Update Data Reksa Dana Menantikan Situs Bapepam Pulih

autogebet's picture

Rekans, sehubungan dengan banyaknya pertanyaan terkait data kinerja reksa dana yang tidak update di PortalReksadana, bersama ini saya informasikan bahwa data di PortalReksadana tersinkronisasi otomatis dengan Bapepam. Mengingat situs Bapepam masih dalam perbaikan, maka updating data belum dapat dilakukan. Terkait penggunaan feature di PortalReksadana (seperti: pemeringkatan, Matrix, Komparasi, dsb), mohon digunakan dengan hati-hati karena data terakhir yang digunakan adalah per September 2008.

Upaya untuk updating melalui sumber data lain sudah dicoba, diantaranya ke website bisnis.com dan "warung sebelah". Namun upaya ini tidak membuahkan hasil karena pada kedua website tersebut ternyata dijumpai inkonsistensi nama produk (tidak match dg nama produk di Bapepam).

PortalReksadana berusaha menyajikan data kinerja reksa dana langsung dari sumber primer, semoga situs Bapepam lekas sembuh.

 

Comments

aktifnya kapan neh bro gebet's

Mihiro's picture

hai bro gebet's request dunk portal matriknya dan yg lain kapan diaktifkan lg kbri kita2lah blm pernah pake dan ngrasain saya dan pastinya akan sangat membantu nantinya!!!

Cara baca grafik kinerja Reksadana

bernadus2007's picture

Salam Kenal,

Saya member baru di ProtalReksadana.com, saya tertarik dan akan memulai investai di Reksadan. Blog ini sangat membantu untuk memberikan informasi tentang reksadana. Cuma saya bingung untuk cara membaca Grafik kinerja Reksadana, mohon dibantu untuk menjelaskan atau mungkin da artikel terkait masalah in.

Thanks so much,

Bernadus Prihandoko.

Susahnya cari data

dunkz's picture

 Iya bro, gara2 data RD gak diopen saya jadi terbatas dalam melakukan "akrobat" hehehe.

 

"invest your time before invest your money"

visit my blog at http://warung-reksadana.blogspot.com

dan http://parahita.wordpress.com

mencari insspirassi

nandito's picture

saya masih awam soal reksa dana, dan baru mulai belajar. ada hal
yang ingin saya tanyakan, ketika membaca artikel di majalah investor
saya menemukan bahwa istilah asset under manajemen/dana kelolaan itu
berbeda dengan NAB/NAV. ketika melihat sebuah data reksadana dari
sebuah situs,, nilai NAB sama besar dengan nilai AUM, sebenarnya apa
sih yang dimaksud dengan Asset Under manajemen/dana kelolaan sebuah
reksadana, dan apakah sama pengertiannya dengan NAB?

trs mengapa penilaian reksa dana biasanya menggunakan rentang waktu 1, 3, dan 5 tahun??

 dan
yang terakhir,, saya sedang mencari data dana kelolaan tiap2 reksa dana
saham yang aktif pada rentang waktu 2005-2008,, kemana saya harus
mencari???

+2=^.^

Rd & situs Bapepam

rai's picture

DH,

Mungkin disengaja bro, supaya orang nggak bisa lihat statistik rd agar tidak redeem ramai-ramai 

Biasanya situs yang profesional, memakai dulu design web lama sampai web barunya bisa lulus trial.

Ini hanya perkiraan, yang tahu hanya Ybs selain YME.

Salam

Update Data Reksadana

dhien2's picture

Dear Kontributor,

Kenapa ya kok website sebelah bisa update data reksadana minimal sehari sesudahnya? Artinya kan ga mesti ketergantungan ama link ke website Bapepam. Mungkin ada alternatif lain sebelum situs Bapepam bangun dari tidur.

Thanx

menurut sumber yang dapat

autogebet's picture

menurut sumber yang dapat dipercaya, "warung sebelah" bisa update tiap hari karena yang bersangkutan memiliki ijin sebagai MI, sehingga terus menerima data kinerja setiap hari yang bersumber langsung dari otoritas pasar modal.

Upaya untuk updating melalui sumber data lain sudah dicoba, diantaranya
ke website bisnis.com dan "warung sebelah". Namun upaya ini tidak
membuahkan hasil karena pada kedua website tersebut ternyata dijumpai
inkonsistensi nama produk (tidak match dg nama produk di Bapepam). 

Semoga Bapepam cepat bangun tidur untuk mencerahkan kita semua.

dear my boz

haryawan's picture

gimana cara nyari data historis (NAB bulanan) produk reksadana saham periode 2004-2007??

dulu ada di situs bapepam, tp sekarang lg perbaikan

tolong di bantu 

Nunggu

dunkz's picture

Mungkin nunggu indeks 2000 baru dibuka bro :p

"invest your time before invest your money"

visit my blog at http://warung-reksadana.blogspot.com

warung sebelah itu mana ya

ito's picture

warung sebelah itu mana ya bro? lama sy pikir" koq gak ketemu :)D jd kepaksa minta hint nh..

Warung sebelah

barkah's picture

Maksudnya itu infovesta

data dari infovesta

nandito's picture

memang bisa cari data dari infoveta, tapi ada persyaratannya. harus menjadi member. pas dulu saya tanyakan, untuk menjadi member harus bayar 300rb untuk jangka waktu akses 10 jam/1 bulan. saat itu saya sedang mencari data NAB reksadana saham dari tahun 2005-2008. infovesta kemudian menawarkan alternatif lain, yaitu data yang dibutuhkan sudah dalam bentuk excel tapi dengan harga Rp 20.000 per reksadana/tahun.harga tersebut katanya khusus untuk mahasiswa.demikian info dari saya, semoga berguna.  +2=^.^

data dari infovesta

nandito's picture

memang bisa cari data dari infoveta, tapi ada persyaratannya.

harus menjadi member.

pas dulu saya tanyakan, untuk menjadi member harus bayar 300rb untuk jangka waktu akses 10 jam/1 bulan. saat itu saya sedang mencari data NAB reksadana saham dari tahun 2005-2008.

infovesta kemudian menawarkan alternatif lain, yaitu data yang dibutuhkan sudah dalam bentuk excel tapi dengan harga Rp 20.000 per reksadana/tahun.

harga tersebut katanya khusus untuk mahasiswa.

demikian info dari saya, semoga berguna. 

+2=^.^

data dari infovesta

nandito's picture

memang bisa cari data dari infoveta, tapi ada persyaratannya.

harus menjadi member.

pas dulu saya tanyakan, untuk menjadi member harus bayar 300rb untuk jangka waktu akses 10 jam/1 bulan. saat itu saya sedang mencari data NAB reksadana saham dari tahun 2005-2008.

infovesta kemudian menawarkan alternatif lain, yaitu data yang dibutuhkan sudah dalam bentuk excel tapi dengan harga Rp 20.000 per reksadana/tahun.

harga tersebut katanya khusus untuk mahasiswa.

demikian info dari saya, semoga berguna. 

+2=^.^

warung ?

tungtung's picture

banyak warung lah....... bisa aja kan warung reksadana or warung tegal =))  btw  saham bakrie group arahnya kemana nich , mungkin para suhu bisa kasih info. sampai sekarang saham bumi belum di lepas suspen nya.

Info lainnya

barkah's picture

Selain bisa diliat di "warung sebelah", harga NAV RD terbaru juga dapat dilihat di kontan e-paper.

saya mau ngecek kasus sarijaya

Anonymous's picture

ada yang bisa comment ngga tentang kasus sarijaya securities...apakah ada jaminan MI yang lain tidak melakukan hal yang sama dengan sarijaya....? ada info terakhir ngga mengenai kapan situs bapepam pulih..soalnya buat orang seperti saya situs2 seperti itu sangat vital sekali...mengingat kesibukan saya di kantor yang tidak punya begitu banyak waktu untuk langsung datang ke kantor bapepam nya sendiri...

sebelumnya thanks

kasus Sarijaya

mnwiria's picture

Detil kasus Sarijaya Sekuritas sampai saat ini masih belum jelas sehingga sulit untuk dikomentari apakah korbannya itu investor reksa dana, discretionary fund atau apa.

Untuk reksa dana sebenarnya reksa dana dibentuk dengan Kontrak Investasi Kolektif (KIK) sebagai badan hukumnya (legal vehicle) di mana kekayaan reksa dana adalah sepenuhnya milik investor reksa dana tsb, terpisah dari neraca manajer investasi dan disimpan oleh bank kustodian. Jadi kalau sampai terjadi sesuatu pada MI ataupun bank kustodian, kekayaan reksa dana terlindungi dari klaim kreditur. Bila anda membaca prospektus reksa dana, maka laporan keuangan yang tercantum di sana adalah laporan keuangan reksa dana tsb, bukan laporan keuangan sang MI. Jadi untuk reksa dana, MI hanya mengelola dananya, sedangkan kepemilikan tetap berada di tangan investor. Karena itulah maka ada bank kustodian yang bertugas melakukan penyimpanan (safe keeping) serta administrasi terhadap kekayaan reksa dana.
Sebelum dipasarkan, reksa dana harus melalui proses pernyataan pendaftaran di Bapepam dan memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam. Dalam perjalanannya, MI dan bank kustodian juga harus menyampaikan laporan secara berkala kepada Bapepam mengenai reksa dana yang dikelolanya.

Sama dengan reksa dana, Kontrak Pengelolaan Dana (KPD) atau discretionary fund juga merupakan kekayaan si investor; MI hanya mengelola dan bank kustodian yang menyimpan, Bedanya adalah KPD tidak dibentuk dengan KIK, melainkan biasanya hanya kontrak bilateral antara MI dan investor, serta antara investor dan bank kustodian. Jika untuk reksa dana bank kustodian ditunjuk oleh MI, maka untuk KPD biasanya investor yang menentukan bank kustodian.
Berbeda dengan reksa dana, KPD tidak melalui proses pernyataan pendaftaran di Bapepam sehingga relatif tidak terpantau seketat reksa dana.

Mengenai penyelewengan atau penggelapan uang nasabah, menurut hemat saya semua itu berujung pada masalah etika profesi. Apapun suatu profesi itu, jika tidak dijalankan berdasarkan etika dan moral, akan menjadi malpraktik. Untuk mencegah malpraktik diperlukan peranan regulator untuk menentukan rambu-rambu yang mengatur tindak-tanduk pelaku industri. Di lain pihak juga diperlukan integritas dari para pelaku industri serta kontrol (scrutiny) dari investor. Dalam hal ini edukasi investor penting karena dengan edukasi maka investor bisa lebih memahami seluk-beluk investasi dan bisa lebih kritis dalam menilai MI dan produk investasi. Saya yakin situs seperti Portal Reksadana memiliki misi mulia terutama dalam edukasi investor.

jadi deg-degan

rdlshell's picture

Sis mvria,

Setalah kasus century, sekarang sarijaya...saya jadi khawatir sekali.. karena saya menginvestasikan dengan jumlah yang cukup besar di discretionary fund di Nikko dan itupun dana ortu.

Sis, pengertian saya, kalo MI bangkrut atau uangnya dibawa lari, uang nasabah tetap aman (dalam arti tidak dibawa lari) karena ada bank kustodi. Resiko nasabah dalam kerugian adalah fluktuasi dari NAB. Bener gk seperti ini?

 Saya mau tanya juga tentang indolife, yang menawarkan produk deposito dengan bunga 12% pertahun. Terus terang saya jarang mendengar nama ini, walaupun ada websitenya.

 Mohon tanggapannya.

Rina DL

Mohon Maaf Lahir Bathin

uang nasabah

Anonymous's picture

Dear Rina,

Untuk reksa dana, ada Kontrak Investasi Kolektif yang dibentuk sebagai badan hukum yang pada dasarnya mengatur kekayaan reksa dana sebagai seutuhnya milik nasabah. Dengan demikian ada pemisahan antara asset MI dengan asset reksa dana. Kalau anda membaca prospektus reksa dana, di dalamnya pasti ada laporan keuangan dan laporan keuangan tsb memuat tentang asset reksa dana, bukan asset MI. Selain itu, asset reksa dana disimpan dan dicatat oleh bank kustodian, dan baik dari pihak MI maupun bank kustodian harus menyampaikan laporan secara berkala ke Bapepam. Bank kustodian juga berfungsi memonitor pengelolaan reksa dana oleh MI, termasuk misalnya memantau apakah MI tidak melanggar batasan investasi maupun ketentuan lainnya seperti diatur dalam peraturan Bapepam. Kalau terjadi penyelewengan, biasanya bank kustodian akan memberikan peringatan kepada MI. Dalam hal ini, fungsi bank kustodian adalah sebagai watch dog. Untuk discretionary fund juga serupa, bank kustodian juga bertindak selaku watch dog, hanya bedanya discretionary fund biasanya dibentuk dengan kontrak bilateral antara MI dan investor serta antara investor dan bank kustodian. Discretionary fund juga tidak melalui proses pernyataan pendaftaran ke Bapepam sehingga relatif lebih tidak terpantau oleh Bapepam.

Nah bagaimana jika MI-nya bangkrut? Kalaupun MI bangkrut, maka asset reksa dana aman dari klaim kreditur karena sudah terjadi pemisahan asset antara MI dengan reksa dana. Jika terjadi kebangkrutan, maka MI harus melaporkan hal ini kepada Bapepam di mana kemudian Bapepam akan mencari solusi, misalnya mencari MI lain untuk mengambil alih dana kelolaan nasabah. Atau jika tidak ada yang mau mengambil alih akan ditempuh proses likuidasi. Semuanya dipantau oleh Bapepam demi kepentingan investor reksa dana.

Mengenai Indolife saya tidak bisa berkomentar karena saya tidak tahu. Mungkin ada baiknya anda menghubungi perusahaan yang bersangkutan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

discretionary

rdlshell's picture

Wah ada yang kelewat bacaannya...jadi untuk discretionary fund dalam kategori kurang aman dalam kalimat ini "Discretionary fund juga tidak melalui proses pernyataan pendaftaran ke
Bapepam sehingga relatif lebih tidak terpantau oleh Bapepam" begitu yah?

Mohon Maaf Lahir Bathin

sarijaya

rdlshell's picture

Sis Mel

Makasi yang penjelasannya, maaf nih kalo saya bolot...masih mo tanya kalo Kasus Sarijaya, uang nasabahnya di bank kustodi? yg dibawa larinya duit sapa? (hahahah bolot yah, biarin ah, biar jelas)

Rina DL

Mohon Maaf Lahir Bathin

Teh Rina, Kasus Sarijaya

mnwiria's picture

Teh Rina,

Kasus Sarijaya masih dalam penyidikan kepolisian dan Bapepam, jadi masih blm jelas detilnya.

Mengenai rekening nasabah Sarijaya, kalau dalam bentuk efek saham tidak ada masalah karena disimpan di bank kustodian dan tercatat di KSEI. Reksa dana juga mestinya tidak masalah karena kekayaan reksa dana adalah sepenuhnya milik investor reksa dana tsb dan reksa dana dibentuk dengan KIK sebagai badan hukumnya.

Sarijaya jawaban oke deh

rdlshell's picture

Sis Mel

Nah ini jawaban yang ditunggu........ intinya kalo RD atau bentuk efek saham, uang nasabah ada dibank kustodian.... Makasi, saya perlu penegasan...maklum saya masih menggali ilmu, walau udah tau, perlu penegasan dari yang kompeten.

Nanyanya nambah nih... boleh yah... kalo efek saham itu yang seperti apa? kalo sudah ada artikelnya disini, yang mana yah? Yang sabar jawabnya ya Sis Mel.... kalo manula yg belajar seprti ini..heheh

Rina DL

Mohon Maaf Lahir Bathin

efek saham

mnwiria's picture

Teh Rina, efek saham itu sama dengan saham :)

Efek Saham hahaha

rdlshell's picture

 Hahaha.... jadi ngerasa kayak tukul nih.... abisan gk pernah maen saham yang beneran...gk brani, kalaupunya banyak yg nawarin, ... makasi banget sis mel...saya yakin juga sebenernya ada yg gk ngerti juga tuh efek saham. Mel wiken

Rina DL

Mohon Maaf Lahir Bathin

waduh, kalo tanya perusahaan

ito's picture

waduh, kalo tanya perusahaan ybs ya pasti jawabannya OK donk.

sampai saat ini paling aman ya reksadana krn setidaknya ada wasitnya. Zaman skg ati" aja deh teh Rina, liat background pengelola jg gak berguna tuh.. liat aja contoh Madoff, krg kredibel apa itu orang tp tetap aja bodong. Century, agen penjual malah person bank-nya yg harusnya trustable tp tetep aja bodong. 

susah juga yah

rdlshell's picture

Susah juga yah.... sekarang ini sih saya ambil RD fortis, schroder yg descretionary di nikko...lainnya di bank CW & CB, ...  jadi kumaha atuh??????? hiks deh... jadi kita harus liat apa??? sementara kudu siapin dana masa depan....

Rina DL

Mohon Maaf Lahir Bathin

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.