Bagaimana Memantau Harga ORI?

Sun, 03/02/2008 - 06:57
digitalfriend's picture

Salam Investasi. Saya termasuk awam dalam hal investasi , tetapi ingin ber-investasi dengan membeli ORI. Mohon penjelasan tentang :

  1. Bagaimana caranya memantau perkembangan harga ORI dari hari ke hari dengan asumsi kapan kita bisa tahu bahwa harga ORI sedang lebih tinggi daripada harga saat kita beli perdana sehingga kita bisa jual ?
  2. Lalu, bilamana harga ORI-01 mengalami discounted di pasar sekunder sehingga kita untung kalau beli saat itu ?
  3. Terakhir , sebaiknya saya beli ORI-04 saat ini ( penawaran perdana ) atau menunggu sampai entah kapan harga ORI-01 di pasar sekunder discounted? Mana yang lebih realistis ? Bagi saya ini pilihan yang sulit.

Terimakasih.

 

Comments

Memantau ORI

budikurniawan's picture

Digital friend,

Untuk memantau harga ORI, yg paling mudah anda bisa hubungi agen penjual ORI dan tanyakan langsung kepada mereka atau anda bisa hubungi lsg ke treasury unit di bank

Secara logika sederhana, harga ORI akan discounted bila suku bunga diatas nilai kupon ORI atau terjadi penjualan besar2 an ORI krn ekspektasi market yg negatif

Yang paling baik anda beli ORI di pasar perdana krn dengan kecenderungan suku bunga (BI rate) yang turun/flat maka harga ORI di pasar sekunder pasti diatas 100% (mahal)

Selamat berinvestasi

regards, BK

benchmark ORI

bhoedhies's picture

setahu saya ORI dibenchmark dengan BI rate. Jadi BI rate ini yg harus diperhatikan terhadap return dari ORI. Karena sifat return ORI yg fixed (ORI-04 = 9.5% kalau tidak salah) maka Kalau BI rate turun maka harga ORI akan naik di pasar sekunder demikian juga sebaliknya. Bisanya dewan gubernur BI akan memutuskan menaikkan/menurunkan suku bunga BI rate pada sidang bulanannya disesuaikan dengan kondisi finansial pasar.

Kalau anda bisa memprediksi dengan tepat kapan BI rate akan naik sebaiknya tunggu waktu tsb tapi jika tidak maka lebih baik beli pada saat diterbitkannya.

Cheers,

ORi

Anonymous's picture

sebelum membeli ORI, yang tepat untuk dijawab terlebih dahulu adalah..apakah Anda membeli ORi untuk melengkapi portofolio investasi atau untuk trading?
Kalau memang untuk investasi, yah belinya sekarang doong, toh yang kita harapkan adalah nilai kupon yang diperoleh bulanan dan pada masa akhir investasi dana kita kembali utuh. ini cantik sebagai pengganti deposito. tapi yah itu dia kok agak kelamaan yah, 4 tahun gitu loh...jadi dana Anda sebaiknya benar2yang nganggur...
sedangkan kalau buat trading, kalo menurut pandangan saya, obligasi itu punya tren. kalau ketika ipo pasti nilainya akan melambung tinggi. trus ketika sudah mulai masuk tahun kedua, kalau bunga perbankan meluruh lagi, dipastikan nilai obligasi di pasar sekunder semakin perkasa, tapi kalau bunga bank biasa2ajah, maka nilai obligasi juga akan menurun. karena orang toh akan melepas obligasinya dan pindah di pasar modal yang lebih menarik. lalu pada waktu jatuh tempo, pasti akan kembali meningkat karena mungkin ada perusahaan yang butuh dana segar dengan cepat.
jadi kalau tujuan Anda untuk invstasi, mau discounted atau tidak harusnya tidak jadi masalah. tapi kalau tujuan Anda trading, hal ini perlu diperhatikan kembali.

semoga bermanfaat yah..

Index ORI

rai's picture

DH,

Index ORI kalau di website resmi seperti Bapepam saya tidak menemukan, namun dapat dilihat di koran2 bisnis seperti Bisnis Indonesia, Kontan dls. atau di website bisnis.com : http://web.bisnis.com/edisi-cetak/edisi-harian/tabel_obligasi/

Selama nilai kupon ORI masih diatas bunga deposito atau BI-rate rasanya harga ORI tidak sampai discounted. Seperti contoh ORI001 saat ini masih mempunyai index paling tinggi 104.9 % dan akan overdue bulan Agustus 2009

Kalau secara teori pembelian yang paling tepat suatu paper asset adalah pada saat IPO atau penawaran perdana.

Mudah2an ada gunanya, salam.

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.