Kenapa Harga Emas Antam Lebih Mahal?

eko035's picture

rekan kita lily.kurniawati menanyakan:

terima kasih telah menyediakan data2 finansial yg sangat berguna. saya ingin menanyakan perbedaan harga emas di antam dgn yg dijual di toko emas yg cukup lumayan besar. baru2 ini ibu saya membeli emas di toko emas yaitu 24 karat logam tanpa bentuk (bukan perhiasan). saya bandingkan dgn emas yg dijual di antam harga per gram di toko emas tsb lebih murah cukup lumayan besar. saya membandingkan dgn base prise dari antam (blm termasuk ongkos cetak). saya penasaran kenapa bisa berbeda cukup jauh. terima kasih sebelumnya utk perhatian dan infonya.

Salah satu penyebabnya adalah adanya faktor biaya produksi yang dikenakan oleh Antam. Semakin kecil ukuran emas batangan, Antam mengenakan biaya produksi yang lebih besar. Ini dikarenakan proses pembuatan emas batangan berukuran kecil semakin sulit.

Masalahnya, kalau barangnya sama-sama dari antam kan berarti harusnya antam lebih murah. Bener nda ?

Beberapa kemungkinan penyebab ini adalah:

  1. produknya beda, karena dipasaran juga ada emas yang dijual bukan dari Antam tapi leburan yang kadarnya juga 24 karat.
  2. Perputaran barang di toko bisa jadi lebih cepat dari Antam karena mereka kan di pasar he he
  3. Harga yang digunakan di pasar adalah harga real time, sedangkan di Antam biasanya harga berubah periodik misalnya 1 jam sekali.

Semoga membantu ya.

Salam,
Eko Endarto, RFA
Financial Planner @ Finansia Consulting

 

Comments

Harga emas

bkurniawan's picture

Sedikit tambahan,

Kl bro/sist udh langganan pd toko emas tertentu, boleh aja beli LM yg di cap toko meas, tp susah nya pd saat dijual, cuma bs di toko emas yg sama, beda kl LM sertifikat antam, yg bs dijual dimana aja dng harga kompetitif

Trus mengenai secara syariah tdk boleh cicil emas...itu dasar hukum nya apa ya? Secara di BRI Syariah sdh ada produk KLM dan sepanjang yg saya tau, produk perbankan syariah itu hrs melalui DPS (dewan pengawas syariah)...jd secara syariah sdh sah... :D

Untuk pengecekan emas palsu ato tidak , memang ada beberapa cara...tp satu2 nya cara cek LM ato meas batang adalah dng melakukan pengeboran, trus br dicek kadar nya dr serpihan emas...(berdasarkan pengalaman sendiri...hehehehe)

Wasallam,
BK

Harga emas

bkurniawan's picture

Bro/sist, sy ingin memberikan tanggapan ttg komen thd emas :
- harga fisik emas antam untuk berat lbh kecil, harga nya lbh mahal terkait ongkos produksi. Sedangkan untuk harga buback nya tentu saja lbh murah dr harga jual..wajar aja kan kl harga beli antam lbh murah dr harga jual.. :)
- seringkali harga emas di toko lbh murah drpd harga antam, untuk itu ada beberapa alasan diantara nya, ada kemungkinan toko emas membeli fisik emas dlm jumlah besar pd saat harga murah trus menyimpan nya dan menjual kembali pd saat harga naik tp dng harga yg lbh kompetitif dibandingkan harga antam. Alasan lain adalah, toko emas kan sering membeli perhiasan emas dr konsumen, trus emas tsb dilebur kembali, dimurnikan di antam sehingga bs dapat setifikat 24 karat dr antam (seperti emas dinar yg dicetak antam). Sehingga harga emas di toko lbh murah krn berasal dr stok sendiri dr pembelian perhiasan emas.
- harga fisik emas memang tidak mengikuti real price spt di future market..itu memang benar, krn banyak faktor seperti fluktuasi kurs usd/idr, jumlah stok emas yg tersedia di pasar dan ekspekstasi pelaku pasar emas. Kl di future market, harga real emas itu berdasarkan harga di bursa COMEX ato NYMEX dlm usd, tetapi di pasar indonesia, harga fisik emas harus dikali lg dng kurs usd/idr. Dan jng lupa di future market, itu bukan real price ato today rate, tp msh harga future, misal untuk 2 hr kedepan (spot), 1 week, 1 month dll. Selain itu, kl stok fisik emas menipis ato permintaan meningkat, pasti harga emas lokal juga melonjak walaupun harga emas di future gak terlalu berfluktuasi. Begitu juga dng ekspektasi dr pelaku pasar...bro/sist bisa liat di goldgram pd bulan september/oktober...harga jual emas msh tinggi aja, pdhl di future harga emas sdh terkoreksi cukup dalam...itu krn pelaku pasar di sini msh berharap harga naik ato krn harga modal nya tinggi sehingga mau gak mau harga jual tinggi
- mengenai Kepemilikan Logam Mulia, sy rasa ini produk yg menarik khususnya bagi orang yg ingin berinvestasi emas tp tidak punya cukup uang. Memang ada margin/bunga yg hrs dibayar, ya itu wajar aja lah...kan sama aja kl kita cicil mobil ato rumah, pasti ada bunga yg hrs dibayar. Sedangkan kl biaya admin kan sama aja kl kita punya emas trus simpan di SDB (safe deposit box), kita juga hrs bayar biaya nya kan... Menarik nya adalah, untuk KLM sepertinya tdk ada batasan maximum down payment..(bisa ditanyakan lg ke bank nya). Jadi bisa aja kan kita kasi DP besar misal 80% trus br sisanya dicicil...biaya admin nya jauh lbh kecil drpd kita sewa SDB...hehehehe
- bagi saya, pilihan investasi emas adalah pilihan, walaupun pergerakan harga emas, sdh hampir sama dng harga komoditas lain spt minyak buni dll...dulu kita bs bilang harga emas naik terus, emas adalah safe haven (makanya berkebun emas meningkat thn lalu), kenyataan nya, harga emas jg bisa turun kok, walaupun dlm setahun harga emas bisa naik 10% an (thn 2011)..ya kl dibandingkan reksadana ato investasi saham, mungkin invest di emas kurang menarik ya, tp sbg alternatif, apa salah nya. O ya, investasi emas itu memang jangka panjang...ya diatas 5 thn lah, spy hasil investasi nya terasa...

Salam,
BK
Praktisi di salah satu treasury bank syariah

yah cuma sharing

wondercorn's picture

Yah cuma sharing info aja. Masalah mau beli/jual dimana yah pilihan masing2. :)

Fact or rumor?

kalipatullah's picture

Dear Pak Eko,
kalau boleh saya komentar sedikit.
Dalam tulisan anda disatas kalau boleh tahu pernyataan anda bahwa produksi emas batangan berukuruan kecil lebih sulit dan biayanya lebih mahal anda dapatkan darimana ya?

Apakah sebelumnya sudah ada survey perihal ongkos produksi tersebut atau masih merupakan asumsi saja?

untuk kemungkinan penyebab
perihal perputaran barang mungkin harus dikaji ulang, karena kita bicara likuidtas maka kita harus mempunyai tolok ukur antara likuiditas di toko emas dan likuditas di ANTM. Dan hal ini sudah menyangkut ke mekanisme penjualan. Setahu saya ANTM tidak hanya berdagang di pasar Fisik saja tapi juga berdagang di Futures marketnya.
Selama ini sih saya belum pernah menemui harga emas di toko yang dipatok realtime.Semuanya masih mengikuti perubahan harga dari ANTM.

Justru dalam perdagangan Gold Futures, harus dilakukan dengan harga realtime.

sekian dari saya kalao ada yang salah mohon koreksinya

Ongkos Produksi Emas ukuran kecil Lebih mahal

Andhika_Krisna's picture

Dear kalipatullah,

Hanya sekedar share saja :) saya sudah pernah menanyakan ke PT.Antam untuk perihal biaya produksi atau mereka sebut (Ongkos Cetak) untuk ukuran kecil memang lebih mahal ongkosnya.

Biaya produksi yang dikenakan berkisar antara Rp 33.500,- sampai dengan Rp 102.000,-/keping emas.

Sumber dari sini : http://harga-emas.com/tips-investasi-logam-mulia/

Mohon koreksi jika ada yang salah :)

Thanks
Andhika

Beli Emas Semarang

siwato's picture

Saya domisili di Semarang. Dimana bisa membeli fine gold sertifikat antam diwilayah semarang?

rgds,
Siwato

mengapa buyback emas antam rendah

riesal's picture

numpang tanya :) saya hanya karyawan biasa dengan risk profile mencari pertumbuhan investasi yang stabil namun profit returnnya sedikit besar. dengan umur saya yang sudah 25thn saya ingin berinvestasi emas. setelah membaca ulasan anda dan membandingkan antara harga per-gram dari antam(logammulia.com) saya jadi bertanya-tanya mengapa buyback dari emas antam lebih rendah(hampir 50rb) dari harga belinya. tanggal 20/02/2010 saya cek Buyback price per gram Rp325.000 dengan harga untuk 1 bar(gram) adalah 374500.
pun jika saya membeli dalam jumlah kisaran 5 gram harganya masih sekitar 348.700.

singkat cerita jika saya membeli katakanlah 25gr bar seharga 8.588.500 dengan harga per gram untuk 25 gram bar tersebut adalah 343.540 untuk kemudian dijual kembali(misal 1 bulan kedepan) apakah itu tidak rugi? saya cari informasi via google, katanya untuk investasi emas itu jangka waktunya lama, belasan hingga puluhan tahun(jika dimaksudkan untuk investasi) bukan tahun apalagi bulan :)

tambahan, bila membeli di tokomas terkenal di kota saya, harganya terpaut jauh, saya bisa dapat per gram sekitar 320-340rb(harga 20/02/2010) dan bila dijual kembali baik di toko tempat beli ataupun di tokolain, hanya dipotong Rp.5000 saja. saya rasa jauh lebih menguntungkan bila membeli di tokomas biasa(kwalitas bagus karena emas sumatera).

dengan profil saya yang sudah saya sebutkan diatas ditambah investasi untuk rencana menikah, apakah bila saya berinvestasi dengan membeli emas batangan(<100gr) di toko emas biasa termasuk cara yang baik? mohon tanggapannya

TEMPAT JUAL EMAS HASIL TAMBANG

trisyanto's picture

dear all,

salam kenal,
pekenalkan saya member baru nih.
saat ini saya punya saudara yang bergerak dibidang tambang emas, dan tinggal didaerah sulawesi tengah, bebeapa bulan terakhir, orang2 didaerah sana menemukan tambang emas yang lumayan berprosfek bagus, dalam 1 hari bisa menghasilkan -/+ 3kg emas/hari.

sekarang saudara saya meminta tolong kepada saya untuk dicarikan pembeli di daerah pulau jawa.
permasalahannya adalah saya tidak begitu tahu kemana mestinya saya harus menjual emas tersebut, saya sudah pernah tawarkan ke pihak ANTAM, tetapi meeka tidak menerima emas karena sudah punya tambang sendiri.

dengansaya mau minta tolong melalui forum disini, barang kali ada yang mengetahui kemana mestinya saya menjual emas tersebut?.

perlu diketahui kalo saya sudah menguji emas hasil tambang tersebut di PT. ANTAM, dan sudah mendapat sertifikat resmi dan asli dari ANTAM.

demikianlah surat terbuka yang saya buat, semoga temen2 senior diforum ini ada yang bisa bantu saya.
dan temen2 bisa mgehubungi saya di 0813 99 142 995 atau email : trisyantoatqdc [dot] co [dot] id

terimah kasih banyak

Trisyanto

saya tadinya juga mau menanyakan hal yg sama

NewBeginning's picture

mungkin juga karena yg produsen biasanya menjual harga ke pembeli retail harga yg lebih mahal dibanding ke pelanggan yang ingin menjual lagi produk ke konsumen retail ya?

 

ini supaya mendorong pelanggannya yang ingin menjual untuk bersemangat dalam menjual produknya (tidak kesel krn merasa percuma berjualan, krn bersaing dengan produsennya sendiri).

 

misalnya deh kl kita beli HP di produsennya langsung dibanding dgn yg dijual di toko HP biasa, malah biasanya lebih mahal.

 

bener ga ya?

benar sekali

autogebet's picture

benar sekali mbak Felice, kasus serupa itu terjadi pada:

1. Manager Investasi yang bekerjasama dengan Agen Penjual. Inget yang disampaikan pak Michael Schroder kan... kalau beli langsung ke Schroder/SCH, fee subs nya gede. tapi kalo beli di bank, fee bisa nego. Kalo SCH ngasi fee kecil, diprotes MI dong :)

2. Ada yang pakai Indosat BROOM? kalau di website, kartu perdana bisa dibeli di outlet2 resmi Indosat (dengan harga resmi). Kenyataannya, di outlet resmi tidak pernah ada stok, selalu dibilang habis. Ternyata, penjualan kartu perdana sengaja diserahkan kepada pasar (toko komputer di sekitarnya). Jadinya disengaja untuk beli dari toko, harga juga bisa "dimainkan" sesuai supply and demand.

menarik ya :p

benar boss, kartu perdana di

henripoer's picture

benar boss, kartu perdana di pasar/toko dijual tandem sama modem...  wah baru tahu kalo emas di antam ternyata lebih mahal dp di toko

begitulah peran

ito's picture

begitulah peran distributor/agen..kalo prinsipalnya ikut"an memasarkan malah jadi kacau.

makanya, kalo beli emas dlm satuan kecil jgn ke ANTM selain mahal prosedurnya repot..mending ke toko emas besar yg terpercaya :)

Saya beli LM di toko emas

sbastian's picture

Saya beli LM dgn sertifikat antam di salah satu toko emas di daerah cikini. Lumayan beda harganya jika beli di antam lansung....kata pemiliknya dia waktu beli pakai harga agen, jadi bisa dapat lebih murah. dan waktu jual ke konsumen dia bisa beri harga dibawah harga kl kita beli langsung dari antam...
Kita belinya juga bisa per gram dengan harga spot...sistemnya titip di pool account kita, jika sudah terkumpul sejumlah yang kita mau ambil fisiknya, baru kita ambil.
Cuma utk sistem itu ada biaya pembuatan accountnya dan biaya titip per th...

toko emas rekomen selain antam...

mia4_fstpt's picture

mohon info toko emas besar yg jual emas antam resmi, kalau memang harganya relatif lebih murah, kira2 berapa selisihnya?apa harga di toko tersebut terus terupdate dengan harga dr antam sendiri?

terima kasih

Toko Emas Ibukota the best Logam Mulia trader in Cikini

DewAsmara's picture

Setahu saya, patokan para spekulan logam mulia adalah harga di Toko Emas Ibu Kota, sama seperti patokan para IT adalah harga di ViraIndo hehehe.

Btw saya bukan pegawai Toko Emas Ibukota pemilik situs goldgram, tapi memang kenyataannya banyak orang menganjurkan beli emas batangan di sana.

Untuk emas perhiasan, benchmark nya di Toko Emas Roma pasar Cikini, biasa pejabat beli berlian dan emas di sana :D

Toko Emas??

wondercorn's picture

Kalau untuk daerah jakarta ada juga antamgold.com

Banyak teman2 yang membeli disana juga. Kebetulan kenal sama owner nya hehehe... :p

antamgold???Ogaah aahh

cybil's picture

Setahu saya antamgold bukan pionir dalam bisnis ini, cuma follower dari goldgram jadi buat apa ambil resiko.

jauh sebelum saya, nenek- kakek saya juga sdh langganan di toko emas ibukota. Siapa sih yang ga tahu goldgram di cikini??

domisili di JKT? kalo iya,

ito's picture

domisili di JKT? kalo iya, ke Toko Emas Ibukota saja...produk resmi dr ANTM utk gramasi 100g, beda harga antara 5000-8000/g. Harga update tiap hari, cek saja di www.goldgram.co.id

NB: Bro Gebet, sori bukan promosi lo (sy bukan karyawan ato pihak yg terafiliasi dg Toko Emas Ibukota).. just share saja

 

 

 

Hati-hati membeli emas di Toko Emas

Andhika_Krisna's picture

Dear All,

Hanya sekedar share saja :) saya dapat info dari teman saya yang memiliki toko emas. Menurut dia harga emas itu rata-rata memiliki patokan harga international jadi seharusnya tidak lebih mahal juga tidak lebih murah.

Hrg Emas International (Troy Onz)/31.1 * Kurs Dollar saat ini = Patokan Harga Emas.

Jika ada toko emas yang menjual lebih murah maka harus hati-hati. Karena kata dia terkadang emas tidak murni 999.99% bisa jadi 999% saja tanpa 0.99% nya.

Info dapat langsung dari teman yang memiliki toko emas. Memang sulit untuk membedakan kadarnya jika hanya beda tipis :)

Dan harga di PT.Antam memang lebih mahal kisaran 90rb-100rb dari kisaran hrg normal namun kadar di pastikan 999.99%

Hanya sekedar sharing :) mohon dikoreksi jika ada yg salah :)

Thanks
Andhika

Re: Hati-hati membeli emas di Toko Emas

sbastian's picture

trims bro atas warningnya.
Selama ini memang beli LM di toko emas selalu dapat sertifikat antamnya. Kalau ragu, bro bisa minta penjualnya utk tes kadar. Rata2 mereka punya alatnya, mulai dari sekedar timbangan air atau yg lebih canggih.

Untuk emas perhiasan, mungkin saja tiap toko emas bisa berbeda kemurniannya meskipun sama2 mengaku 22K..

Kemurnian emas perhiasan sama LM memang beda bro.

Kl LM 24K, kemurniannya 99.99%
kalau perhiasan 24K, kemurniannya dibawah 90%...makanya harganya keliatan lebih murah.

@ sbastian

Peapeace's picture

Bro, boleh tau alamat email-nya? alamat e-mail saya another [dot] peapeaceatgmail [dot] com

@Peapeace

sbastian's picture

ini bro

mohamad . sbastian at gmail . com

toko emas @ goldgram

mia4_fstpt's picture

setelah dicek, ternyata harga di toko emas itu lebih murah dr ANTAM, tapi mulai 50 gram ke atas...dibawah itu lebih mahal...

dimana lokasinya?

agustina fitria's picture

toko emas ibukota lokasi persisnya dimana sih?

alamat toko emas ibu kota cikini

cybil's picture

@ agustina :
fyi toko emas ibukota ada di pasar cikini, ruko sebelah masjid. bukan di dalam kios kios emas. Gampang kok tanya aja ke tukang parkir pasti tau deh.

maaf kalo oot

jolyonwak's picture

untuk pool acount ato nyicil emas di goldgram sama antamgold ada biaya per tahun 300 ribu dan deposit 200 ribu CMIIW yg mayan berat juga nih di kantong...
alternatif lain di pegadaian yg dikenakan biaya margin/titip 1% per bulan kalo ga salah..
enakan yg mana yah? kalo di pegadaian sih harga emasnya ga jauh dari antam alias cukup mahal..

Nyicil Emas Di pegadaian lebih OK :)

Andhika_Krisna's picture

Benar sekali bro :) Nyicil emas di pegadaian lebih profit. Kemarin saya habis ke Pegadaian pusat. Nah saya jelaskan detail sebagai berikut :

Nama Program dari pegadaian ini adalah KONSINYASI.

Jadi Pegadaian akan membantu menjualkan emas kita setelah cicilan emas yang kita cicil di pegadaian LUNAS. Keuntungan hasil dari penjualan emas ini 1% untuk kita dan 2% untuk pegadaian, TAPI... EMAS kita tidak hilang alias hanya dengan Renewal memakai materai Rp 6000 emas kita utuh lagi dan dapat kita ambil atau mau di KONSINYASI kembali dan begitu seterusnya.

Sebagai catatan Tidak ada biaya simpan. Hanya ada biaya saat cicil emas yaitu 1%/bln dari hrg emas yang kita cicil.

System konsinyasi hanya ada di Gerai Emas 24 di pegadaian pusat yaitu di Jl.Kramat Raya 162 Jakarta Pusat 10430 INDONESIA itu yang saya baru tau, untuk cabang pegadaian lain saya masih belum tahu...

Mohon koreksi jika salah :)

Thanks

wah makasih masukannya..

jolyonwak's picture

makasih mas andhika infonya...nanti saya coba kesana utk lebih detailnya..
trus kmrin liat iklan di tipi di bri syariah skrg jg bisa cicil emas...itu jg mau saya kunjungin untuk cari info, nanti saya share disini :)

sharing kepemilikan logam mulia di bri syariah

jolyonwak's picture

barusan ke bri syariah dan tanya2 soal kepemilikan logam mulia dengan cara cicil, berikut pemaparannya semoga membantu :
1. Harga LM disesuaikan dengan harga saat membeli (fluktuatif)
2. DP adalah 15% dari harga LM saat pembelian.
3. Pembelian minimal 10 gram kemudian berlanjut 25, 50, 100 dst
4. Ongkos cetak utk 10 gram adalah Rp.100.000,- dan untuk 100 gram tidak ada ongkos dikarenakan utk 100 gram memang sudah tercetak.
5. Biaya administrasi <= 50 gram adalah 50 ribu rupiah,-, >50-100 gram adalah 100 ribu rupiah, >100-250 gram adalah 250 ribu dan >250 gram adalah 1 juta rupiah. Biaya ini hanya dibayarkan sekali.
6. Tarif biaya sewa : untuk 1 s/d 5 thn = 1,25%/ BULAN
untuk 5 s/d 10 thn = 1,33%/BULAN dan >10 thn-15 thn =1,42 %/BULAN
8. syarat dokumen : KTP, KK , Slip gaji 1 bulan terakhir, FC buku tabungan bank lain.
Contoh kepemilikan:
Misal 1 gram LM =Rp.440.000 dan kita beli 10 gram maka menjadi Rp. 4.400.000.
Kemudian untuk biaya awal yg harus dibayarkan adalah :
15% x 4.400.000(DP) + 100.000 (ongkos cetak 10 gram (poin 4)+50.000 (biaya admin 10 gram) = Rp. 810.000,-
Sedangkan cicilannya, misal untuk 1 tahun adalah :
= biaya beli LM dikurangi DP
= 4.400.000 - 660.000
=3.740.000
ditambah biaya sewa tempat 1,25% x 3.740.000 = 46.750/BULAN
jadi cicilan perbulan untuk 1 tahun adalah :
3.740.000 / 12 bulan + 46.750
=Rp. 358.416
demikian, semoga bermanfaat
saya sih mau tanya2 yg pegadaian dulu apakah masih 1% per bulan..kalo masih ya saya ambil pegadaian aja :)

Jadi pengen ngitungin cicil beli emas

rdlshell's picture

jadi pengen ngitungin ni buat cicil beli emas. Tp secara kasat mata, kalau saja sewa 1,25% berarti setahun 15%, belum ditambah adiministrasi dan biaya lainnya. Dalam sejarahnya kenaikan harga emas dalam 20 tahun terakhir rata-rata 20% (pernah ngikutin seminarnya penulis buku tentang emas). Berarti hasil investasi bersih rata-rata 5%. kalau hasilnya ini sih sama sama money market.

Kembali kepada tujuan investasi, tujuan investasi emas untuk berapa lama dan untuk apa? ntar deh coba dihitung, mo nyekar dulu ni.

Pegadaian masih 1%

Andhika_Krisna's picture

Pegadaian masih 1% kok :) datangin aja pegadaian pusat tapi yang gerai EMAS 24 yah bukan yang shariah nanti tanya aja yang system konsinyasi :)

Memang harga klo kita cicil emas di pegadaian lebih mahal dikit blm tambah 1% / bln

Tapi system konsinyasi sepertinya bagus kok :)

Thanks
Andhika

Mending Beli cash

Icangta's picture

waduhhh, kalo dipikir2 mending beli cash (tabung dulu sampai ada duit Rp. 4.400.000) deh trus simpen di rumah tuh emas soalnya biaya pertahun bisa 500.000an, blm tentu kenaikan harga emas tersebut seharga RP. 500.000 dlm 1 thn :), betul gak? mohon di koreksi jika salah

Icangta

cash dong

joniwjy's picture

bagi yang beragama islam
untuk beli emas tidak boleh kredit
contoh
kredit :
misal beli emas 100 gram harga = 50.000.000
di bayar selama 10 bulan setiap bulan jadi 5.000.000
ini tidak dibenarkan menurut syariah

cicil:
misal harga emas/gram pada saat beli 500.000
saat beli kita punya uang 5.000.000
jadi kita hanya boleh beli 10 gram aja
bulan ke 2 harga emas/gram 550.000
kalo kita mau beli 10 gram yah harus bayar 5.500.000
begitu seterusnya...
jadi kalo cicil emas boleh ...

begitu untuk transaksi emas,perak dan beberapa jenis barang kebutuhan pokok
kalo barang (seperti mobil,motor, rumah dll) di perbolehkan kredit

wassalam

Bener beli Cash

rdlshell's picture

Bener Sis...mending beli cash

@Beli Cash

Kahfi's picture

Masalahnya di beberapa Kota sangat sulit utk membeli Logam Mulia secara Cash. Saya di Surabaya pernah Tlp Antam Sby. Mereka bilang utk beli cash tergantung stock. Kita gak bisa indent. Jadi harus sering2 ke Antam. Mereka jg gak bs kasih tgl kapan barang ready. Ke Pegadaian Sby juga harus dgn cara cicil. Toko Mas gak tau dah dimana Toko Mas Sby yg jual Logam Mulia Antam secara cash.

Jadi kalo Cash mending beli Emas Perhiasan. Atau Emas Koin punya Toko Perhiasan

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.