IPOT FUND, Supermarket ReksaDana Online

ipotfund's picture

Ada baiknya, sebelum membahas IPOT FUND, kita mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan ReksaDana. ReksaDana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portfolio Efek oleh Manajer Investasi yang telah mendapatkan ijin usaha dari Bapepam-LK atau yang sekarang lebih dikenal dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Oleh karena itu, ReksaDana merupakan produk yang aman dan berbeda dengan investasi bodong yang tidak memiliki dasar hukum yang jelas.

Imbal balik investasi (“return”) ReksaDana umumnya lebih tinggi dari produk yang ditawarkan oleh bank seperti tabungan atau deposito, dengan risiko yang berbeda-beda tergantung jenis ReksaDana yang dipilih. Risiko investasi pada ReksaDana jauh lebih kecil daripada investasi langsung dengan membeli saham perusahaan terbuka yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia, karena sifat diversifikasi yang dimiliki oleh ReksaDana dan faktor Manajer Investasi yang memiliki pengalaman dalam mengelola portfolio efek. Anda juga dapat mengurangi risiko dengan melakukan investasi pada beberapa produk ReksaDana, bukan hanya pada 1 produk ReksaDana saja.

Bagaimana cara melakukan investasi pada ReksaDana yang murah, mudah dan aman?

Jawabannya adalah di IPOT FUND, karena hanya di IPOT FUND yang memberikan 11 kelebihan sekaligus, yaitu:


  • Solusi Investasi Terintegrasi. Otomatis bisa transaksi saham dan ETF di IPOT, tidak perlu registrasi tambahan. Semua terintegrasi tanpa biaya bulanan dan minimum transaksi.
  • Konfirmasi transaksi dari Bank Kustodian T+1. Hanya di IPOTFUND, konfirmasi pembelian dan penjualan ReksaDana dari Bank Kustodian secara elektronik diberikan kepada nasabah pada T+1 dimana selling agent lain mengirimnya hanya melalui pos.
  • Bebas biaya pembelian dan penjualan ReksaDana. Untuk pembelian semua ReksaDana yang ada di IPOT FUND tidak dikenakan biaya apapun (alias gratis), namun ada beberapa Manajer Investasi yang mengenakan biaya penjualan selama jangka waktu tertentu, biasanya 1-2 tahun pertama, setelah itu bebas biaya penjualan. Biaya penjualan ini sepenuhnya akan diambil oleh Manajer Investasi. IPOT FUND sama sekali tidak mengambil biaya transaksi penjualan ReksaDana tersebut.
  • 1 Account untuk semua ReksaDana. Registrasi, Rekening Bank, dan Laporan ReksaDana semuanya dalam satu account atas nama Nasabah sendiri.
  • Beragam pilihan produk ReksaDana. Akses kepada 151 produk ReksaDana, baik pasar uang, pendapatan tetap, campuran maupun saham dari 30 Manajer Investasi ternama di Indonesia.
  • Tidak memerlukan tandatangan basah (“wet signature”) untuk transaksi pembelian dan penjualan ReksaDana. Pembelian dan penjualan ReksaDana semuanya dilakukan secara online melalui platform IPOT FUND, sehingga tidak memerlukan tanda tangan basah setiap kali Nasabah melakukan transaksi.
  • Kepemilikan Unit ReksaDana dicatat atas nama Nasabah sendiri. Keamanan atas kepemilikan unit ReksaDana sangat dijamin, karena dicatat atas nama Nasabah sendiri oleh Bank Kustodian di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Dana Nasabah disimpan atas nama Nasabah sendiri. Keamanan dana yang dimiliki oleh Nasabah disimpan di Rekening Dana Investor (RDI) di bank yang ditunjuk oleh Otoritas Jasa Keuangan, terpisah dari rekening bank milik Indo Premier (IPOT FUND).
  • Database ReksaDana terlengkap dan ter-update. IPOT FUND memiliki database semua produk ReksaDana yang ada di Indonesia dan dapat dianalisa dengan menggunakan tools Fund Screener secara Mudah dan Gratis.
  • Keamanan yang sangat terjamin. Transaksi melalui IPOT FUND sangat terjamin keamanannya, karena menggunakan SSL-256 bit dan PIN Trading pada setiap transaksi.
  • Multi-Platform. IPOT FUND dapat digunakan pada Multi Platform, baik desktop, laptop, tablet, dan smartphone, kapan saja dan dimana saja.

Bagaimana memulai ber-investasi di ReksaDana melalui IPOT FUND?

Mudah sekali. Nasabah hanya perlu membuka Rekening IPOT FUND secara Online di www.ipotfund.com dengan mengisi Formulir Pembukaan Rekening pada bagian kanan atas.

Dengan melakukan pembukaan rekening di IPOT FUND, maka setelah Rekening IPOT FUND siap digunakan (kurang lebih 3-5 hari kerja setelah dokumen asli diterima oleh IPOT FUND), maka Nasabah sudah dapat melakukan pembelian produk ReksaDana dari Manajer Investasi sebagai berikut:


  • PT Bahana TCW Investment Management
  • PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen
  • PT BNP Paribas Investment Partners
  • PT First State Investments Indonesia
  • PT Indo Premier Investment Management
  • PT Manulife Aset Manajemen Indonesia
  • PT RHB OSK Asset Management
  • PT Sinarmas Asset Management
  • PT Syailendra Capital
  • PT Trimegah Asset Management
  • PT CIMB Principal Asset Management
  • PT Pratama Capital Assets Management
  • PT Maybank GMT Aset Manajemen
  • PT AAA Assets Management
  • PT MNC Asset Management
  • PT Avrist Asset Management
  • PT PNM Investment Management
  • PT AXA Asset Management Indonesia
  • PT Ciptadana Asset Management
  • PT Mega Capital Investama
  • PT Mega Asset Management
  • PT BNI Asset Management
  • PT Prospera Asset Management
  • PT Kresna Assets Management
  • PT Semesta Asset Management
  • PT Sucorinvest Asset Management
  • PT Danareksa Investment Management
  • PT Pinnacle Persada Investama
  • PT Mandiri Manajemen Investasi

Bagaimana memilih ReksaDana yang bagus?

Memilih ReksaDana harus disesuaikan dengan profil risiko (“Risk Profile”) masing-masing. Berdasarkan profil risiko yang dimiliki, Anda dapat memilih dan membandingkan ReksaDana yang paling baik dan cocok untuk Anda melalui link berikut:
https://www.ipotfund.com/pages/newsResearch/fundSelector.php

Anda juga dapat melihat dan membandingkan performa (kinerja) ReksaDana sejenis secara cepat dengan menggunakan metodologi Simple Weighting and Scoring dari pergerakan NAV suatu periode tertentu, nilai dari Sharpe Ratio dan Downside Ratio, dengan menggunakan tools Fund Evaluator yang dapat diakses melalui link berikut:
https://www.ipotfund.com/pages/newsResearch/fundEvaluator.php

Bagaimana memulai melakukan transaksi pembelian dan penjualan ReksaDana?

Nasabah dapat melakukan transaksi pembelian, penjualan maupun pengalihan ReksaDana dengan menggunakan menu transaction yang ada di IPOT FUND. Nasabah juga dapat melihat portfolio, assets allocation dan historical order and transaction.

Nah... Dengan kemudahan yang diberikan oleh IPOT FUND, apalagi yang harus ditunggu.

Kunjungi website kami di www.IPOTFUND.com. BERINVESTASI TIDAK PERNAH SEMUDAH INI.

add facebook like button

Comments

pertanyaan tentang SID

dona kalit's picture

Salam kenal bu Riri

saya pernah beli reksadana di comm..bank, dan sdh menjualnya tapi tidak menutup akun/ rek di bank tersebut, karena bank nya cuma ada di ibukota prop saya, jdinya saya hanya sisakan saldo minimal dan berharap tertutup dengan sendirinya sesuai ketentuan bank karena saldo tergerus biaya admin. Beberapa waktu lalu saya dapat sms yang memberitahukan tentang nomor SID saya, berhubung hp pernah hilang, semua sms jg hilang, jdi nomor SID nya jg hilang/ tidak hapal. Bagaimana solusinya ya bu, karena di form buka akun di IPOTFUNd, ada kolom SID. dan sepengertian saya nomor SID itu hanya 1/ nasabah yang dipake untuk kesemua jenis transaksi di MI manapun.

Terimakasih sebelumnya

IPOTSTOCK

hidayat3726's picture

Selamat pagi

1.misal Sy mau beli ataupun jual saham via ipot stock apakah ada cut off timenya spt kalau kita beli reksadana

2. Apakah ada biaya penjualan maupun pembelian

Re : IPOTSTOCK

riri.sulinantri's picture

Selamat Pagi Pak Hidayat,

Menjawab pertanyaan Bapak;

1. Di IPOTSTOCK ada yang namanya jam perdagangan, dimana jika market tutup di sore hari, maka order yang belum done harus dipasangkan kembali keesokan harinya. Atau bisa juga dipasangkan order secara otomatis dengan menggunakan GTC, sedangkan jika membeli reksadana jika cut off time jam 13 maka akan dijalankan lagi keesokan harinya.

Di bawah ini jam perdagangan bursa :
16923910_120300002273151901_1660664136_n

2. Untuk saham ada biaya fee beli 0.19% fee jual 0.29%

Demikian penjelasannya Pak.
Terima kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

Ingin sekali bergabung Ipotfund, tapi takut penipuan & fiktif.

vputri's picture

Dear Ibu,

Saya sungguh pendatang baru dan baru mencari informasi mengenai reksadana. Saya ingin sekali melakukan investasi reksadana dan saya sudah gugling mengenai IPOTFUND (banyak sekali artikel2 positif dan bersifat persuasif). Karena beberapa artikel di internet sangat mengapresiasi IPOTFUND sehingga membuat saya tertarik untuk membuka akun di IPOT, namun saya masih punya keraguan dan ketakutan yg sgt besar, sy khawatir akan penipuan dan uang yg telah saya setorkan untuk menjadi investasi reksadana ini, akan menjadi transaksi fiktif. Sehingga akan membuat saya kehilangan materi dan waktu. Mohon pencerahan nya, bagaimana cara agar IPOTFUND dapat menjelaskan dan memberikan fakta agar saya memantapkan hati untuk bergabung dengan IPOT.

Terima kasih.

Re : Ingin Sekali Bergabung IPOTFUND

riri.sulinantri's picture

Dear Mbak Vputri,

PT. Indo Premier Securities (IndoPremier) adalah perusahaan penyedia jasa keuangan terintegrasi di pasar modal yang melayani klien individu maupun korporasi berdasarkan ijin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor KEP-11/PM/PPE/1996. Saat ini IndoPremier tidak hanya sebagai pialang saham namun juga sebagai perantara untuk transaksi ETF dan reksadana. Dalam bidang usahanya, IndoPremier bergerak di bidang penjualan efek, underwriting (penjamin efek) dan asset management.

IndoPremier juga sering mendapatkan award, seperti yang ada di link ini :
Awards & Achievements

Selain itu, nasabah menyetor dananya di RDI (Rekening Dana Investor) atas nama Nasabah itu sendiri. Keuangan nasabah yang ada di Bank (RDI/RDN), bila bank tersebut bankrut maka dana nasabah akan dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) sebesar Dua Milyar rupiah (Rp.2 Mily)

Aset ReksaDana dicatat dan disimpan dalam rekening khusus oleh Bank Kustodian serta terpisah dari aset MI (Manajer Investasi) maupun dari asset Bank Kustodian.
Asset ini (biasa disebut AUM Asset Under Management atau Dana Kelolaan) dikelola oleh MI sedangkan bank kustodian diberi mandat untuk menyimpan kekayaan ReksaDana dan melakukan administrasi pencatatan maupun monitoring terhadap pengelolaan dana oleh MI.
Jadi, aset ReksaDana terlindungi jika terjadi sesuatu dengan Bank Kustodian maupun Manajer Investasi sebagaimana dijelaskan dalam UU Pasar Modal dan Peraturan Otoritas.

Apabila Perjanjian Kerjasama Distribusi ReksaDana berakhir karena Indo Premier Securities sebagai pemilik dan pengelola IPOTFUND dinyatakan pailit/tidak beroperasi, maka berlaku ketentuan berikut ini:
a. IPOTFUND wajib mengumumkan kepada semua Pemegang Unit Penyertaan bahwa IPOT-FUND tidak lagi menerima instruksi pembelian Unit Penyertaan Reksa Dana;
b. IPOTFUND tetap berkewajiban untuk meneruskan instruksi penjualan kembali (redemption) dari Pemegang Unit Penyertaan kepada MI yang bersangkutan;
c. Manajer Investasi tetap berkewajiban untuk membeli kembali Unit Penyertaan yang dijual oleh Pemegang Unit Penyertaan sesuai dengan ketentuan dalam Prospektus dan KIK. IPOTFUND.

Demikian penjelasannya Mba Vputri.
Jika ingin bergabung di IPOTFUND bisa hubungi via wa di 085885996699
Terima kasih.

Regards,

Riri
www.indopremier.com

Pembelian reksadana

andian's picture

Selamat malam
Mbak Riri

Tgl. 27 Jan 2017 saya ada beli 2 reksadana dan baru satu yang mengirimkan konfirmasi pembelian dari bank kustodian dan yang satunya sampai sekarang belum di kirim konfirmasi pembeliannya dari bank kustodian.
mohon bantuanya.

Terima kasih

Re : Pembelian ReksaDana

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak/Ibu Andian,

Tidak semua Bank Kustodian mengirimkan konfirmasi pembelian melalui pos. Bank kustodian BRI dan BNI tidak mengirimkan melalui pos.
Akan tetapi selain lewat pos, Bapak/Ibu bisa juga melihat konfirmasi melalui email pribadi yang sudah didaftarkan atau melalui web www.indopremier.com - login - pilih "Historical Transaction" - Pilih PDF yang berisi surat konfirmasi pembelian dari Manajer Investasi. Walaupun bukan berbentuk fisik tapi memiliki kekuatan hukum yang sama dengan yang dikirimkan melalui pos.

Demikian penjelasannya Bapak/Ibu Andian,
Terima Kasih.
Selamat Beraktivitas kembali.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

Belum ada laporan

Sagara's picture

Selamat sore ibu riri maaf masih newbi , tapi saya sudah 2x melakukan pembelian tapi kok belum ada laporan transaksi dari bank kustodian yaa, pembelian pertama pd bln des 2016 yg ke 2 pd bln januari pd tgl yg sama 26,tapi sampe sekarang belum ada konfirmasinya lewat pos maupun email....mohon pencerahannya bu

Re: Belum Ada Laporan

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak/Ibu Sagara,

Tidak semua Bank Kustodian mengirimkan konfirmasi pembelian melalui pos. Bank kustodian BRI dan BNI tidak mengirimkan melalui pos.
Akan tetapi selain lewat pos, Bapak/Ibu bisa juga melihat konfirmasi melalui email pribadi yang sudah didaftarkan atau melalui web www.indopremier.com - login - pilih "Historical Transaction" - Pilih PDF yang berisi surat konfirmasi pembelian dari Manajer Investasi. Walaupun bukan berbentuk fisik tapi memiliki kekuatan hukum yang sama dengan yang dikirimkan melalui pos.

Bapak/Ibu Sagara bisa informasikan nama Bapak/Ibu, tanggal pembelian serta nama produk ReksaDana yang dibeli tetapi tidak menerima konfirmasi baik melalui pos maupun email dan pdf. Informasi tersebut dikirimkan melalui email ke supportatindopremier [dot] com

Terima kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

Menunggu confirmation notice

Sagara's picture

Asslmmualaikum dan Met mlm bu Riri, saya sudah kirimkan email ke supportatindopremier [dot] com,muda2han ada pencerahan lanjutan, trus saya mau tanyakan apaka bisa kalau saya sudah buka rekening di bank mandiri trus saya daftar di ipotfund.?? Atau kalau ibu berkenan tlg di add WA saya atas nama eddy patabuga di no 082194012656, atau add bbm saya 24CE0613.....maaf bu soalnya masih buta banget ttg investasi tapi kepingin ada jaminan di hari tua bu. Makasih sebelumnya

Re : Menunggu Confirmation Notice

riri.sulinantri's picture

Wa'alaikumsalam Bapak Segara,

Apabila Bapak sudah buka rekening di Bank Mandiri, tetap bisa daftar di IPOTFUND.
Jika maksud Bapak adalah menambahkan rekening pribadi Mandiri di IPOTFUND, maka tahapannya sebagai berikut :
1. Login ke website www.indopremier.com - Account Profile - Account Setting - masukkan Secure PIN - Bank Account - Add Bank Account
2. Masukkan data rekening Bank pribadi yang ingin dirubah atau ditambahkan pada bagian Add Bank Account - Centang kolom Saya menyetujui ketentuan dan kondisi yang berlaku - Submit Add Account - Confirm
3. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor telepon yang terdaftar - Submit

Setelah proses perubahan/penambahan rekening bank pribadi berhasil maka perubahan/penambahan rekening bank pribadi akan berubah di akun IPOT Bapak.

Demikian penjelasannya.
Terima kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

Makasih mba atas bantuan n'

Sagara's picture

Makasih mba atas bantuan n' pencerahannya..

Re : Terima Kasih Kembali

riri.sulinantri's picture

Terima kasih kembali Pak Sagara.
Selamat Beraktivitas kembali.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

Indopremiere ETF Indonesia Sovereign Bond

b_ardi's picture

Selamat siang,

Mohon info bagaimana caranya untuk membeli Indopremiere ETF Indonesia Soveregin Bond?

Terima kasih

Re : Premiere ETF Indonesia Sovereign Bonds

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak Ardi,

Saat ini ETF Indonesia Sovereign Bonds belum bisa dijual retail,Pak.

Terima kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

Penambahan Produk Reksadana IPOTFUND

riri.sulinantri's picture

Kabar Gembira, diinformasikan bahwa di IPOTFUND bertambah lagi Reksa Dana baru dari PT Ciptadana Asset Management dengan produk Reksa Dana Cipta Bond (FI) yang dapat di perjual-belikan setelah cut-off time tanggal 23 November 2016.

Jumlah Reksa Dana Available for Purchase di IPOTFUND bertambah menjadi 151 Reksa Dana dari 30 Manajer Investasi.

Terima kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

Pembelian reksadana blom di proses

peribunga's picture

Saya baru member ipot, rabu kemarin tanggal 23 november saya order trim syariah saham namun hari ini saya cek di historical order statusnya masih temp nav dan portfolio summary dana masih dalam proses. Kenapa lama sekali yah ?

Re : Pembelian ReksaDana

riri.sulinantri's picture

Dear Ibu Peribunga,

Terima kasih sudah menjadi nasabah IPOT dari IndoPremier.
Apabila pembelian hari Rabu tgl 23 November dilakukan di atas jam 13.00 maka baru akan diproses hari Kamis tgl 24 November dan masuk di portfolio maksimal T+2 (2 hari kerja, tidak termasuk sabtu minggu) berarti akan ada di portfolio hari Jumat malam.
Bila pembelian hari Rabu di bawah jan 13 maka akan ada di portfolio kamis malam.
Prosesnya termasuk cepat, Bu Peribunga. Diproses oleh Bank Kustodian.

Berikut alur pembelian ReksaDana :

alur-pembelian-ipotfund

Demikian penjelasannya.
Terima kasih.
Happy Friday.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

Unit redemption di IPOTFUND

b_ardi's picture

Halo,

Saya beberapa waktu lalu melakukan unit redemption.
Hari ini saya dapat info kalau unit sudah selesai dicairkan oleh bank kustodian.

Tapi kok sampai saat ini, saya belum mendapatkan pencairan tsb masuk ke rekening pribadi yang saya pilih pada awal proses redemption.
FYI, rekening yang saya pilih adalah bukan RDI saya di BCA.

Bukankah seharusnya pencairan masuk ke rekening yang saya pilih?

Mohon info.

Thanks

Re : Unit Redemption di IPOTFUND

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak Ardi,

Untuk redemption berdasarkan ketentuan dari Bank Kustodian yang terdapat dalam prospektus membutuhkan waktu maksimal 7 hari kerja.

Berikut ini alur penjualan ReksaDana :

alur penjualan IPOTFUND

Demikian penjelasannya Pak Ardi.
Semoga membantu.

Terima kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

update nab & proses pembelian reksadana

waridah's picture

Bu Riri, saya lihat beberapa hari ini nab di my portfolio reksadana saya masih tetap sama. apakah belum diupadate?

saya beli reksadana saham dan reksadana pendapatan tetap tgl 15 agustus 2016, tapi sampai sekarang utk reksadana saham statusnya masih "order processed" dan utk reksadana pendatapan tetap statusnya masih "temporary nav". kenapa prosesnya lama tidak seperti biasanya?

tolong informasi.

atas perhatian ibu saya sampaikan terima kasih banyak.

salam

Re: Update NAB & Proses Pembelian ReksaDana

riri.sulinantri's picture

Dear Ibu Waridah,

Ada beberapa produk ReksaDana yang belum terupdate NAB nya dikarenakan dari pihak Bank Kustodiannya belum memberikan datanya.
Berdasarkan informasi yang kami peroleh, Bank Kustodian sedang melakukan update sistem dengan KSEI.

Demikian penjelasannya Ibu Waridah
Terima kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

update reksadana harian

samhudi's picture

bu riri mau konfirmasi, apakah saldo reksadana harian hari ini jam 08.00 di my portofolio sudah ter update dengan benar semuanya yaa, soalnya saya lihat di websitenya kontan sama infovesta belum terupdate secara harian per hari ini, apakah di ipotfund juga terlambat soalnya biasanya setiapa hari jam 08.00 cek saldo di my portofolio kemudian di cross dengan infovesta dan kontan selalu ok, terima kasih

Re : Update ReksaDana Harian

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak Samhudi,

Saldo ReksaDana harian yang Bapak sebutkan maksudnya adalah NAB (Nilai Aktiva Bersih), setiap hari diupdate Pak.
Boleh info ReksaDana apa yang Bapak maksud? Karena ada 140 produk ReksaDana yang ada IPOTFUND, sehingga untuk mempercepat pemeriksaan Bapak bisa sebutkan lebih spesifik nama produknya.

Terima kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

iya bu,rds saham axa

samhudi's picture

iya bu,rds saham axa citradinamis,cimb prinsip islamic growth syariah,dana pratama ekuitas,rhb osk alpha sector rotation soalnya saya biasa cross dengan infovesta dan kontan pasti sesuai, kebetulan per jam 8.00 sampai saat ini di infovesta sama kontan belum ter update jadi saya mau confirm aja bu, apakah di iputfund di my portofolio sudah ter update per hari ini terima kasih

Re : RDS Saham AXA

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak Samanhudi,

Setelah diperiksakan, ada beberapa produk ReksaDana yang belum terupdate NAB nya dikarenakan dari pihak Bank Kustodiannya memberikan datanya.
Berdasarkan informasi yang kami peroleh, Bank Kustodian sedang melakukan update sistem dengan KSEI.

Demikian penjelasannya Pak Samanhudi.
Terima kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

Ok terima kasih ibu riri atas

samhudi's picture

Ok terima kasih ibu riri atas penjelasanya, mudah-mudahan untuk kedepan lebih baik lagi dan normal seperti sebelumnya, sehingga akan lebih nyaman dan tenang dalam berinvestasi reksadana terutama di IPOT

Re : Terima Kasih Kembali Pak Samanhudi

riri.sulinantri's picture

Terima kasih kembali Pak Samanhudi.
Kita doakan bersama ya Pak agar supaya Bank Kustodian bisa segera memberikan data NAB terupdate sehingga nasabah bisa lebih tenang dan nyaman dalam berinvestasi.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

Mau tanya. jangka waktu

risito's picture

Mau tanya. jangka waktu penjualan reksadana kita berapa hari ya? terus jangka waktu pencairan dana dari RDI ke rekening kita brp hari? terima kasih..

Re : Mau Tanya Jangka Waktu

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak/Ibu Risito,

ReksaDana yang Bapak/Ibu miliki bisa dijual kapan saja, tidak ada jangka waktu seperti deposito.
Hanya saja jangka waktu investasi ReksaDana disesuaikan dengan jenis ReksaDana.

Jenis ReksaDana beserta jangka waktu yang sesuai :

1. Reksadana Pasar Uang (RDPU)/ Money Market (MM)
Pada RDPU, manajer investasi (MI) menginvestasikan uang  ke dalam instrumen-instrumen investasi pasar uang seperti deposito, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan obligasi (surat utang) yang jangka waktunya < 1 tahun. Cocok untuk investasi di bawah 1 tahun.

2. Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT)/ FIxed Income (FI)
Pada RDPT, MI akan menginvestasikan sebagian besar uang ke dalam obligasi. Sisanya bisa diinvestasikan ke saham dan/atau instrumen-instrumen investasi pasar uang.
Cocok untuk investasi di bawah 1-3 tahun.

3. Reksadana Campuran (RDC) / Balanced Fund (BF)
Pada RDC, MI akan menginvestasikan uang secara berimbang ke dalam saham dan obligasi.
Cocok untuk investasi di bawah 3-5 tahun.

4. Reksadana Saham (RDS) / Equity Fund (EF)
Seperti yang sudah anda ketahui, pada RDS, MI akan menginvestasikan sebagian besar uang ke dalam saham. Sisanya bisa diinvestasikan ke dalam instrumen-instrumen investasi pendapatan tetap dan pasar uang.
Cocok untuk investasi di atas 5 tahun.

Terlepas dari penjelasan di atas, ReksaDana bisa dicairkan kapan saja dan tidak ada penalti.

Jangka waktu pencairan dana dari RDI ke rekening pribadi bisa dihari yang sama, tergantung bank penerima. Penarikan dana dilakukan sebelum jam 15.00 agar bisa diproses dihari yang sama. Bila lewat dari jam 15.00 akan diproses keesokan harinya.
Diproses dihari bursa (tidak termasuk hari libur, sabtu dan minggu)

Sedangkan jika penarikan dana berasal dari penjualan ReksaDana maka maksimal masuk ke rekening pribadi T+7 atau sesuai tabel di bawah ini :

alur penjualan IPOTFUND

Demikian penjelasannya.
Terima kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

tanya SID

roy5758's picture

mau tanya.
kemarin saya sudah coba daftar ipotfund dan dapat email untuk melengkapi data dan siap dikirim via pos. data kemarin saya isi dengan belum punya sid.
masalahnya adalah :
1. saya kemarin juga sudah daftar reksadana di salah satu bank, dan untuk bisa beli reksadana harus punya sid dulu, sehingga langsung didaftarkan oleh bank tersebut.
2. sampai sekarang saya belum dapat sid tersebut
pertanyaan :
1. apakah pendaftaran ipotfund ini bisa saya kirim sekarang dan dapat sid lagi dari ipotfund (jadi double sid)?
2. atau ipodfund bisa sinkron sid saya dari bank tersebut (jikalau memang sudah jadi)?
3. atau nunggu sid dari bank tersebut jadi dan daftar di ipotfund mulai awal dan memasukkan sid saya dari bank tersebut?

terima kasih sebelumnya

Re : Tanya SID

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak Roy,

Menjawab pertanyaan Bapak Roy,

1. Pendaftaran IPOTFUND bisa Bapak kirim sekarang, sedangkan SID yang Bapak miliki tetap hanya 1 SID, jadi tidak double SID.
2. Jikalau SID memang sudah jadi maka akan disinkronkan oleh KSEI, karena SID tersebut diproses oleh KSEI berdasarkan KTP nasabah.
3. Tidak perlu menunggu SID dari Bank tersebut. Bapak bisa langsung registrasi di IPOTFUND tanpa harus menunggu SID dari Bank.

Ditunggu ya Pak Roy, registrasi di IPOTFUND nya :)

Demikian penjelasannya.
Terima kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

terima kasih

roy5758's picture

terima kasih bu riri

Sub Account di IPOTFUND

neolepank's picture

Dear Mbak Riri,

Saya ingin tanya pabila kita membuat dan mengelola menu sub account di IPOTFUND dikenakan biaya bulanan?

terimakasih

Re : Sub Account di IPOTFUND

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak/Ibu Neolepank,

Apabila Bapak/Ibu Neolepank ingin membuat dan mengelola menu sub account di IPOTFUND sama sekali tidak dikenakan biaya apapun alias Free.

Sub Account sangat bermanfaat bila ingin mengalokasi investasi reksa dana yang kita miliki di portofolio ke dalam Sub Account yang sudah kita buat sesuai kebutuhan (misal untuk pensiun, pendidikan, berlibur, dll)

Selamat mencoba Pak/Bu Neolepank.
Terima kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

Terms and Conditions Vs Prospectus berbeda??

ciwing's picture

Hai Mba riri...

Saya adalah seorang pemula di investasi reksadana. Saya iseng membaca isi prospectus dan factsheet beberapa produk reksadana. Ada satu hal yang membingungkan saya, Kok isi Prospectus berbeda dengan isi Terms and Conditions yang di sajikan laman IPOTFUND khususnya yang berkaitan dengan BIAYA Subscription dan biaya Redemtion.

Saya ambil contoh produk reksadana campuran HPAM Flexi Plus, di Terms and Conditions yang ditampilkan di laman IPOTFUND kedua-duanya tidak dikenakan biaya pembelian dan penjualan, tetapi pada saat saya baca di prospectus produk reksadana tsb, kok dinyatakan biaya pembelian Unit Penyertaan sebesar maksimal 2%(dua per seratus) dari nilai transaksi pembelian dan biaya penjualan kembali Unit Penyertaan sebesar maksimum 5% (lima per seratus) dari nilai transaksi penjualan kembali.

Mohon pencerahannya Mba...

Re : Term and Conditions Vs Prospectus

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak/Ibu Ciwing,

Memang betul untuk Terms and Conditions yang ada di IPOTFUND berbeda dengan yang ada di prospektus berkaitan dengan Biaya Subscription dan Redemption.

Jadi untuk pembelian semua ReksaDana yang ada di IPOTFUND tidak dikenakan biaya apapun (alias gratis), namun ada beberapa Manajer Investasi yang mengenakan biaya penjualan selama jangka waktu tertentu, biasanya 1-2 tahun pertama, setelah itu bebas biaya penjualan. Biaya penjualan ini sepenuhnya akan diambil oleh Manajer Investasi. IPOTFUND sama sekali tidak mengambil biaya transaksi penjualan ReksaDana tersebut.

Demikian penjelasannya.
Terima Kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

mohon bimbingan

dedy281's picture

Selamat malam Bu Riri

Mohon bimbingan nya ,untuk mengirim hardcopy salahsatunya harus melampirkan fotocopy rekening buku tabungan halaman pertama ,kebetulan buku tabungan saya hilang ,pertanyaannya apa bisa hanya mengirim screenshot klikBCA??
saya daftar ipotfund nya melalui phone ..
Mohon penjelasnnya saya mau belajar investasi Reksadana melalui ipotfund ..
Jika berkenan Bu Riri invite PIN 5732CA1C atau WA 082216112620 ..
Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih .

Re : Mohon Bimbingan

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak Dedy,

Tidak masalah bila Bapak Dedy melampirkan screenshot klik BCA. Karena yang akan dilihat adalah nama dan nomer rekeningnya.

Untuk live chat seputar investasi ReksaDana melalui IPOTFUND, Bapak bisa langsung download di HP applikasi Telegram kemudian search IPOTBOT.
Atau jika tidak ingin download app di HP,bisa juga di website dengan link https://web.telegram.org/#/im?p=@IPOTBOT

Demikian penjelasannya Pak Dedy.
Selamat Beraktivitas.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

mba riri, ane mo tanya nih

rezuzovka's picture

mba riri, ane mo tanya nih :
1. bagaimana keuangan nasabah yang ada di Bank tersebut (RDI / RDN) bangkrut?
2. bagaimana keuangan nasabah / dana masyarakat yang dihimpun dan dikelola oleh Fund Manager yang disimpan di Bank Kustody tersebut bangkrut?
3. bagaimana jika perusahaan / saham dari pemegang reksadana tersebut gulung tikar?
4. bagaimana dengan nasabah yang terdaftar di suatu MI /sekuritas yang apabila collapse?
5. bagaimana jika sdh terlanjur invest reksadana di unit link, dimana asuransi tersebut collapse?
6. apabila market crash / penurunan IHSG, apakah dana yang di invest di reksadana tersebut bisa habis?

Re : Jawab Pertanyaan Bapak/Ibu Rezuzovka

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak/Ibu Rezuzovka,

Riri akan bantu jawab pertanyaan Bapak/Ibu satu per satu :

1. Keuangan nasabah yang ada di Bank (RDI/RDN), bila bank tersebut bankrut maka dana nasabah akan dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) sebesar Dua Milyar rupiah (Rp.2 Mily)

2. Aset ReksaDana dicatat dan disimpan dalam rekening khusus oleh Bank Kustodian serta terpisah dari aset MI (Manajer Investasi) maupun dari asset Bank Kustodian.
Asset ini (biasa disebut AUM Asset Under Management atau Dana Kelolaan) dikelola oleh MI sedangkan bank kustodian diberi mandat untuk menyimpan kekayaan ReksaDana dan melakukan administrasi pencatatan maupun monitoring terhadap pengelolaan dana oleh MI.
Jadi, aset ReksaDana terlindungi jika terjadi sesuatu dengan Bank Kustodian maupun Manajer Investasi sebagaimana dijelaskan dalam UU Pasar Modal dan Peraturan Otoritas.

3. Jika emiten gulung tikar maka Manajer Investasi akan mengganti komposisi atas pengelolaan saham tersebut karena dalam suatu produk ReksaDana terdiri dari puluhan saham dari puluhan emiten.

4. Otoritas akan mencarikan perusahaan lain (Manajer Investasi/MI) yang bisa mengambil alih pengelolaan dana investor atau Otoritas akan memerintahkan MI untuk mengirimkan surat kepada investornya mengenai rencana penghentian kegiataan usahanya dan memberitahukan mengenai prosedur penjualan ReksaDana secara rinci.

Apabila Perjanjian Kerjasama Distribusi ReksaDana berakhir karena Indo Premier Securities sebagai pemilik dan pengelola IPOTFUND dinyatakan pailit/tidak beroperasi, maka berlaku ketentuan berikut ini:
a. IPOTFUND wajib mengumumkan kepada semua Pemegang Unit Penyertaan bahwa IPOT-FUND tidak lagi menerima instruksi pembelian Unit Penyertaan Reksa Dana;
b. IPOTFUND tetap berkewajiban untuk meneruskan instruksi penjualan kembali (redemption) dari Pemegang Unit Penyertaan kepada MI yang bersangkutan;
c. Manajer Investasi tetap berkewajiban untuk membeli kembali Unit Penyertaan yang dijual oleh Pemegang Unit Penyertaan sesuai dengan ketentuan dalam Prospektus dan KIK. IPOTFUND.

5. Unitlink adalah asuransi yang dikombinasi dengan investasi, perusahaan asuransi hanya sebagai agen atau biasanya dikelola oleh anak perusahaan asuransi tersebut. Unitlink sulit dievaluasi, sehingga sebaiknya pisahkan keduanya agar manfaat yang diperoleh lebih maksimal.
Jadi jika perusahaan asuransi collapse tidak ada kerugian karena terpisah pengelolaannya.

6. Apabila market crash/penurunan IHSG, dana yang di invest di ReksaDana tidak habis selama Bapak/Ibu belum menjualnya, karena bisa menunggu saatnya rebound. Investasi terutama di ReksaDana Saham sebaiknya untuk jangka waktu di atas 5 tahun.

Demikian penjelasannya.
Terima kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

Terima kasih mba riri

rezuzovka's picture

Terima kasih mba riri jawabannya sangat membantu. Saya mau bertanya lagi ya mba hehe..
1. Lalu apa yg menyebabkan invest di reksadana bisa hilang?
2. Apa ada lagi resiko investasi reksadana selain dri penurunan nab atau yg blm djual oleh investor?
3. Apa biasanya yg menjadi kesalahan investor dlm berinvestasi reksadana?

Maaf mba riri saya banyak bertanya hehe. Saya sedikit was was invest di RD mengingat kejadian Bank Century dan kasus Sarijaya

Re : Terima Kasih

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak/Ibu Rezuzovka,

Menjawab pertanyaan Bapak/Ibu Rezuzovka,

1. Yang menyebabkan investasi di ReksaDana bisa hilang jika Manajer Investasi (MI) salah ambil keputusan investasi,seperti misalnya menempatkan semua dana di obligasi yang gagal bayar atau perusahaan yang keuangannya tidak bagus dan akhirnya bangkrut. Sehingga disarankan untuk nasabah untuk memilih MI yang profesional karena kalau salah mengambil keputusan hasil investasi bisa berkurang.
Investasi di ReksaDana aman karena unit penyertaan di simpan di Bank Kustodian dan dana di simpan di RDI atas nama nasabah sendiri.

2. Beberapa Risiko ReksaDana selain penurunan NAB adalah :
Risiko Likuiditas, terjadi akibat pemegang Unit Penyertaan melakukan penarikan dana dalam jumlah besar dalam waktu yang sama sehingga MI mengalami rush. Biasanya terjadi karena ada faktor negatif yang cukup berpengaruh seperti situasi politik, ekonomi memburuk, terjadi penutupan atau kebangkrutan beberapa emiten, bahkan dilikuidasinya MI sebagai pengelola reksa dana.

Risiko Pasar, terjadi ketika harga instrumen investasi mengalami penurunan yang disebabkan menurunkan kinerja pasar saham secara drastis.

3. Yang menjadi kesalahan investor dalam berinvestasi ReksaDana adalah
- Tidak tahu tujuan berinvestasi ReksaDana
- Investasi ReksaDana melalui asuransi unitlink
- Tidak membaca prospektus dan fund fact sheet
- Asal beli ReksaDana tanpa menganalisa kinerjanya
- Beli produk ReksaDana tanpa melihat siapa Manajer Investasinya
- Membayar Fee beli jual yang cukup besar padahal ada yang Fee beli jualnya free seperti di IPOTFUND
- Terlalu berpatokan pada kinerja masa lalu. Padahal kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja masa datang.

Demikian penjelasannya Pak/Bu Rezuzovka.
Terima kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

Beda Ipot Fund dan Ipot Go

sigit budi's picture

Apa beda ipot fund dan ipot go?

Re : Beda IPOTFUND dan IPOTGO

riri.sulinantri's picture

Dear Bapak Sigit Budi,

Beda IPOTFUND dan IPOTGO adalah :

IPOTFUND merupakan Supermarket Reksadana Online yang pertama di Indonesia.
IPOTFUND menjual 140 produk reksa dana yaitu Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran, dan Reksa Dana Saham dari 29 Manajer Investasi ternama di Indonesia yang berada di bawah naungan OJK.

IPOTGO adalah suatu Portal Investasi Online yang Terintegrasi.
Dengan 1 AKUN, 1 APLIKASI nasabah dapat berinvestasi di Saham, Reksadana dan ETF.
Dengan menggunakan IPOTGO maka Anda dapat menikmati fitur-fitur unggulan dari IPOTGO :
-Penempatan dan Pembayaran Otomatis
-Auto Cash Withdrawal
-Investasi Berkala di Saham, Reksadana, dan Exchange-Traded Fund (ETF)
-Switching (pengalihan) Reksadana di hari yang sama
-Penarikan dana tanpa harus menunggu dana efektif masuk ke Rekening Dana Nasabah (RDN)
-Robo.T (Auto Trading Machine)
-Laporan dan Notifikasi transaksi yang lengkap dan terintegrasi
-Membandingkan kinerja seluruh instrumen investasi
-1 Akun, 1 Aplikasi, 1 Rekening Pembayaran

Jadi singkatnya kalau IPOTFUND untuk bertransaksi ReksaDana sedangkan di IPOTGO nasabah dapat berinvestasi di Saham, Reksadana dan ETF.

Demikian penjelasannya Pak Sigit.
Terima Kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

Newbie masih 17th

Rizki Alkhasani's picture

Mbak maaf sebelumnya saya newbie mbak baru sekali dalam dunia reksadana , tata cara dan persyaratan untuk registrasi di IPOTFUND bagi pelajar seperti saya apa saja ya mbak , kalau mbak berkenan membimbing pelajar kepo kyk saya ini monggo invite pin bbm saya mbak 5F0FC049 terima kasih banyak mbak

Re : Newbie Masih 17th

riri.sulinantri's picture

Dear Mas/Mba Rizki Alkhasani,

Untuk pembukaan rekening dapat dilakukan dari website www.indopremier.com kemudian pilih menu Open An Account lalu pilih rekening yang diinginkan :
1. Umum; digunakan untuk bertransaksi Reksadana, ETF dan Saham
2. Syariah; digunakan untuk bertransaksi Reksadana dan Saham Syariah

Atau kami menyediakan fasilitas layanan pengisian data registrasi via telepon dengan memilih menu yang terdapat tulisan "Silahkan Klik Di Sini".

Pada pembukaan rekening IPOT Umum atau IPOT Syariah terdapat 5 tahap yang harus dilengkapi :
1. Step 1 Data Profil Nasabah, pada halaman ini nasabah diharuskan untuk mengisi data pribadi hingga lengkap - Next Step
2. Step 2 Data Pekerjaan, pada halaman ini pengisian data pekerjaan (apabila pelajar, cukup mengisi data pekerjaan orang tua)- Next Step
3. Step 3 Data Tambahan, pada halaman ini berisi referensi bank pribadi dan keterbukaan informasi - Next Step
4. Step 4 Risk Profile Questionare, pada halaman ini akan dihadapkan dengan 6 pertanyaan yang berhubungan dengan profil toleransi risiko investor yang menjadi ketentuan yang diregulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) - See Result
5. Step 5 Terms & Conditions, kondisi dan ketentuan yang berlaku - Submit

Sedangkan pada registrasi via telepon, cukup memasukkan data-data seperti copy KTP yang harus di upload, nomor telepon, nomor telepon selular, email, memilih tanggal dan waktu wawancara. Proses wawancara membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit.

Setelah melengkapi proses diatas maka Mas/Mba Rizki akan menerima formulir pembukaan rekening IPOT Umum atau IPOT Syariah, formulir pembukaan Rekening Dana Investor (RDI) BCA dan formulir Risk Profile Questionnaire (RPQ) ke email pribadi. Kemudian formulir tersebut di-print lalu ditandatangani serta paraf pada bagian yang sudah ditentukan dan dikirimkan langsung ke kantor IPOT Pusat dengan alamat :
PT. Indo Premier Securities
Wisma GKBI 7/F Suite 718
Jl. Jend. Sudirman No.28
Jakarta 10210

Untuk kelengkapan dokumen dapat dilampirkan :
- Copy KTP pribadi dan KTP orang tua
- Copy NPWP (jika ada)
- Copy halaman pertama buku tabungan

Kami menyediakan layanan pick up dokumen jika Mas/Mba berdomisili di wilayah DKI Jakarta dengan konfirmasi melalui email ini untuk pendaftaran pick up dokumen.

Setelah dokumen kami terima akan diproses untuk pembuatan rekening IPOT Umum atau IPOT Syariah, Single Investor Identity (SID), Sub Rekening Efek (SRE), dan Rekening Dana Investor (RDI dari pihak Bank). Jika telah menerima nomor RDI maka rekening IPOT Umum atau IPOT Syariah Mas/Mba Rizki siap digunakan untuk bertransaksi.

Untuk live chat bisa install app Telegram search IPOTBOT atau jika tidak ingin download bisa menggunakan web base https://web.telegram.org/#/im?p=@IPOTBOT

Melalui telegram Mas/Mba bisa menanyakan semua yang berkaitan dengan produk IPOT.

Terima kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

strategi investasi

enie's picture

halo semua, sy mau tanya strategi apa yang bisa diterapkan saat ihsg sedang naik? kalau turun kan waktunya beli, kalau ihsg naik apa yg sebaiknya kita lakukan? strategi apa yg baiknya diterapkan? terima kasih

Re : Strategi Investasi

riri.sulinantri's picture

Dear Ibu Enie,

Apabila IHSG naik, Ibu bisa menjual saham yang sudah dimiliki untuk melakukan profit taking. Selaini itu Ibu bisa akumulasi saham-saham second liner yang memiliki performa menjanjikan, karena pelaku pasar akan memburu saham tersebut, seiring saham papan atas yang berpeluang terkena aksi profit taking.

Demikian penjelasannya Bu Enie.
Terima kasih.

Regards,

Riri Sulinantri
Social Media Division

ipotgoicon

Mau tanya2 reksadana n saham

K3n51n85's picture

Ibu riri boleh add wa saya di 087887272535.buat tanya2 thx.

Your are currently browsing this site with Internet Explorer 6 (IE6).

Your current web browser must be updated to version 7 of Internet Explorer (IE7) to take advantage of all of template's capabilities.

Why should I upgrade to Internet Explorer 7? Microsoft has redesigned Internet Explorer from the ground up, with better security, new capabilities, and a whole new interface. Many changes resulted from the feedback of millions of users who tested prerelease versions of the new browser. The most compelling reason to upgrade is the improved security. The Internet of today is not the Internet of five years ago. There are dangers that simply didn't exist back in 2001, when Internet Explorer 6 was released to the world. Internet Explorer 7 makes surfing the web fundamentally safer by offering greater protection against viruses, spyware, and other online risks.

Get free downloads for Internet Explorer 7, including recommended updates as they become available. To download Internet Explorer 7 in the language of your choice, please visit the Internet Explorer 7 worldwide page.