How to Lose Money in Investment: 20 Resep Jitu Hilang Uang di Pasar Modal

Sat, 02/11/2012 - 07:44
autogebet's picture

Buku ini adalah buah karya dari bro Jere, kontributor sekaligus donatur PortalReksadana, baru saja diterbitkan oleh Elex Media Komputindo, sudah tersedia di toko buku Gramedia.

Sedikit pengantar tentang content buku bro Jere, yang dikutip dari website Elex Media.

Berbicara tentang pasar modal, pasti yang langsung terbersit dalam pikiran kita adalah permainan jual beli saham, reksadana, valuta asing, dan komoditas. Jika kita berbicara tentang hal tersebut, pasti yang terbersit dalam pikiran kita adalah: Trading/investasi saham adalah cara cepat untuk menjadi kaya. Padahal, tidak begitu.

Dalam buku ini dibahas tentang 20 perilaku dan kesalahan-kesalahan konyol yang biasa terjadi di pasar modal. Akan tetapi, walaupun konyol, kesalahan-kesalahan tersebut ternyata memiliki dampak mematikan bagi para investor atau trader. Banyak orang (baik trader dan investor) yang miskin secara instan karena melakukan kesalahan-kesalahan ini ketika bermain saham.

Penyebab kekalahannya bisa bermacam-macam seperti salah perhitungan, karena mencoba menebak pergerakan bursa, cut loss paksa karena terkena margin call, ikut-ikutan beli dan jual karena percaya rumor, dan lain-lainnya lagi. Dengan latar belakang sebagai investor, praktisi, dan pengamat pasar modal di Indonesia, serta dengan pembuktian riset selama 5 tahun untuk membuktikan bahwa data yang digunakan dalam buku ini tetap valid, penulis menyuguhkan sebuah karya segar yang akan membuat Anda merasa tertampar dan sekaligus mengajak Anda untuk berhenti melakukan kebiasaan konyol nan mematikan tersebut.

Bro Jere memberikan penawaran terbatas bagi member PortalReksadana, yaitu:

  • Buku ditandatangani oleh bro Jere selaku sang penulis.
  • Harga buku Rp. 50.000, sudah termasuk ongkos kirim ke seluruh tujuan di Indonesia.

Bagi member yang berminat dengan buku ini, dapat pre-order dengan mengisikan form signup di akhir artikel ini. Sesudah mendaftar, silakan melakukan transfer langsung ke:

  • Rekening BCA No. 2671432888 atas nama Jeremia Jefferson.
  • Untuk memudahkan verifikasi, sertakan username pada berita transfer.

Masa pre-order hanya sampai tanggal 1 Maret 2012, sesudah itu seluruh pesanan akan diproses dikirimkan ke alamat masing-masing. Seluruh proses pemesanan ditangani langsung oleh sang penulis, saya hanya membantu menyebarluaskan kesempatan baik ini sebagai bentuk balas budi kepada donatur PortalReksadana.

Semoga bermanfaat :)

 

 

Comments

buku

ayahdecky's picture

buku masih dijual g bro jere ?? mohon info di email saya karena saya jarang membuka blog ini

email : ayahdeckysubarjaatgmail [dot] com

order dong bukunya

Rosalyn Paskah Magdalena's picture

masih bisa di order gak bukunya? penasaran mau baca nih.

Masih Bisa Pesankah ?

anantea's picture

Dear bro Jere,

Apakah bukunya masih ready stock untuk dijual ? Harga tetap atau ada diskon ? :-)

Bagaimana cara belinya ya ?

Terima kasih

Masih Bisa Pesan Bukunya gakk?

darma9's picture

Masih Bisa Pesan Bukunya gakk sekarang? coz bru register di portal reksadana,,jdi bru liat iklan buku bagus ini,,harganya skrg brapa + ongkos kirim ke Batam ??

bro jere pesen buku

repento's picture

bukunya masih bisa pesen bro ? harganya + ongkir ke kediri berapa ?

order buku

dafita's picture

Salam kenal, Bro Jere :D

masih bisa order buku nya ga ya?
telat nih baca info nya, udah lewat 1 maret hehe

trims

boleh saja, kalau sudah

jere's picture

boleh saja, kalau sudah transfer, kabari saja. silahkan email ke inboxatjerejefferson [dot] com

mau pesen juga

aidha's picture

Mau pesen juga dong yang bertanda tangan penulisnya, pak jere. Masih bisa kah? Apakah masih dengan harga 50k d an sudah termasuk ongkirnya.? Maklum saya ada di kalimantan nih..:-) trims

sudah saya transfer

pontash's picture

sudah saya transfer ya...makasih

Pesan Buku Bro Jere

tutis's picture

Saya pesan yaa..

siaap. tulis aja alamat

jere's picture

siaap. tulis aja alamat lengkap. nanti tinggal saya kirim.

Udah transfer

tutis's picture

Aq udh transfer yaa... via BCA, 27 Feb.

udah pesen

rdlshell's picture

Gw udah pesen 5 masing2 dari bro Jere sama bro Dunks,udah transfer juga kemaren. minta tanda tangan, sekalian pas photo...heheh

luar biasa. ini pesen

jere's picture

luar biasa. ini pesen 5..semoga jangan dipake buat ganjel pintu ya. =)

masih mau pesen

rdlshell's picture

yaaaa seneng lah klo temen bikin buku kan kereeeeeeeeen...buat contoh anak anak gw biar pada rajin... nanti masih mau pesen lagi kok...tp gk mau klo tulisannya gambar doank..heheh

baru baca bukunya sebagian

NewBeginning's picture

tadi aku baru baca bukunya sebagian, sangat menarik walaupun untuk orang awam di luar dunia investasi pun saya rasa bakal ngerti deh. karena bahasanya mudah dicerna dan ga ngebosenin/trlalu serius seperti banyak buku2 investasi lainnya.
mau tanya mengenai "menggunakan akal sehat" dalam valuasi saham, seperti di contoh buku itu KCAP (kode ticker rekaan bro Jere) saya rasa memang sangat mudah dimengerti kenapa tidak memilih saham tsb. namun dalam banyak kasus valuasi saham sering tidak semudah itu. apa ada saran2 lain bro Jere dalam "menggunakan akal sehat" ?

Sehat Ngakalin

jere's picture

terima kasih udah baca bukunya.

sejujurnya, saya emang jarang serius kalo udah ngomongin saham. =)
aslinya sih emang pas nulis, susah untuk membayangkan bagaimana mempermudah bahasa agar yang tidak ngerti jadi sedikit lebih ngerti.

untuk kasus valuasi saham,yes setuju sekali, bahwa memang tidak segampang itu. Judulnya aja valuasi, artinya ini berhubungan dengan nilai dan ini direpresentasikan dengan angka yang menggunakan studi statistik yang tidak sepele.

nah, kenapa saya saya langsung lompat ke akal sehat? karena pada akhirnya, hasil dari valuasi ini (yang seharusnya objektif) akan bergantung kepada keputusan dari manusia yang seringkali subjektif dan emosional.

saya seringkali "terperangkap" dengan paradigma seperti ini. dan saya rasa, kita semua juga sering mengalami hal ini dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya saham saja.

dalam praktisnya, apabila berhubungan dengan keterbatasan waktu, valuasi harus dibuat secermat dan sesingkat mungkin. contohnya: saya setiap minggu harus mencermati kurang lebih 100 saham. dengan bantuan beberapa orang analis dan berbagai report, ini tidak membuat keputusan investasi jadi tambah gampang..malah mumet karena harus diperiksa satu per satu.

keputusan investasi apabila bagi duit sendiri sih masih enak, tapi kalau ini duit orang lain, bebannya kan lebih banyak tuh. jadi tidak hanya "akal sehat" tapi juga "tanggung jawab" dalam konteks mengambil keputusan investasi atas dasar resiko rendah dan potensi return tinggi.

kalau ditanya saran selain "akal sehat", jawaban saya adalah "sehat ngakalin" =). ini maksudnya adalah kembali lagi kembali kepada keterbatasan kita dalam menelaah valuasi pada saham pilihan.

dengan tiap saham yang karakteristiknya berbeda, saya pikir ada baiknya berkonsentrasi dalam membuat list pertanyaan terkait perusahaan terkait. misalnya: jika terkait group bakrie, otomatis yang saya kejar adalah valuasi berkaitan dengan masalah hutang, politik dan hubungan dengan supplier.

jika berkaitan dengan saham astra, saya akan mengejar valuasi dengan tema pengembangan usaha, regulasi dan juga manajemen astra.

nanti saya akan coba posting case study yang lain.

semoga membantu.

Setuju dengan akal sehat

DewAsmara's picture

Benar, kasusnya tidak sesimple itu. Ambil contoh melakukan valuasi saham sejuta umat yang bikin heboh itu. Kebetulan itu adalah salah satu tugas akhir yang saya pilih sebagai prasyarat kelulusan mata kuliah Invesment Valuation sebelum memulai penulisan thesis saya tahun 2009.

Waktu itu dalam tim, terpecah dua pendapat, sebagian memilih harga 600, sebagian setuju harga 3000 (harga wajar convertible bonds nya jika ditukar saham). Saya sejujurnya tidak sependapat dengan harga 3000, tapi masalahnya, laporan keuangannya itu njelimet banget, banyak hidden numbers yang tidak tergambarkan dalam financial report nya. Jika pakai ilmu akuntansi kelas cetek pasti nyerah, harus mereka2 yang siang malam kerja jadi akuntan publik bisa menilai secara tepat laporan keuangannya. Itupun saya rasa bisa meleset.

Akhirnya saya bilang, sebagai ketua, ya sudah pakai saja angka 3000 kalau tidak ada "bukti-bukti" yang mendukung, karena ini kan untuk keilmuan, bukannya sedang stock picking di perusahaan asset manajemen. Masalahnya valuasi saham juga tergantung kepada sudut pandang dan asumsi perhitungan yang digunakan. Ini bedanya ekonomi dengan eksakta, di ekonomi semua memakai asumsi. Jadi benar atau salah itu relatif sekali.

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.