Proudly Presents: Sumber Data Kinerja Reksadana dari Bloomberg

autogebet's picture

rekan sekalian, akhirnya PortalReksadana sudah berhasil menggunakan sumber data kinerja dari Bloomberg. Data kinerja reksadana H-1 sekarang dapat kembali diakses di PortalReksadana.

Saat ini fitur daftar produk reksadana dan My Reksadana sudah diupgrade menggunakan sumber data Bloomberg. Untuk membandingkan return antar produk reksadana, silakan gunakan halaman Produk Reksadana. Bagi yang penasaran seperti apa kinerja reksadana-nya selama ini silakan, klik icon Bintang di halaman Produk Reksadana untuk ditampilkan di My Reksadana.

Proses upgrade masih berlangsung. Fitur My Reksadana yang lama masih dapat diakses, sementara fitur yang baru bernama "My Reksadana (Bloomberg)". Fitur lainnya seperti Profil Produk, Direktori Manager Investasi, Komparasi Kinerja dan PortalReksadana Matrix masih dalam proses upgrade, semoga rekan sekalian tetap semangat untuk menantikan semua prosesnya selesai.

Walaupun proses upgrade belum selesai, progress sementara tetap saya tampilkan supaya kita tidak bosan dengan tampilan data jadul dan out-of-date. Beberapa hal yang perlu dicermati berkaitan data Bloomberg adalah sebagai berikut:

  • Nama produk reksadana di Bloomberg sama sekali berbeda dengan versi Bapepam. Oleh karena itu rekan sekalian harus memasukkan lagi pilihan produk reksadana di fitur My Reksadana yang baru.
  • Bloomberg juga mencampur produk unit link dan reksadana menjadi satu (tanpa ada keterangan atau field penanda khusus). Bagi yang belum familiar dengan produk-produk reksadana, disarankan untuk kroscek di website Manager Investasi bersangkutan, untuk memastikan bahwa produk tersebut bukan unit link.
  • Return reksadana pasar uang banyak yang nol, karena Bloomberg tidak menyediakan data jumlah UP. Perhitungan return menggunakan NAB, sementara NAB reksadana pasar uang selalu Rp. 1.000.
  • Jika dijumpai ada data return yang aneh (misal: return ribuan persen), silakan dikroscek di My Reksadana. Biasanya disebabkan adanya lonjakan NAB. Kenapa bisa melonjak, tentu harus ditanyakan kepada MI bersangkutan.
  • Sementara ini dulu, monggo jika ada masukan konstruktif dari rekan sekalian untuk penyempurnaan PortalReksadana.

    Tetap Semangat!™

    Follow adityohidayat on Twitter

Comments

MOHON BANTUAN Data yang berbeda

azri.banten's picture

Salam...
mohon pencerahan saya bandingkan data NAB dari bloomberg berbeda dengan yang dikeluarkan bapepam LK dalam statistik pasar modal. manakah yang lebih akurat?
mohon bantuannya saya sedang mencari data NAB bulanan reksadana campuran syariah dan konvensiona adakah yang punya soalnya yang dikeluarkan bapepam lk reksadana syariah hanya gabungan tidak perjeis untuk NAB bulanannya... terimakasih atas bantuannya...

MOHON BANTUAN Data yang berbeda

azri.banten's picture

Salam...
mohon pencerahan saya bandingkan data NAB dari bloomberg berbeda dengan yang dikeluarkan bapepam LK dalam statistik pasar modal. manakah yang lebih akurat?
mohon bantuannya saya sedang mencari data NAB bulanan reksadana campuran syariah dan konvensiona adakah yang punya soalnya yang dikeluarkan bapepam lk reksadana syariah hanya gabungan tidak perjeis untuk NAB bulanannya... terimakasih atas bantuannya...

Schroder Dana Prestasi kok ga

dragon135's picture

Schroder Dana Prestasi kok ga ada di halaman Produk Reksadana

Schroder Dana Prestasi sudah Bubar

autogebet's picture

bro, saya cari2 produk ini di menu Peringkat Manager Investasi kok tidak ada, ternyata karena produk ini sudah bubar, detailnya bisa dilihat di:
http://aria.bapepam.go.id/reksadana/pupRDCode.asp?PID=RD&CODE=SCHPRES

Saya kroscek di halaman OJK "Reksa Dana yang Dibubarkan" juga ternyata confirm. Silakan klik link ini, kemudian pilih Schroder.

pada Halaman Produk Reksadana, produk ini masih ada (karena bersumber dari Bloomberg). Sebelumnya produk ini ada di kategori Campuran, sudah saya perbaiki sehingga muncul di kategori Saham, monggo dilihat disini nomor 102.

semoga membantu.

Schroder Dana Prestasi tidak bubar, pindah ke Reksadana Saham

dragon135's picture

Iya Pak, dia pindah kategori dari Reksadana campuran ke reksadana saham (sejak 28 Juni 2013) terkait amandemen Bapepam dan regulasi LK nomor IV.C.3 (bisa dilihat di fund fact sheet nya Schroder Dana Prestasi di bagian paling bawah). Jadi bukan bubar karena bermasalah.

pindah ke RDS tapi belum terdaftar di OJK?

autogebet's picture

Bro dragon, terimakasih infonya, jadi lebih jelas. Btw, kalau pindah ke RDS, lantas terdaftar sebagai apa di OJK ya? Sudah lama pindah ke RDS tapi sptnya belum terupdate ke OJK?

Wah saya juga baru ikut taun

dragon135's picture

Wah saya juga baru ikut taun ini, jadi kurang tau juga

Penarikan Reksadana Bubar

hendrarosadi's picture

Selamat pagi bu Riri,
saya mau tanya apabila sebuah produk reksadana dinyatakan bubar bagaimana keemilikan unit kita direksadana tersebut apakah otomatis diuangkan dan dananya masuk rekening kita atau mesti kita urus lagi.Terus apakah ada pemberitahuan dari manajer investasi ke pemilik reksadana tersebut,mohon pencerahannya

Penarikan ReksaDana

riri.sulinantri's picture

Dear Pak Hendra,

Selamat pagi Pak Hendra, Riri akan coba membantu menjawab pertanyaan Bapak.

Ada baiknya kita bahas dahulu, 3 hal yang menyebabkan suatu ReksaDana dibubarkan yaitu :

1. Apabila terjadi penyimpangan yang merugikan investor, maka Otoritas dapat menginstruksikan pembubaran ReksaDana.

2. Apabila secara operasional jumlah dana kelola suatu ReksaDana tidak memberikan penghasilan yang mampu menutup biaya pengelolaan yang harus dikeluarkan, maka Manajer Investasi dapat mengajukan pembubaran kepada Otoritas.Atas persetujuan Otoritas pembubaran dapat dilaksanakan.

3. Manajer Investasi dan Bank Kustodian karena alasan yang dapat diterima Otoritas dapat mengundurkan diri. Jika dalam jangka waktu 60 hari tidak diperoleh penggantinya, setelah disetujui Otoritas, ReksaDana dapat dibubarkan.

Dalam hal ReksaDana dinyatakan bubar, proses pembubarannya akan dilakukan Manajer Investasi dibawah pengawasan Akuntan Publik yang disetujui Otoritas.
Nilai Aktiva Bersih, setelah dikurangi kewajiban-keawajiban yang menjadi beban ReksaDana, dari hasil pembubaran ReksaDana akan dibagikan kepada investor pemegang Unit Penyertaan secara proposional sesuai komposisi jumlah Unit Penyertaan yang dimiliki masing-masing investor.

Tahapan yang dilakukan untuk membubarkan Reksa Dana Sebagai berikut:

- Mengumumkan kepada para pemegang unit penyertaan mengenai pembubaran ReksaDana.
Pengumuman tersebut dilakukan melalui media massa dan juga memberikan surat kepada pemegang unit penyertaan.
Dana yang ada harus dibagikan kepada pemegang unit sesuai perhitungan yang sudah dilakukan.
Manajer Investasi juga akan mengumumkan dikoran.

Demikian sedikit pencerahannya Pak.
Jadi gak ragu lagi dong Pak Hendra, berinvestasi di IPOTFUND. :)

Salam,

www.ipotfund.com
Supermarket ReksaDana Online

panin dana prima

bimkon nusra's picture

masuk kuadran rock... hwaaaaaaaa

Kan sudah saya bilang

DewAsmara's picture

Makanya kan sudah saya bilang kemarin-kemarin itu, kalau saya keluar, sudah begitu ada yang pakai nanya lagi sudah ikut berapa lama :D Nggak mungkin saya keluar kalau indikator nya bagus :p

my reksadana

birulangit's picture

halo pak, saya baru gabung beberapa jam yg lalu. saya agak kesulitan saat masuk k menu my reksadana. di sana saya di haruskan memberi tanda bintang pd reksadan yg saya inginkan di halaman produk reksadana. nah di manakah saya bisa menemukan halaman produk reksadana tersebut? terimakasih pak :)

Lokasi Halaman Produk Reksadana

autogebet's picture

Bro birulangit, lokasi halaman produk reksadana dapat dilihat di:
http://www.portalreksadana.com/node/26

Semoga membantu yaa

Top markotop mak nyusss!

Sandro10's picture

Well... sebenarnya sudah sering saya melototin fitur-fitur Portal Reksadana, terutama PRD Matrix. Belakangan ini, setelah lebih akrab dengan fitur-fitur yang ada, ternyata sungguh luar biasa fasilitas yang bisa kita dapatkan di sini. Sejauh ini saya belum pernah menemukan situs yang membuat perbandingan berbagai reksadana secara lengkap berikut grafik-grafik yang aduhai. Kalau situs dan komunitas ini makin berkembang, mungkin situs ini bisa menyamai Wikipedia, situs nirlaba yang merupakan salah satu situs terpopuler di dunia.

Oya, mau nanya sekalian dong...waktu saya bandingkan angka-angka yang tampil di fitur My Reksadana (performance reksadana) dengan angka-angka di situs C*mmb*nk koq beda banget ya. Misalnya Danareksa Index return 1 yr di sini 16.85%, di situs tetangga 13.10% (bedanya lumayan lho...). Apakah saya salah cara membacanya atau bagaimana?

Terima kasih, dan semangat terus!

portal reksadana matrix

bigbunny's picture

salam kenal semua, saya member baru disini.apabila berkenan,mohon pencerahannya mengenai beberapa hal mengenai rd.

-apakah yang masuk kwadran diamond adalah rd rd yang saat ini hot/direkomendasikan?. saya mengerti bahwa pemilihan rd bergantung pada profil resiko tiap individual.

Schroder Syariah Balanced

ndacoolz's picture

numpang tanya
kok dipilihan RD Campuran nggak ada Schroder Syariah Balance yah?
sama BNP Paribas Pesona Amanah

Re: Schroder Syariah Balanced

autogebet's picture

bro ndacoolz, maaf ya baru sempat reply. BNP Paribas Pesona Amanah ada di Daftar Produk RD Saham. Yup, terdatanya di Bloomberg seperti itu.

Untuk Schroder Syariah Balance ada di daftar kok.

Premier Pasar Uang

Ms. Angel's picture

Mas Bro autogebet,

Mau tanya juga, ko Produk Reksa Dana Premier Pasar Uang ga masuk di list yaa? Padahal menarik bgt return nyaa,,

Dalam proses, RDPU masuk Matrix

autogebet's picture

sis Angel, list RD bersumber dari Bloomberg, dan barusan saya cek memang di Bloomberg tidak ada produk Premier Pasang Uang.

Matrix juga dalam proses diupgrade untuk menyertakan RDPU, karena per Januari 2013 ini perhitungan kinerjanya sudah sama seperti RD lainnya (harga RDPU tidak lagi bertahan di angka Rp. 1.000).

So semoga tetap sabar menantikan ya :)

Follow portalreksadana on Twitter

Usul nih Gan

the net punch's picture

bro autogebet. kalo boleh usul. selain grafik harga mas dan JCI. bisa ditambahkan satu lagi grafik pergerakan Price Earning ratio JCI. bisa versi IDX aja. memungkinkan gak ya? contoh http://www.idx.co.id/id-id/beranda/publikasi/statistik.aspx. atau mungkin versi infovesta

asik kalo semuanya bisa online

Ms. Angel's picture

Ooo gitu ya mas bro..
Thanks a lot yah infonya.. Soalnya kalo uda ada di matrix kan enak pantaunya, jd beli & pantau cukup online aja..

ane juga nggak ngiri ....

Passion4U's picture

ane juga nggak ngiri bro ... wong ipo garuda kali ini ane juga nggak ikutan ... abis kondisi makronya lagi jelek sih ... so ane putusin mending maen reksadana aja nunggu tikungan dibawah nanti hehehe ... anyway ane doain bro cuan dr ipo garuda ...

bro passion...kilometer berapa?????

seni riyanti's picture

kira2 di kilometer berapa kita mesti nunggunya bro? mudah2an gak terlalu jauh,kalo di km 3000 mungkin gak? atau di km 3200? he he tapi dimana pun nunggunya moga2 ada rest areanya, kalo dah deket misscall ya bro...

cuan ipo garuda

rdlshell's picture

heheh gk ngiri lah...hari ini merah lagi...mudah2an sesudah besok.. kan tgl 2 feb..nah market cuan lagi deh

IPO GARUDA

diflar's picture

para master dan suhu,cara beli saham garuda gmn sih atau dimana t4nya??aq diJOgja,tau t4nya g?
pengen coba beli nih,katanya tgl 11 feb,dan perlembarnya Rp750..mohon informasinya suhu..

Ayo bareng beli IPO Garuda

autogebet's picture

bro diflar, problem kita sama, sama2 di luar Jakarta dan bingung gimana mau ikutan IPO. berdasarkan petunjuk dari bro Passion4U, kita harus apply dulu ke sekuritas penjamin emisi Garuda. Kalau BUMN go public, biasanya ditangani oleh sekuritas BUMN juga (plat merah). BUMN plat merah ini adl Danareksa, Mandiri Sekuritas dan Bahana. Kalau sudah jadi nasabah mereka, kita nanti bisa ikutan proses book building (isi formulir, transfer, dst).

saya juga baru mau apply nasabah sekuritas nih, semoga masih keburu hehe...

@passion4U: ayo2 kami dibimbing utk beli IPO, boleh juga dikeluarkan jurus IPO nya.. hehe..

dapat garuda loh

rdlshell's picture

Lumayan dapat IPO garuda 45 lot... heheh, jangan ada yang ngiri ya...

Apa Perbedaan Mendasar

Trisno's picture

Sis, Apa sih perbedaan mendasar(selain harga) kalau kita beli saham pada saat IPO dengan beli di Bursa (tranding, kan saham garuda udah mau melantai nih? kayaknya bisa turn di bawah Rp. 750.

saya malah takut sis..

kodokgoreng's picture

saya juga pesen garuda, eh dikasih 45%.
bahkan di suatu sekuritas ada yang dapet 80%-100%.

kalau situasi begini sis, saya malah takut turun.
dikarenakan barangnya yang gak laku di pasaran atau bisa juga dianggap mahal di situasi pasar sekarang.

belinya dulu mau spekulasi, tapi jadi terancam jadi investor nih..
hee..

@kodokgoreng dan rdlshell

Passion4U's picture

buat bro kodok goreng dan rdlshell,
turut berduka cita atas jatuhnya saham GGIA, semoga sahamnya cepat siuman ya ... duch kalo main-main laporan keuangan memang reaksi pasar jadi negatif ya ... belon lagi regional lagi down

Garuda berduka

rdlshell's picture

bro P4u..kan sudah biasa saham naik dan turun... tunggu aja...kalo naik terus nanti semua beli...hehehh

sempat 580

diflar's picture

saja juga ikut berduka..untung ga jd beli krna uangnya kepake keperluan mendadak :)

Kerugian akibat IPO

satr1a's picture

3 sekuritas menanggung beban kerugian akibat IPO saham Garuda yang harganya terus terperosok, potensi kerugian pun semakin nyata.

http://investasi.kontan.co.id/v2/read/1317258959/78613/Potensi-rugi-JLU-...

GIAA now 440
Ayo yg mo beli .. lagi murah tuhh he he he he

GIA

DewAsmara's picture

Sebenarnya,
Saya agak sedih juga dengan kejatuhan harga saham GIAA, meskipun tidak ikut-ikutan beli. Karena setahu saya, GIAA mendapat banyak suntikan dana dari perbankan asing berupa kredit sindikasi korporasi. Jadi kalau sampai terjadi apa-apa, kasihan sekali, bisa-bisa berubah menjadi penerbangan asing status kepemilikannya.

Padahal 3 sekuritas BUMN itu sudah mati-matian membantu menjadi penjamin efek nya. Plus tambahan pinjaman kredit dari bank-bank asing itu. Tapi minat investor sepertinya lemah sekali, padahal setahu saya, sekarang GIAA sudah banyak melakukan restrukturisasi manajemen, banyak staff nya berasal dari fresh graduate program S2 Manajemen universitas terkemuka.

Hanya karena kesalahan segelintir oknum di jajaran top manajemen, citra saham GIAA jadi merosot :(

Note: Saat tulisan ini diturunkan harga saham GIAA:IJ menurut Bloomberg sudah menyentuh harga Rp 435,- / lembar saham

santai aja

rdlshell's picture

santai aja...kan yg dibeliin IPO idle money yg memang diperuntukan invest di saham... klo saya mau simpen buat 5 tahun, masa garuda gk naek sahamnya? Yakin 100% pasti naek , melihat dari industrinya adalah industri yang tidak akan pernah mati.

masih bisa bli IPO Garuda g?

tianni's picture

Hi sis rina, mo bli saham IPO garuda masih bisa g? kmaren bli dmn, dari td cb telp call centernya bahana g ada yg angkat. Ada yg punya kontak number sekuritas yg jual IPO ZGaruda g, bagi donk. Pengen mluncur dr kantor ke sudirman, tp mikir2 kalo udah g bisa bli ngapain hrs ijin lg dr kantor. Thanks sbelumnya

ada temen

kodokgoreng's picture

halo sis tianni,
boleh minta alamat emailnya... ?

kbetulan ada teman di satu sekuritas yang pesen kebanyakan dan ga bisa bayar..

as soon as possible ya sis..
:)

ikutan

dwi hastuti arief's picture

Bro kodokgoreng, boleh ikutan nimbrung?
mohon emailkan jg ke dwihastuti06atyahoo [dot] com

black market..

diflar's picture

jual brp broo..emailkan ya ke isdar_saputraatyahoo [dot] co [dot] id

bukan black sih

kodokgoreng's picture

bukan saya yg jual bro..

waduh ini bukan black sih..
cuma ada kelebihan barang aja ceritanya..

alamat imel

tianni's picture

bro, kodokgoreng

sorry gw br online

boleh deh alamat imelku: tian_iatyahoo [dot] com
tk

sebenarnya proses pooling

kodokgoreng's picture

sebenarnya proses pooling diperpanjang sehari..
tanggal 7 dan tanggal 8..
cuma ya itu, belum tentu dapet juga..

saya teruskan alamat email ke teman saya dulu ya sis..
mudah2an direspon..

Nggak iri

ADRI's picture

Nggak iri asal profitnya dibagi - bagi sama yang nggak dapat wkwkwk....

Nggak iri

ADRI's picture

Nggak iri asal profitnya dibagi - bagi sama yang nggak dapat wkwkwk....

Bro Adri..gk iri ya

rdlshell's picture

hahha gk iri ya.... bagi2 sama anggota DPR aja ah...

NgIPO

Passion4U's picture

bro gebet ...
kadang ane bingung ini website apaan sich ... kayaknya semua jenis pertanyaan investasi ada di sini hehehe ... ane termasuk orang yang sering ikut NgIPO sampe lupa udah berapa banyak kali ikut ... mulai dari yang gurem sampe yang bluechip ...
Sejauh pengalaman ane sich ... dari keseluruhan IPO ane cuma pernah rugi satu kali saat dulu IPO Bank Multicor (pernah denger namanya nggak ... ini saham kolesterol tinggi) ... sementara IPO yg paling oke dulu dengan kode ticker BKDP (lupa nama sahamnya) hehehe ...

Untuk ikutan IPO, kalo saran ane sich ikut di proses book building (pembentukan harga)... karena disini kita bisa memperoleh saham dalam jumlah yang agak lumayan ... Kalo di proses pooling dan penawaran umum ... kalo menurut ane cuma bikin capek aja (capek antri dan dapetnya nggak seberapa). Untuk ikut di book building kita memang harus menyatakan minat ke underwriternya saham yang mo NgIPO .. untuk case garuda ya ke Danareksa, Mansec & Bahana ...

Untuk strategi NgIPO tergantung style orangnya ... ada yang swinger ada yang long term ... so strateginya beda-beda toch hehehe ... kalo nanti ada acara kopi darat ane sharing dech ... tapi nggak pernah ada acara kopi darat lagi sich ... so gimana mo sharing hehehe ...

Good Luck buat yg ikutan IPO Garuda ... may cuan be with you ...

Sharing dan kopi darat

rdlshell's picture

Gk ada acara kopi darat lagi soalnya susah klo cari sponsor. Kenapa gk dengan cara kita iuran perpeserta, jadi ilmu kita dapat dengan biaya yang terjangkau. Kalau kita ikut2 seminar kan mahal harganya untuk 1 atau 2 hari.... Udah jamannya urunan... no free lunch. Reuni aja urunan, masa dapat ilmu gk mau urunan..heheh

ikutaaan..

diflar's picture

pemula boleh ikutan kopidarat ga??
kapan?dmn t4nya?

boz gebet

diflar's picture

waah..udah di tutup boz..sedih deh :(
klo yg right issue mandiri gmn boz??atau para suhu ada informasi,bener2 pemula nih..
denger2 Rp5.000 ya perlembar saham..

beli IPO garuda

rdlshell's picture

Hai Bro

Wah telat atuh.. udah ditutup pembeliannya, dan yg boleh beli yang punya account di securitas bursa saham, maksimum pemesanan 2 x aset yang ada di securitas. saya udah pesen, tapi katanya paling dapat penjatahannya 10% dari yang dipesen.

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.