Investasi Reksadana yang Mudah dan Murah

ito's picture

Sekedar tips praktis, mungkin berguna bagi investor pemula dengan dana terbatas.

Ada baiknya kita mulai mencermati biaya-biaya investasi yang menjadi beban investor diantaranya adalah:

  1. Biaya pembelian dan penjualan : umum diterapkan oleh MI
  2. Biaya transfer
  3. Biaya fax bukti setoran dan form pembelian/penjualan

Point 1 sudah umum diterapkan sehingga yang perlu dicermati adalah biaya no 2 dan 3, apalagi bila kemampuan investasi kita antara 100 rb s/d 1 jt/bln. Apabila dihitung biaya transfer dan fax terhadap total investasi akan sangat besar.

Ingin mulai investasi reksadana? Lihat dulu rekening bank yang anda miliki... Berikut tips-tips cara investasi murah berdasarkan pengalaman dan survey pribadi:

1. Punya rekening Niaga

  • Efisien bila akan investasi di produk dari Manajer Investasi TRIM, Prospera, Jisawi, BNI Sekuritas dimana bank kustodian produk RD tsb diatas adalah bank Niaga. Sehingga bisa transfer via ATM (biaya = 0, krn antar rekening Niaga) dan diterima real time, sehingga keinginan market timing bisa diakomodasi.
  • Biaya transfer saat redeemption juga = 0
  • Terutama untuk TRIM dan BNI Sekuritas, dimana mempunyai kantor-kantor cabang di banyak kota maka biaya fax juga bisa 0. Caranya struk bukti transfer ATM tsb diserahkan ke cabang ybs dan proses selanjutnya (fax ke kantor pusat) akan dikerjakan oleh kantor cabang tsb.
  • Untuk Jisawi dan Prospera terpaksa harus mengeluarkan biaya fax.
  • Khusus produk TRIM Syariah dan Kombinasi 2, karena mempunyai bank kustodian bank asing maka bisa diakali dengan buka 2 rekening: TRIM Kas 2 dan TRIM Syariah/Kombinasi 2. Transfer pertama ke rekening TRIM Kas 2 (dimana bank kustodian Niaga shg biaya = 0) kemudian dialihkan ke TRIM Syariah/Kombinasi 2. Tetapi kerugiannya adalah market timing tidak bisa dipastikan karena pengalihan dari TRIM Kas 2 ke TRIM Syariah/Kombinasi 2 membutuhkan waktu H+3.

2. Punya rekening BCA

  • Efisien bila investasi di produk dari MAMI, karena meskipun bank kustodian-nya asing namun punya rekening sekunder BCA. Transfer via ATM akan diterima secara real time sehingga keperluan market timing bisa diakomodir.
  • Kantor Asuransi Manulife juga relatif banyak dibuka di berbagai kota sehingga biaya fax bisa diakali.
  • Kendalanya: harus tahan malu (berkeras bahwa minimum pembelian produk MAMI adalah 100 rb) dan tahan godaan dari agen penjual, karena biasanya condong menawarkan produk asuransi.
  • Kekurangan: ada biaya administrasi penutupan, jd kalo kita menutup redeemption all unit maka akan dipotong 20 rb.

3. Punya rekening Mandiri

  • Bank ini menjadi agen penjual dari 9 MI yaitu Danareksa, Manulife, Nikko (non RDS), Mandiri Investasi, Batavia Prosperindo, ABN Amro, Schroder dan Bahana (non RDS).
  • Efisien karena bebas biaya transfer, cukup mengisi aplikasi pembelian dan market timing dijamin. Artinya, aplikasi diajukan sebelum pk. 13.00 WIB maka akan mendapatkan NAB hari itu.
  • Ada program menarik, yaitu pembelian reguler tiap bulan dengan cara debet rekening.
  • Namun perlu dikonfirmasi lagi apakah ada bea transfer dari bank kustodian ke rekening investor saat melakukan redeemption.

Dengan alternatif 3 cara tsb, maka beban biaya yang ditanggung adalah administrasi rekening tabungan tiap bulan yaitu 7500 rb s/d 12500 rb. Ada alternatif lain yang menarik, yaitu mempunyai rekening Commonwealth Bank dengan keuntungan sbb:

  1. Supermarket reksadana termasuk dari MI asing ( Fortis, First State, Schroder) dengan minimal pembelian terjangkau tergantung dengan jenis reksadana yang dipilih.
  2. Biaya bulanan cuma 6 rb
  3. Bisa transaksi online

Tapi ada beberapa hal yg perlu dicermati yaitu:

  1. Kantor cabang di kota besar saja, sehingga agak menyulitkan saat buka rekening.
  2. Bila kota domisili tidak ada kantor cabang akan lebih mahal karena harus buka rekening bank lain (termudah adalah BCA). Sehingga biaya makin bengkak, yaitu biaya bulanan dan transfer saat mengisi rekening CommBank.

:)D terkesan itungan banget ya? Tp coba dihitung, apabila kemampuan investasi kita adalah 500 rb/bln maka biaya transfer adalah 1% dari total investasi, bila digabung dengan biaya pembelian bisa lebih besar lagi.

 

Comments

@Ito : NAB Up2date

tuxbjm's picture

Bang Ito, thanks atas postingnya.. informatif bangett Bang.. saya sdh buka rekening di Commbank, selama ini pembelian/top up reksadana saya lakukan via CommAccess.. yang jd sedikit masalah adalah transaksi nya baru diproses keesokan harinya, jadinya NAB yg dipakai adalah NAB esok hari, bukan NAB yg tertera di account Comm Invest pada saat pembelian. mohon bantuan Bang Ito, bagaimana mensiasati agar NAB kita pada saat transaksi bener2 up2date, sehingga bila menjalankan strategi value averaging benar2 sesuai dengan yang diharapkan. satu lagi Bang, ada pernah pengalaman switch reksadana di Comm Bank ?? gimana prosesnya ya ?? terima kasih sebelumnya..

kalau subscribe sebelum jam

dunkz's picture

kalau subscribe sebelum jam 1 siang, di comm dapat NAB pada penutupan hari itu, bukan besoknya.

"invest your time before invest your money" 

visit my blog at http://warung-reksadana.blogspot.com

thanks

tuxbjm's picture

terima kasih pencerahannya Bro Dunkz,

oh..ternyata NAB yg ditampilkan di comm access itu harga penutupan sehari sebelumnya ya, soalnya bila saya top up sebelum jam 1 siang prosesnya baru selesai (baru masuk rekening comm invest) dan dapat harganya yg tampil di commaccess esok harinya...

he he he, ternyata cuma

ito's picture

he he he, ternyata cuma salah paham..

hitungan NAB adalah emang spt itu, kalo kita beli dan diproses seblm jam 13.00 WIB akan dpt NAB hari itu yg diketahui esok harinya. Kalo lebih dari jam 13.00 WIB akan dpt NAB hari besoknya, yg diketahui 2 hari setelah kita transaksi.

Sori, utk pengetahuan sy ttg

ito's picture

Sori, utk pengetahuan sy ttg Commbank dari baca web/diskusi di portal ini/telp ke cab Smg bukan dari pengalaman pribadi (dan infonya koq simpang siur)

Tp ini menarik lo: bro tuxbjm ketika top up sudah ada dana efektif di rekeningmu? kalo ada dan proses dilakukan sebelum jam 13.00 WIB mestinya dpt NAB hari itu.. tp kalo masih transfer dari bank lain (dan sistem transfernya bukan RTGS) mungkin harus menunggu dana itu efektif dulu di rekening.

Waduh, jadi sok tau nh... mungkin pembaca lain yg sudah jd nasabah Commbank bisa share metode invest via Commbank yg efektif?  

@Ito, sdh ada dana efektif

tuxbjm's picture

iya Bro, di rekening sdh ada dana efektif..

saya pernah tanya dengan CSnya CW, kalo beli sebelum jam 1 siang memang dapat harga NAB penutupan hari itu, dan kalau beli diatas jam 1 siang, diprosesnya dengan harga NAB penutupan esok harinya...please CMIIW..

mohon pencerahannya juga nih,

kalo kita sudah buka account CommInvest di CW, apakah masih bisa kita beli RD langsung ke MInya tanpa melewati CW ?? dan apakah rekening di Comminvest otomatis terupdate ??

@tuxbjm

ito's picture

teknis NAB memang spt itu, spt reply dr bro dunkz (sori, kmrn sy kira masalahnya di ada atau tidaknya dana efektif di rek). Jd kalo beli < jam 13.00 akan dpt NAB hr itu, yg diketahui pada hari berikutnya, bila > jam 13.00 akan dpt NAB hr besok, yg diketahui pada 2 hari setelah transaksi.

tergantung MI-nya, kalau Schroder/Fortis/First State tidak bisa krn MI tsb tidak melayani pembelian via non agen. Kalo yg lain spt-nya bisa. Info aja ke MI tsb kalo kita sdh punya rekening dgn nomor nasabah berapa shg saldo pasti digabung. tp buat apa sh bro? kan sudah praktis bgt via Commbank?

CW bank

rdlshell's picture

Saya nasabah CW, tapi kebetulan, saya enggak terlalu merhatiin dapat NAB nya ketika didebet dari rekening, atau besoknya. Sebelum baca-baca disini, saya enggak ngerasa penting NAB hari ini atau besok, karena tujuannya untuk jangka panjang. Tapi sekarang jadi penasaran, kok banyak yang sangat perduli dengan NAB hari ini atau Besok. Bro2 senior, tolong donk dijelaskan... apa benar ada perbedaan besar pada hasil investasinya?

Rina DL

Peserta CFP batch 3

Ngaruh buat yang perhitungan

Passion4U's picture

Sis rdlshell,

Peduli pada NAB hari ini apa besok ? 

Ya iya lah, masa ya iya dong ... Khan mulan jamilah bukan mulan jamidong .... hehehe

sorry becanda sis, buat para penganut market timing seperti ane, NAB hari ini atau besok itu sangat berarti ... kalo sis jeli di sisi kanan atas portal reksadana ini selalu ada pergerakan bursa per hari kemaren dia naik or turunnya berapa persen. Beberapa waktu terakhir ini kita bisa melihat bursa kadang naik or turun 3-4 % dalam waktu satu hari ...  artinya kalo sis telat satu hari (dapat NAB besok) kita kehilangan 3-4 % hanya karena transfer yang dilakukan setelah jam 13.00, makanya jam makan siang buat saya adalah kritis, karena saat itulah saya bisa melihat market, menganalisa technical analysis dan menentukan apakah saya mau masuk ke rd saham apa enggak (dan with berapa % dari power yang saya miliki). Customer Service ane sudah hapal dech kalo ane telpon jam 12 siang artinya ane ingin melakukan action, dia tinggal nanya ane mo berapa banyak dan dialihkan ke mana hehehe ... (beda dengan yang lain, kalo ane nggak pake fax-fax an tuch kalo mo take action ... cukup angkat telpon aja dan biarkan customer service ane yang bekerja huahahaha)

Perbedaan 3-4% dalam waktu 1 hari itu biasa dalam kondisi market sedang volatile seperti sekarang ... kalo dipikir-pikir gila juga ya bunga tabungan selama 1 tahun .... di RD saham dipertaruhkan dalam waktu 1 hari saja. Oleh karena itu NAB hari ini or NAB besok itu sangat berharga buat orang pecicilan dan perhitungan seperti ane.

Semoga ini membuka mata sis, dan menarik perhatian sis lebih lanjut untuk belajar technical analysis yang ilmunya sudah banyak ane sebar di portal reksadana ini.

Seorang Newbie - P a s s i o n 4 U

Don't walk in front of me, I may not follow. Don't walk behind me, I may not lead. Walk beside me and be my friend.

pasar skg asik ya bro

ito's picture

pasar skg asik ya bro passion 4 U...frekuensi utk market timing jd lebih sering. Seneng & puas kalo dpt NAB pas di titik terbawah, meski kuantiti pembelian kecil :)D

kalo sy sh cuma ngamatin indeks IHSG, kalo sudah 2 hari turun cuku besar (diatas 2 digit) maka perlu waspada di sesi 1..kalo indikasi turun msh turun maka sudah waktunya beli. Lmyn, biasanya rebound lagi dalam waktu 3 bln jd dpt tambahan 3-10% 

NAB hari ini atau besok

rdlshell's picture

Bener juga ya bro.. saya merhatiin yang dipojok kanan... tp suka jadi stress kalo lagi turun..jadi suka saya abaikan, kalo naek kaya beberapa hari ini sih seneng juga liatnnya. Tapi kalo saya berlaku seperti bro passion, musti perhatiin terus yah... kalo siang hari, saya sulit dapat info naik turun nab, soalnya saya seringan berada dalam kondisi meeting or dijalan.... next sya coba dengan cara bro, tapi kalo malah jadi tertunda2, saya jalanin spt yang biasa saya jalanin aja ya bro?

Soal fax... kalo manulife, saya kudu ngefax tuh.... kalo CW sih enggak pake fax.Saya belum nerapin strategi apa2 dalam invest di RD, .... tp memang sudah ada tujuan & pos2nya... kedepan mau dengan DCA. Lagi atur2 CASHFLOW.... 

Hehehe bro bilang technical analysis, saya jadi inget waktu ujian CFP tentang investasi... kayaknya saya gk lulus tuh, susah bener.Rumusnya banyak bener.... sementara otak saya isinya udah bumbu dapur smua...hehehe makasi bro... ilmu pasti sangat berguna... asal ngerti.

 

Rina DL

Peserta CFP batch 3

Gak usah Sters

barkah's picture

Kalau turun, gak usah stres dulu. Anggap aja merupakan kesempatan untuk membeli dengan harga lebih murah pada esok harinya. Asalkan dana yang tersedia memenuhi saja. :)

Biaya bulanan commonwealth

taimiyyah's picture

Biaya bulanan commonwealth bisa rp.0 kalau rekening tabungan kita kosongkan, tapi kelemahannya beli hari ini sebelum jam 13.00 dapat harga NAB besok hiks hiks.(walaupun beli langsung di kantor cabang tetap sama katanya dapt harga NAB besok)

btw: kalau sudah beli schroder(produk yg sama) di commwealth trus kita beli lagi di bank mandiri apakah akun kita otomatis digabungkan di MI nya ?

Tutup CW

barkah's picture

Kalau saldo kita Rp 0 di CW, emangnya rekening kita gak otomatis ditutup yah seperti BCA dan Mandiri?

biaya transfer antar bank

hdedy's picture

Misalnya kita buka rekening di commonwealth terus kalau kita redeem / switch reksadana sedangkan bank kustodian reksadana tersebut bukan commonwealth berarti otomatis kena biaya transfer tidak?

tp katanya ada bea meterei

ito's picture

tp katanya ada bea meterei 6rb/bln, ada pembaca lain yg share kalo bea meterai gak pasti tiap bulan :)D jd bingung, tp logikanya bea meterei harusnya ada kalo ada transaksi jd mungkin bea itu akan timbul bila kita ada transaksi di bulan tsb.

Utk kasus NAB (ini beneran menarik lho), coba cek dulu kalo ada dana efektif di rekening kita dan proses pembelian di bawah 13.00 WIB harusnya dpt NAB hari itu... tp kalo dana itu baru kita transfer dari bank lain, ya perlu dilihat lagi dan tsb efektif kapan krn kalo pengen dana efektif real time hrs pake sistem RTGS yg bea transfernya lebih mahal (25 rb).

Utk kasus Mandiri, logikanya (kalo RD yg dibeli sama) dan data nasabah sama mestinya bisa digabung oleh MI-nya. Lebih amannya, konfirmasi ke CS Mandiri sambil bawa no nasabah dari Commbank dan minta rekening kita disamakan. Mestinya bisa sh.. 

Ooooohhh ini mungkin yg

taimiyyah's picture

Ooooohhh ini mungkin yg dimaksud oleh CS bank harga besok ya?
berarti kita ngga mungkin bisa beli dg harga yg tertera hari ini ( itu adalah harga kemaren), gitu ya?
yg saya maksud biaya bulanan di atas adalah bea meterai, sedangkan biaya administrasi tidak ada katanya dan saya baru pertama kali terima rekening koran, tidak kena biaya apa2 karena saldo waktu cetak rekening koran memang Rp.0

Tips yang sangat berguna.

nana_nomad's picture

Thanks banget pak, sangat penting bagi saya yang masih dalam tahap penjajakan. Memilih bank yang tepat, akan membantu dalam menekan pengeluaran "terselubung".Sekali lagi, TRIMA KASEEEHHH... 

Share pengalaman

anangsusila's picture

1. Bank bca
Memang enak untuk beli produk mami, cuman beberapa catatan untuk proses pembelian:
- biaya fax dari cikarang/bekasi 3000 untuk fax bukti tranfer, perlu biaya telpon untk konfirmasi skitar 2000, jadi total skitar 5000.
2. Commbank
Yang ini lebih enak sih, kebetulan di dekat rumah ada, beli online, pelayanan ok walau termasuk kategori nasabah semut. Ada biaya materai untuk rek koran 6000, selama ini sih 6000 terus.
3. Mandiri
Yang ini ..... Emang bisa beli <1jt? Nanya minimal 10jt. Ada info lain?

Share info aja

all-free's picture

sharing aja....

kemarin saya telp teman cso mandiri...dia bilang kita bisa beli fortis ekuitas,infra plus di mandiri lho.....

ada yg sudah pernah punya pengalaman beli fortis di mandiri?

 makasih

Re: Share pengalaman

rfsyah's picture

Mandiri bisa kok <1jt. Malah ada diskon subscription/selling fee sampai 31 Desember 2008. Contohnya, Schroder DT II, di CW 2%, tapi di Mandiri cuma 0.5% dengan minimum subscription Rp500rb.

Re : Share pengalaman

idiluam's picture

Bron Anang,

Di mandiri minim top up minim 100rb, dan ada subcrition fee sebesar 0,5%, top up pertama minim 500rb.

ke MI langsung lebih nyaman

war_no's picture

alhamdulillah saya beli reksadana ke MI langsung, biar masih manual, tapi enggak memepermalasahkan kerjaan saya. mungkin mbaknya agak kurang sreg kalo saya jawab: Buruh Pabrik Kardus.
hehehe...

share pengalaman

soujiro_jrock's picture

Sorry nih mau sharing aja ( nambah2in thread, hehe ),

Kalo saya di Danareksa point 3 itu masih ada plusnya...harusnya ada point 4 : pemberitahuan transaksi dan kinerja bulanan via e-mail GRATIS...hehehe...customer care nya ramah, dan suka saya sms-in sampe jam 9 malam buat tanya RD saya. gitu aja sih, semoga menambah info..

 

Regards,

Just Info

susanto9's picture

Pembelian reksadana via Common Bank bagi nasabah baru akan dibuka awal juni 2011

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.