapa!!!

karena ane udah ikut RD jd ada semangat biar ane g rugi, minimal ane tau sesuatu yang ane lakukan, g asal ikutan karena ane tau klo kelamaan mikir ane jd jenggotan n males2an, trus g jd dech ikut RD.

yang pasti ane jd tau RD,TA,FA, dll dari portal ini, walaupun baru belajar hehehe

matur sembah nuwun bgt atas smua sharing2nya

wis pokok'e gue suka gaya potal RD ini lah

 

kutunggu dikau KDR jogjaaaaaaa......... 

 

 

Memilih RD terbaik

renaisanto's picture

Bro, kalau KDR menganjurkan beli RD A atau RD B, itukan berarti udah pesan sponsor dong. Ingat, portalreksadana kita kan Komunitas Independen, yang justru menjadi kekuatan utama dari portalrd. Untuk panduan Bro memilih RD mana yang sebaiknya bro beli, udah sering banget disinggung-singgung di diskusi ini oleh bro-bro yang lain. Paling gampang Bro bisa lihat di 10 Besar Kinerja Reksadana Terbaik & 10 Besar Reksadana Populer. How to enter-nya Bro udah bisa sendiri tuh, salah satunya lewat Bank CW itu. Nah untuk when to enter-nya itulah yang kemarin dibawakan dengan ciamiik oleh Bro Passion4u, sayang sekali Bro sudah meninggalkan acara ketika diskusi sedang hangat-hangatnya. Sebenarnya hal-hal seperti ini dapat ditanyakan puasnya kepada para narasumber. Adapun waktu presentasi dari masing-masing narasumber yang terasa cukup singkat memang dikarenakan kita meluangkan waktu lebih banyak untuk sesi diskusi dan tanya jawab, yang memang sangat meriah sehingga itupun tidak semua pertanyaan dari bro & sis peserta dapat diakomodasi. Nah, bagi yang belum puas, dipersilahkan untuk dilanjutkan disini, semua uneq-uneq pasti diakomodasi dan semoga dapat cepat ditanggapi oleh Bro & Sis yang lain.
KDR ini kan dibuat dari kita, oleh kita dan di customized untuk kita, so masukan-masukan dari Bro & Sis Sekalian akan menentukan format pelaksanaan KDR-KDR berikutnya yang akan diselenggarakan. Akhir kata saya setuju dengan kata-kata Bro yang terakhir : "Tetap Semangat"
Sekilas Info : Foto + Caption KDR dimuat di harian Investor Daily hari ini, senin, 14 April 2008, di hal 10.

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.